Comscore Tracker

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar Merah

Siap-siap buat nembak si doi nih

Bunga biasanya digunakan seseorang untuk menyatakan cinta. Bunga yang sering kali menjadi incaran adalah bunga mawar merah. Banyak orang yang tahu bahwa mawar merah merupakan bunga yang melambangkan cinta mendalam. 

Akan tetapi, bunga yang melambangkan cinta nggak cuma mawar merah. Ada banyak sekali bunga lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan tersebut. Mawar memang indah, tapi bunga-bunga berikut juga nggak kalah indah dan nggak kalah romantis bahasanya. Simak, yuk!

1. Tulip merah

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Valeria Boltneva

Bunga tulip merah juga dilambangkan sebagai ungkapan cinta sejati. Di Belanda dan beberapa bagian di wilayah Eropa, tulip merah memberi kiasan bahwa pemberi tengah berapi-api merasakan cinta. Perasaan yang menggebu tersebut membuat pemberi tulip juga mengungkapkan kepada penerima bunga untuk mempercayainya bahwa ia benar-benar sedang jatuh cinta. 

Jadi, bisa dikatakan memberikan sebuket bunga tulip merah kepada orang terkasih menandakan kamu telah membuat deklarasi jika sedang jatuh hati dengan orang tersebut. Wah, artinya dalam juga, ya!

2. Primrose

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Julia Filirovska

Bunga primrose biasanya mekar di awal musim semi sehingga sering diasosiasikan dengan anak muda dan keberadaan abadi. Bunga yang berasal dari belahan Eropa barat dan selatan ini punya arti yang nggak kalah dalam. 

Jika kamu memberikan primrose kepada seseorang, artinya kamu menyatakan jika kamu nggak bisa hidup tanpa dia dan berharap hubungan yang dijalani bisa langgeng serta terus bersemi sepanjang waktu. Wah, apakah udah mulai kepikiran menghadiahkan primrose ke pacar?

3. Forget me not

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Tamara Elnova

Bunga kecil-kecil berwarna biru yang satu ini memiliki arti yang sama dengan namanya yaitu jangan lupakan aku. Bunga ini melambangkan rasa hormat dan cinta sejati. 

Jika kamu memberikan forget me not artinya kamu berjanji untuk selalu mengingat dan menyimpan orang yang menerima bunga ini di pikiranmu. Dengan mengingat seseorang, kamu telah menunjukkan kesetiaan lewat bunga ini. 

4. Daisy

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Svetlana Romashenko

Nama daisy berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu day's eye sebab bunga daisy selalu mekar di siang hari. Pada era Victoria dulu, bunga daisy sering diberikan kepada seseorang untuk membalas kasih sayang.

Bunga daisy kerap dipakai dalam permainan "Apakah dia mencintaiku atau nggak?" dan karena daisy bisa tumbuh dengan liar maka dari itu bisa dengan mudah langsung diberikan kepada seseorang. Simbol ungkapan kasih sayang dan cinta sejati dari daisy pun masih belum berubah sampai saat ini. Sudah bunganya cantik dan lucu, artinya juga romantis, ya.

5. Anyelir merah

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Monicore

Bunga anyelir memiliki 2 macam warna merah yakni merah gelap dan merah terang. Keduanya bisa punya bahasa bunga yang berbeda pula.

Anyelir merah terang dikaitkan dengan perasaan cinta dan kekaguman namun tidak selalu emosi cinta yang kuat dan penuh passion melainkan perasaan yang lebih lembut. Berbeda halnya dengan anyelir merah gelap yang mengungkapkan kasih sayang yang menggebu-gebu.

6. Kamelia 

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Karam Alani

Bunga kamelia punya banyak warna, masing-masing punya artian tersendiri dan masih berhubungan dengan cinta. Kamelia putih merupakan simbol kemurnian, kekaguman, dan juga rasa hormat kepada orang yang lebih tua.

Sedangkan kalau kamelia merah muda mengungkapkan kerinduan jadi cocok banget buat pasangan yang lagi LDR. Lain ceritanya dengan kamelia merah yang mengisyaratkan perasaan cinta mendalam. 

7. Gardenia

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahUnsplash.com/Joe Pilié

Bunga gardenia berasal dari Asia terutama China. Gardenia kerap disimbolkan sebagai kemurnian dan kelembutan. Memberikan bunga gardenia kepada seseorang bisa mengungkapkan apabila terdapat cinta rahasia yang sudah tersimpan lama. 

Selain itu, bunga ini diasosiasikan dengan kekuatan daya tarik dan energi positif. Mahkota bunga gardenia sekilas memang mirip seperti mawar akan tetapi wanginya lebih semerbak bagai melati. 

8. Ranunculus 

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/Marta Dzedyshko

Ranunculus atau sering disebut bunga buttercup memiliki artian apabila seseorang telah terpikat oleh pesona orang lain. Karena bentuknya yang hampir mirip bunga mawar, bunga ranunculus juga cocok diberikan kepada seorang wanita sebab bunga ini juga membawa pesan kelembutan dan feminitas. 

Warna bunga ranunculus yang paling tepat untuk menyatakan kalau kamu sedang naksir seseorang adalah ranunculus merah dan ranunculus merah muda. Nah, siapa nih yang kepikiran untuk kasih bunga ini kepada mbak crush-nya?

9. Lily of the valley 

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahUnsplash.com/Dagmara Dombrovska

Seikat bunga lily of the valley merupakan bunga yang sering kali dipakai buket bunga pengantin. Mahkota bunga yang unik mirip lonceng dan warna putih melambangkan kemurnian, kesucian, dan ketulusan cinta.

Selain itu, lily of the valley juga dianggap bisa membawa keberuntungan dalam cinta sehingga sering dipakai untuk momen pernikahan. Bentuk buketnya sederhana namun tetap memikat, ya. 

Baca Juga: Tak Sembarang Pecut atau Tampar: Meluruskan Salah Kaprah tentang BDSM

10. Peony

10 Bunga yang Melambangkan Cinta, Gak Melulu Mawar MerahPexels.com/cottonbro

Khususnya bunga peony warna merah muda terang, merah muda gelap, dan merah yang biasanya menyimbolkan perasaan cinta. Sedangkan bunga peony putih yang bentuknya sering terlihat mirip mutiara adalah perlambang permohonan maaf. 

Masing-masing warna pun bisa berbeda artinya. Peony merah muda terang mengungkapkan perasaan kasih sayang yang lembut. Peony merah gelap sering kali dipakai untuk menyampaikan bahwa penerima bunga adalah sosok yang penting bagi pemberi. Kemudian untuk peony merah itu melambangkan ungkapan cinta yang dalam. 

Nah, ada banyak bukan? Jangan takut kehabisan ide kalau mau nembak si doi besok-besok. Bunga perlambang cinta nggak cuma mawar. Yang lain itu malah punya artian yang lebih manis dan lebih mewakili perasaan tertentu. Gimana, nih? Sudah kepikiran mau mengungkapkan cinta pakai bunga yang mana? Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Peneliti: Pasangan Ketemu via Aplikasi Kencan Online Lebih Langgeng

Elva Yudista Photo Community Writer Elva Yudista

Sedang berusaha menyelesaikan buku-buku bacaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya