Comscore Tracker

MIWF Dinobatkan Sebagai Festival Literasi Terbaik di London Book Fair

Gelar diraih setelah masuk nominasi tiga tahun beruntun

Makassar, IDN Times - Reputasi Makassar International Writers Festival (MIWF) sebagai salah satu ajang literasi nasional yang prestisius kembali mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Festival sastra yang digagas oleh Rumata' Artspace itu terpilih sebagai pemenang International Excellent Award 2020, untuk kategori The Literary Festival pada London Book Fair (LBF) dalam pengumuman pada hari Kamis (12/3) waktu Indonesia.

LBF 2020 yang sedianya dihelat pada 10-12 Maret ini memang dibatalkan lantaran wabah virus COVID-19 yang melanda seluruh negara Eropa. Namun pengumuman para pemenang International Excellence Award bekerja sama dengan Publishers Associatoion tetap dilakukan lewat media sosial LBF.

Baca Juga: MIWF Mencari 5 Penulis Kawasan Timur Indonesia, Kamukah?

1. Penghargaan ini dipersembahkan kepada seluruh relawan MIWF

Direktur MIWF, Lily Yulianti Farid, menyebut bahwa pengumuman pemenang secara daring sama sekali tak mengurangi rasa bangga atas ajang yang sudah berlangsung sejak tahun 2011 tersebut.

"Kami tentunya sangat berbangga dan bahagia, event independen ini bisa memenangi
penghargaan internasional ini. Kami persembahkan ini, untuk semua relawan MIWF yang
mendedikasikan diri sejak 2011. Relawan adalah orang-orang biasa yang memiliki komitmen luar biasa untuk agenda literasi ini berjalan setiap tahun," ujar Lily dalam rilis pers MIWF yang diterima IDN Times pada hari Jumat (13/3).

Para kurator LBF 2020 memilih MIWF dengan alasan bahwa ajang tahunan itu "telah mengembangkan sebuah operasi yang secara radikal melibatkan banyak pihak dalam metode kerjanya, tanpa rasa takut dalam setiap programnya."

2. Makassar International Writes Festival jadi satu-satunya wakil benua Asia dalam ajang penghargaan LBF 2020

MIWF Dinobatkan Sebagai Festival Literasi Terbaik di London Book FairTwitter.com/makassarwriters

Bersama MIWF, apresiasi (special mention) dalam kategori The Literary Festival disematkan pada Dingle Literary Festival di Irlandia yang baru dihelat pada tahun lalu.

MIWF menjadi satu-satunya wakil Asia dalam penghargaan LBF 2020, serta telah dua kali masuk dalam daftar pendek kategori Festival Sastra Terbaik yakni pada edisi 2019 dan 2018. Artinya, raihan baru dicapai setelah menjadi nominator tiga tahun berturut-turut.

Tak cuma untuk kategori festival sastra, penghargaan turut diberikan dalam berbagai kategori. Ada dari inisitiatif penerjemahan terbaik, penerbitan terbaik, penerbitan buku audio terbaik, inisiasi pendidikan terbaik, agen sastra terbaik, hingga toko buku independen terbaik.

3. MIWF edisi 2020 sedianya akan dihelat pada 24-27 Juni mendatang

MIWF Dinobatkan Sebagai Festival Literasi Terbaik di London Book FairTwitter.com/makassarwriters

Stephen Lotinga, selaku Chief Executive dari The UK Publishers Association, menyebut bahwa pekerjaan para pelaku industri literasi pemenang International Excellent Award 2020 layak menjadi inspirasi.

"Meski kecewa karena tak dapat bertemu dan memberi selamat kepada semua orang secara pribadi, sangat fantastis melihat penghargaan akan dikirim ke seluruh dunia. Dari Italia ke India, Indonesia ke Selandia Baru. (Ini adalah) refleksi sejati dari kodrat penerbitan internasional," ungkapnya seperti dikutip dari rilis pers London Book Fair.

MIWF sendiri sedang menyiapkan event ke-10 yang rencananya digelar pada 24-27 Juni mendatang. Dalam ajang penanda satu dekade tersebut, MIWF kembali menerapkan konsep nirsampah yang sudah dilakukan sejak tahun lalu. Terbuka untuk umum, pengunjung bisa mengikuti seluruh program selama empat hari sembari bertemu penulis Indonesia dan internasional, tanpa dipungut biasa sepeserpun.

Baca Juga: Sering Dianggap Sebelah Mata, Ini 7 Manfaat Membaca Karya Sastra 

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya