Comscore Tracker

Rejeki Takkan ke Mana! Jangan Takut Tak Lulus Tes CPNS  

sebagian peserta meyakini tes CPNS itu untung-untungan

Tes CPNS jadi momen yang ditunggu, sekaligus momok paling menakutkan bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, menjadi seorang pegawai negeri bisa menjamin kesejahteraanmu hingga hari tua. Momen ini juga menjadi suatu yang menakutkan bagi mereka yang telah berulangkali ikut, tetapi tidak juga menemukan hasil yang diinginkan. Terlebih lagi jika umur sudah tidak memungkinkan untuk ikut season selanjutnya.

Belakangan santer terdengar terjadi aksi bunuh diri bagi mereka yang tidak lolos seleksi. Namun, kita mesti mengingat bahwa Tuhanlah yang menakdirkan rezeki kita. Berikut alasan kenapa sebagian peserta yang lolos CPNS disebut untung-untungan.

1. Soal merupakan multiple choice

Rejeki Takkan ke Mana! Jangan Takut Tak Lulus Tes CPNS  realsciencechallenge.com

Dengan soal model multiple choice, memungkinkan kita untuk memilih jawaban yang benar tanpa membaca soal sekalipun. Adakalanya peserta ujian asal pilih option karena merasa yakin tidak tahu jawaban yang benar. Namun, tindakan ini terkadang membuahkan hasil jika dewi fortuna berada di pihak kita.

Hal inilah yang menyebabkan beberapa kalangan menyebut bahwa soal tipe ini tidak dapat mengukur kepintaran seseorang. Tebak 'jinggo' jadi andalan di saat genting pun bisa membuahkan hasil.

2. Mendapat soal yang mudah

Rejeki Takkan ke Mana! Jangan Takut Tak Lulus Tes CPNS  pixabay.com/Alexas_Fotos

Mudah atau sulitnya sebuah soal tentunya relatif. Tergantung siapa dan soal apa yang keluar. Dari puluhan ribu soal tingkat kesulitannya tentu tidak sama. Sistem dari komputer pun sepertinya tidak menyaring tingkat kesulitan soal ini. Bukan hal yang tidak mungkin jika sebagian peserta mendapatkan soal yang tingkat kesulitannya sedang bahkan rendah sehingga memudahkan dalam menjawab soal.

Baca Juga: Buat Panduan Kamu, 3 Jenis Soal Tes Kompetensi Dasar CPNS

3. Soal yang keluar sesuai prediksi

Rejeki Takkan ke Mana! Jangan Takut Tak Lulus Tes CPNS  instagram.com/soalwowcpns

Sebelum pelaksanaan ujian tentunya peserta CPNS sudah mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah membaca materi yang diprediksi akan keluar. Banyak modul dan kisi-kisi berkeliaran di media sosial yang bisa menjadi referensi. Hal ini sangat membantu, tetapi fakta di lapangan banyak yang mengeluhkan bahwa soal yang keluar tidak sesuai dengan materi yang dipelajari saat ini. 

Hal ini tidak berlaku bagi mereka yang beruntung. Jika soal yang didapat sesuai dengan yang diprediksikan tentunya akan membuat peserta mudah dalam mengerjakan soal.

4. Isu "orang dalam"

Rejeki Takkan ke Mana! Jangan Takut Tak Lulus Tes CPNS  instagram.com/bkngoidofficial

Nah, yang ini sudah menjadi langganan disetiap instansi pemerintahan. Isu nepotisme memang marak terdengar terlebih dengan sistem ujian tulis. Salah satu keuntungan sistem CAT adalah meminimalisir tindak nepotisme ini. Dengan sistem ini, proses seleksi menjadi lebih terbuka dan jelas. 

Namun, masih ada tes yang berperan besar dalam menentukan kelulusan, yakni tes SKB. Dalam tes ini panitia penyelenggara dilibatkan dan berkemungkinan mempunyai hubungan kekerabatan dengan peserta CPNS. 

Isu ini akan menjadi buah bibir kalau-kalau yang diluluskan adalah benar mempunyai hubungan kekerabatan. Semoga kita terhindar dari isu nepotisme dan bersaing secara adil.

Well, kita cuma bisa pasrah kepada Tuhan YME. Yang paling terpenting adalah kita sudah berusaha dan berdoa. Jangan bersedih jika belum lulus guys!

Baca Juga: Hindari Nepotisme, Tes CPNS di Bali Tak Menggunakan Wawancara

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nila Amita di IDN Times Community dengan judul Ini Alasan Kenapa Lulus Tes CPNS Disebut Untung-untungan

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Berita Terkini Lainnya