Comscore Tracker

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!

Minyak jenis mana yang selama ini sering kamu gunakan?

Minyak berasal dari ekstrak tumbuhan maupun hewan yang dimurnikan. Minyak digunakan sebagai beberapa kebutuhan seperti memasak dan perawatan untuk kesehatan tubuh.

Minyak juga memiliki beberapa jenis lainnya sesuai kebutuhan dan kegunaannya masing-masing. Kandungan manfaatnya juga berbeda-beda.

Jadi, apa sajakah jenis minyak lainnya yang bisa kita ketahui perbedaannya? Yuk, kita simak penjelasan yang disarikan dari berbagai sumber berikut ini!

Baca Juga: 10 Merek Minyak Goreng Terbaik dan Berkualitas, Cari Tahu yuk!

1. Minyak sawit 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak sawit (brecorder.com)

Minyak sawit adalah minyak nabati yang didapatkan dari buah sawit. Secara alami, minyak sawit berwarna merah karena mengandung alfa dan beta-karotenoid yang tinggi.

Biasanya minyak jenis ini digunakan sebagai minyak goreng untuk kebutuhan memasak. Minyak sawit juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu dapat menyehatkan jantung, meningkatkan vitamin A, dan dapat mengurangi stres.

2. Minyak kelapa 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak kelapa (amp.theguardian.com)

Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang diperoleh dari daging buah kelapa. Kegunaannnya sama yaitu sebagai minyak goreng untuk kebutuhan memasak juga, hingga bisa menjaga kecantikan kulit.

Ada beberapa manfaat yang sangat baik dari minyak kelapa ini yaitu dapat mengurangi kadar lemak jahat, dan bisa mencegah diabetes.

3. Minyak zaitun 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak zaitun (pexels.com/Pixabay)

Minyak zaitun terkenal sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit dan wajah. Tentunya olive oil ini diekstrak dari buah pohon zaitun yang sebagai salah satu tumbuhan yang paling lambat.

Gak hanya bermanfaat untuk luar, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan dalam tubuh, yaitu dapat menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah, hingga mencegah risiko kanker.

4. Minyak wijen 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak wijen (spiceography.com)

Minyak wijen diekstrak dari biji wijen, yang terdiri dari dua jenis yaitu bijinya yang telah disangrai dan biji yang masih mentah. Kebanyakan minyak wijen digunakan sebagai bumbu masakan, karena bisa meningkatkan aroma sedap pada hidangan makanan.

Selain itu, minyak wijen juga bermanfaat bagi tubuh yaitu dapat meredakan nyeri, hingga membantu meredakan gejala artritis atau peradangan pada persendian.

5. Minyak bulus 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak bulus (berbagai sumber)

Minyak bulus adalah minyak konsentrat yang diperoleh dari kura-kura atau penyu air tawar. Minyak ini diproses secara tradisional dan biasanya dijadikan sebagai obat dan perawatan kecantikan.

Manfaat minyak bulus dikenal untuk mengencangkan payudara, suplemen anti-impotensi, dan dapat mengobati berbagai penyakit kulit seperti luka bakar dan menghilangkat flek hitam.

6. Minyak kayu putih 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak oles (gaearoyals.com)

Minyak kayu putih dihasilkan dari pengumpulan uap ranting dan daun pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Minyak kayu putih seringkali dijadikan penghangat tubuh yang berasal dari kandungan bahan kimia yaitu cineole, linalool, dan terpineol.

Ada manfaat lain dari minyak kayu putih ini yaitu dapat meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat, serta dapat meningkatkan konsentrasi.

7. Minyak telon 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak bayi (babycenter.in)

Sedikit berbeda dengan minyak sebelumnya, minyak telon memiliki campuran dari minyak kayu putih, minyak adas, dan minyak kelapa. Di dalam kandungan minyak tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kulit bayi terutama.

Yaitu bisa menghangatkan, melembapkan kulit, mencegah gigitan nyamuk, hingga dapat meredakan gejala eksim pada bayi.

8. Minyak tawon 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak (thespruce.com)

Salah satu jenis minyak gosok ini terbuat dari campuran ekstrak cajuput oil, citronella, kunyit, dan bawang merah, sehingga minyak ini memiliki bau aroma yang khas dan unik.

Minyak tawon lebih dikenal sebagai minyak gosok untuk pijat karena lebih nyaman dan punya khasiat yang luar biasa yaitu dapat meredakan nyeri sendi dan otot.

9. Minyak atsiri 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak esensial (pexels.com/Mareefe)

Tahukah minyak atsiri? Ini dikenal juga sebagai minyak esensial atau minyak aromatik. Minyak atsiri berasal dari ekstrak tanaman alami seperti bunga, biji, daun, batang, dan akar (rhizome) melalui proses penyulingan. Dari situlah minyak atsiri sendiri memiliki keberagaman manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk relaksasi.

10. Minyak ikan 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak ikan (healthline.com)

Minyak ikan berasal dari ekstrak lemak ikan. Kita dapat memperolehnya dari cara memakannya langsung atau lewat suplemen. Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki keberagaman manfaat untuk penyakit lain.

Seperti dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan stroke. Serta dikenal pula sebagai makanan otak karena dapat membantu mengatasi depresi psikosis, alzheimer, dan kelainan otak lainnya.

11. Minyak kemiri 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak kemiri (finedininglovers.com)

Biji kemiri juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak. Orang-orang terdahulu, minyak kemiri ini banyak digunakan sebagai minyak untuk rambut agar hitam dan tebal. Dan sampai sekarang pun, minyak ini masih sama digunakan sebagai kecantikan rambut dan juga bermanfaat untuk pijat.

12. Minyak jagung 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak jagung (healthline.com)

Minyak jagung diekstrak dari biji jagung pilihan. Minyak jagung memiliki kualitas penggorengan lebih baik, jadi ini lebih sehat karena minyak jagung sendiri punya banyak manfaat yaitu bisa menjaga kadar kolesterol, memberikan energi, dan mencegah risiko penyakit kronis. Tapi ingat, tetap konsumsi dengan secukupnya saja.

13. Minyak kedelai 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak kedelai (healthline.com)

Minyak kedelai termasuk minyak goreng yang dinilai paling menyehatkan, lho karena minyak ini didapat dari ekstrak kacang kedelai utuh. Melewati proses penyulingan dan pemurnian, hasilnya minyak kedelai yang bening dengan warna kekuningan.

Minyak ini punya keunggulan yang baik bagi kesehatan, bisa jaga kesehatan jantung, jaga kepadatan tulang, dan kaya akan asam lemak omega 3.

14. Minyak urang-aring 

14 Jenis Minyak selain Sawit, Kenali Perbedaannya!ilustrasi minyak alami (india.com)

Minyak urang-aring berasal dari tumbuhan liar di alam bebas. Minyak ini seringkali dijadikan bahan utama sampo, yang kegunaannya untuk mencegah kerontokan rambut. Ada manfaat lainnya lagi dari minyak ini yaitu dapat mengatasi ketombe, mengatasi peradangan kulit, hingga bisa mengatasi gejala penyakit alzheimer.

Itulah jenis-jenis minyak yang bisa kita ketahui perbedaannya. Dari sebagian jenis minyak tadi, bisa kita gunakan juga sesuai kebutuhan kita saat ini. Minyak apa saja yang sering kamu gunakan?

Baca Juga: 5 Fakta Tanaman Zaitun yang Kerap Jadi Komoditas Impor, Penasaran?

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya