Comscore Tracker

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin Minum

Ginjal yang sehat bisa optimal menyaring darah

Meski ukurannya cuma sekepalan tangan, ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting.

Ginjal menjalankan berbagai fungsi, terutama menyaring limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah itu disimpan di kandung kemih lalu dikeluarkan dari tubuh lewat urin. 

Ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium pada tubuh. Di sisi lain, juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Penting bagi kita menjaga kesehatan ginjal. Dengan memiliki ginjal yang sehat, tubuhmu akan lebih optimal dalam menyaring dan membuang limbah. Ginjal yang sehat juga membantu menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, dikutip dari healthline.

Baca Juga: Kenapa Pasien Gagal Ginjal Harus Cuci Darah?

1. Upayakan selalu aktif dan bugar

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin MinumIlustrasi Aktivitas Olahraga (IDN Times/Athif Aiman)

Olahraga teratur tidak cuma baik untuk program diet. Olahraga juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Aktivitas fisik membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Tidak perlu olahraga yang ringan. Kamu cukup berjalan, berlari, bersepeda, atau aktivitas lainnya.

2. Kendalikan gula darah

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin Minumilustrasi gula darah rendah (freepik.com/xb100)

Orang penderita diabetes dapat mengalami kerusakan ginjal. Saat sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa, maka ginjal dipaksa bekerja ekstra keras menyaring darah. Kondisi seperti itu yang berlangsung bertahun-tahun dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang mengancam jiwa.

Kalau kamu bisa mengontrol gula garah, risiko kerusakan ginjal juga bisa dikurangi. 

3. Pantau tekanan darah

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin Minumilustrasi cek tekanan darah (pennmedicine.org)

Tekanan darah tinggi juga dapat memicu keruaskan darah tinggi. Apalagi jika diikuti masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi. Tekanan darah yang sehat adalah sekitar 120/80.

Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kamu mungkin harus berbicara dengan dokter tentang pemantauan tekanan darah secara teratur, sembari mengubah gaya hidup.

4. Jaga berat badan dan konsumsi makanan sehat

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin MinumPexels.com/Klayfe

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal. Termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Sebaiknya konsumsi makanan segar rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

5. Rajin minum air

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin MinumPexels/Mauricio Mascaro

Ada saran klasik, yakni minum delapan gelar air sehari. Tujuannya adalah membuat tubuh tetap terhidrasi.

Asupan air yang teratur dan konsisten bisa menyehatkan ginjal. Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Usahakan minum setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Berapa banyak air yang kamu butuhkan tergantung pada kesehatan dan gaya hidup. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah kamu sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan.

Orang yang sebelumnya memiliki batu ginjal harus minum lebih banyak air untuk membantu mencegah timbunan batu di masa depan.

6. Jangan merokok

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin Minumfreepik.com/freepik

Merokok merusak pembuluh darah tubuh. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh dan ke ginjal.

Merokok juga menempatkan ginjal pada peningkatan risiko kanker. Jika kamu berhenti merokok, risikonya akan turun. Namun, butuh bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

7. Waspadai konsumsi obat pereda nyeri

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin MinumSeorang wanita meminum obat pereda nyeri (pexels.com/JESHOOTS.com)

Jika kamu secara teratur minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, waspadalah karena itu bisa saja menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal jika kamu meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat sesekali kemungkinan besar akan sembuh. Namun, jika kamu menggunakan obat-obatan itu setiap hari, kesehatan ginjalmu jadi taruhannya.

8. Tes fungsi ginjal jika kamu berisiko tinggi

8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Termasuk Rajin Minumilustrasi ultrasound ginjal (laultrasound.com)

Kalau kamu berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, ada baiknya jalani tes fungsi ginjal secara teratur. Berikut ini orang yang berisiko tinggi:

  • Orang yang berusia di atas 60 tahun
  • Orang yang lahir dengan berat badan lahir rendah
  • Orang yang memiliki penyakit kardiovaskular atau memiliki keluarga dengan itu
  • Orang yang memiliki atau memiliki riwayat keluarga tekanan darah tinggi
  • Orang yang mengalami obesitas
  • Orang yang percaya bahwa mereka mungkin mengalami kerusakan ginjal

Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara yang bagus untuk mengetahui kesehatan ginjal, serta memeriksa kemungkinan perubahan. Mengatasi kerusakan apa pun dapat membantu memperlambat atau mencegah kerusakan di masa mendatang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Semoga kamu tetap sehat!

Baca Juga: Cegah Penyakit Ginjal Kronis akibat Diabetes dengan Diagnosis Dini

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya