Comscore Tracker

Rilis Lagu Baru, Feby Putri Memberi Cahaya ke Penggemar

Single teranyar setelah jeda selama satu setengah tahun

Makassar, IDN Times - Penggemar Feby Putri akhirnya akan menuntaskan penantian akan lagu baru. Penyanyi solo asal Makassar tersebut siap meluncurkan single ketiga berjudul "Cahaya" pada Jumat (9/4/2021) mendatang. Namun ada satu pertanyaan: ke mana saja Feby selama satu setengah tahun belakangan?

Pasca "Usik" yang rilis pada Desember 2019, ia rupanya langsung menggarap materi lagu-lagu baru. Prosesnya memang berjalan lama. Namun Feby alasan kuat sehingga ia seakan-akan vakum: ada album debut yang sedang digarap.

"Bukan cuma satu lagu, soalnya aku lagi mempersiapkan album. Jadi selama satu setengah tahun itu gak nganggur," ungkap dara 21 tahun tersebut dalam konferensi pers daring perilisan "Cahaya" pada Selasa siang (6/4/2021).

1. Proses kreatif lagu "Cahaya" rupanya sudah dimulai sejak akhir tahun 2019

Rilis Lagu Baru, Feby Putri Memberi Cahaya ke PenggemarTangkapan layar acara konferensi pers daring perilisan single ketiga Feby Putri berjudul "Cahaya" pada Selasa 6 April 2021. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Feby bercerita bahwa proses kreatif "Cahaya" sendiri sudah dimulai sejak akhir 2019. Notasi yang dimainkan sang kakak lewat gitar langsung tertambat dalam di kupingnya. Tak mau menyia-siakan momen, ia langsung mengulik dan merevisi beberapa bagian. Setelah notasi rampung, giliran lirik yang dirangkai selama dua hari.

"Setelahnya, seperti biasa aku kabari teman-teman dan produser untuk menggelar workshop. Udah itu kita seperti biasa, masuk studio, mengaransemen lagu, ngetag ini ngetag itu, ngurangin ini dan itu," jelas Feby.

 Pandemik COVID-19 pun tak menghalangi proses kreatif Feby beserta timnya. "Sesi rekaman berlangsung tiga bulan setelah workshop atau awal 2020. Lumayan jauh jaraknya antara workshop sama rekaman karena waktu itu sibuk manggung," lanjutnya.

2. Kisah perjuangan atlet senam gimnastik jadi pengantar pesan "Cahaya" dalam video klip

Rilis Lagu Baru, Feby Putri Memberi Cahaya ke PenggemarPoster teaser lagu terbaru Feby Putri yang berjudul "Cahaya". (Dok. Araloka Studios)

Lagu "Cahaya" mengandung pesan harapan sekaligus dorongan dari dalam diri untuk tetap yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Berangkat dari tema tersebut, perjuangan seorang atlet senam gimnastik pun dipilih sebagai narasi video klipnya.

"Stigma orang-orang kepada atlet itu selalu enak, apa-apa dibiayai pemerintah. Tapi kita gak tau proses mereka mempertanggungjawabkan status atlet. Banyak juga resikonya, salah satunya cedera. Dan itu sangat menakutkan bagi mereka," tutur Feby.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Rifda Irfanaluthfi (anggota timnas gimnastik Indonesia) digandeng sebagai talent. Feby ternyata punya misi mengenalkan keindahan dari cabang olahraga yang disebutnya masih kurang diapresiasi publik.

"Aku mengangkat atlet senam juga karena kurang dilihat oleh orang-orang Indonesia. Padahal gerakan-gerakannya sangat indah, dan gak monoton. Olahraganya juga berkaitan dengan seni yang menggabungkan akrobatik, gimnastik dan dance," jelasnya.

3. Feby Putri hendak membuktikan bahwa ia tak sekadar "musisi cover"

Video klip "Cahaya" sendiri akan dirilis ke YouTube pada Jumat (9/4/2021) sore, setelah lagunya lebih dulu muncul di seluruh platform streaming musik digital. Feby Putri menggandeng Araloka Studios sebagai penggarap versi audio-visual.

Usai melepas karya teranyar, Feby telah menyiapkan langkah pengantar menuju album perdana. "Jadi setelah 'Cahaya' bakal rilis lagi satu single sebelum album. Tahun ini kok dirilis, tapi judul albumnya masih rahasia," selorohnya.

Lewat single ketiganya, pemilik akun YouTube dengan 2,47 juta subscribers tersebut hendak membuktikan bahwa ia punya kapasitas dan kualitas menggarap karyanya sendiri.

"Aku pengin nunjukin kalo aku bukan lagi sekadar musisi cover, karena masih banyak yang bilang seperti itu. Tapi it's okay sebenarnya karena aku lahir dari situ. Aku ingin menunjukkan bahwa aku benar-benar bisa berkarya," tukas Feby.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya