Comscore Tracker

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Kopi bagus digunakan untuk perawatan kulit

Kopi sering dijadikan sebagai minuman bagi kebanyakan orang. Tapi apakah kamu tahu? Ternyata kopi juga bagus untuk kecantikan atau untuk perawatan kulit, loh. 

Dengan dicampur beberapa bahan alami lainnya, atau dibuat sebagai masker atau scrub, kopi bisa bermanfaat untuk kecantikan kulit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari bubuk kopi.

Baca Juga: 8 Macam Minuman Kopi Khas Indonesia, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

1. Perawatan wajah berjerawat

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikanilustrasi wajah berjerawat (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Menggosok bubuk kopi atau dijadikan sebagai scrub di wajah yang berjerawat, dapat membantu untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori pada wajah.

Kandungan asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari beberapa jenis bakteri. 

2. Mencegah kanker kulit

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikanilustrasi ampas kopi (pexels.com/Pixabay)

Kopi adalah sumber yang kaya akan vitamin B (niasin). Jika kopi sudah dipanggang maka senyawa kopi yang bernama trigonelin akan terurai menjadi niasin. 

Dikutip dari Healthline, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan penyakit kulit lainnya.

3. Membantu menghilangkan lingkaran hitam

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikanilustrasi bubuk kopi (pexels.com/Dids)

Kopi juga dapat membantu untuk menghilangkan lingkaran hitam (mata panda) yang sering ada di bawah mata. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat melebarkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit secara alami.

Selain itu senyawa lain dalam kopi yang bernama klorogenat dapat mengurangi peradangan pada mata dan juga bengkak pada mata.

Untuk menerapkannya kamu cukup mencampurkan bubuk kopi menggunakan minyak zaitun dan dijadikan pasta. Jika sudah menjadi pasta maka kamu bisa langsung mengoleskannya pada lingkaran hitam dan tunggulah lima sampai sepuluh menit, lalu bilas dengan air bersih. 

4. Menghilangkan kulit mati

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikanilustrasi bubuk kopi (pexels.com/Anastasia Zhenina)

Ampas kopi yang tidak terlarut dengan air ternyata bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Dikutip dari Medicalnewstoday, bahwa zat dalam kopi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Asam caffeic, antioksidan, dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel.

Selain itu Asam caffeic dalam kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kuman. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa membuat bubuk atau ampas kopi sebagai scrub atau masker.

5. Melembutkan kaki

Tak Hanya untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kecantikanilustrasi bubuk kopi (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Tak hanya bagus untuk kulit dan wajah ternyata kopi juga bagus untuk kaki, loh. Hal ini karena kopi bisa mengelupas kulit mati yang ada pada kaki dan juga melembutkan kaki. Tak hanya itu, efek stimulasi kafein pada kopi bisa membantu meningkatkan aliran darah.

Untuk menerapkannya kamu bisa menyeduh kopi di ember kecil atau bak. Lalu rendam kaki pada larutan kopi sambil menggosok kaki dengan ampas  agar kulit mati pada kaki bisa terkelupas.

Itulah beberapa manfaat kopi untuk kecantikan, tak disangka ya ternyata kopi yang sering dibuat minuman memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jadi, apa kamu ingin mencoba membuat masker dari bubuk kopi?

Baca Juga: 5 Tips Atasi Tekanan Standar Kecantikan yang Terus Alami Perubahan

Dyah Sekar A Photo Community Writer Dyah Sekar A

Nothing special about me ☀️☀️ dyahsekararuni@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya