Comscore Tracker

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan Praktis

Kamu bisa mencoba resep ini saat terburu-buru di pagi hari

Sebagian orang melewatkan sarapan di pagi hari karena alasan buru-buru, tidak terbiasa, maupun tidak berselera dengan menu sarapan yang hanya begitu saja. Sayang sekali, sebab sarapan memberikan banyak manfaat pada tubuh sebelum kita beraktivitas seharian.

Fungsi utama sarapan ialah mengisi energi dalam tubuh sebagai bahan bakar untuk beraktivitas seharian penuh, baik untuk bekerja maupun bersekolah. Dengan waktu yang cukup mepet dan serba buru-buru sangat penting untuk memasak menu sarapan yang lezat namun tetap sehat. Bahan-bahannya pun sudah pasti tersedia di kulkas rumahmu untuk lebih menghemat waktu.

Yuk isi perutmu di pagi hari dengan menu Tahu Tempe Kecap Asam dengan resep di bawah ini.

Baca Juga: Resep Orek Tempe Basah Manis Pedas, Inspirasi Menu Rumahan Lezat

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi bahan utama tahu dan tempe (https://www.istockphoto.com/Ika Rahma)

Bahan:

1.     Tahu potong dadu, goreng setengah matang

2.     Tempe potong dadu, goreng setengah matang

3.     3 buah cabe merah besar

4.     3 buah cabe hijau besar

5.     4 buah Tomat hijau

6.     7 siung bawang merah

7.     3 siung bawang putih

8.     1 sdt terasi bubuk

9.     3 sdm kecap manis

10.  1 sdm gula merah (opsional)

11.  1 sdt kaldu bubuk

12.  2 lembar daun salam 

13.  1 jempol lengkuas, geprek

14.  ½ sdt garam

15.  Air asam sesuai selera, jika suka asam pakai 6 sdm

16.  200ml air

2. Cincang bahan-bahan 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi memotong bawang putih (https://www.pexels.com/Ravi Sharma)

Cincang tujuh bawang merah dan tiga bawang putih sampai lembut. Potong cabe merah dan cabe hijau besar menjadi beberapa bagian yang sedikit lebar.

Setelah itu potong tomat hijau menjadi empat bagian. Sisihkan bahan yang telah dipotong dan dicincang untuk memotong bahan  

3. Goreng tahu dan tempe 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi tahu yang telah digoreng setengah matang (https://www.istockphoto.com/nsjoy)

Tahu dan tempe dipotong menjadi bagian yang lebih kecil. Lalu goreng setengah matang dan tiriskan. Pindah tahu dan tempe yang telah ditiriskan ke wadah lain.

Fungsi tempe dan tahu digoreng setengah matang agar bumbu bisa lebih meresap namun tidak meninggalkan cita rasa asli tempe dan tahu. Hanya beberapa bahan ini yang dicincang dan dipotong, tidak membutuhkan banyak waktu bukan?

4. Tumis bahan yang telah dicincang dan masukkan bahan lainnya 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi menumis bahan (https://www.istockphoto.com/Lyndon Stratford)

Masukan bahan yang telah dicincang sebelumnya seperti bawang merah bawang putih. Tumis hingga harum lalu masukkan satu sendok tehterasi bubuk agar aroma dan rasanya semakin nendang. Tumis hingga wanginya lebih harum, tambahkan 200 ml air.

Kecilkan api, masukan tahu tempe goreng setengah matang. Tidak lupa masukkan potongan tomat hijau, dan cabe hijau maupun cabe merah yang telah dipotong di awal. Selain itu masukkan dua lembar daun salam dan lengkuas yang telah digeprek.

5. Masukkan bumbu-bumbu 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi memasukkan bumbu (https://www.istockphoto.com/gorodenkoff)

Setelah bahan-bahan utama telah dimasukkan, saatnya meracik bumbu supaya menu sarapan lebih menggugah selera. Pertama masukkan satu sendok makan gula merah, namun ini bersifat opsional bisa mengganti dengan gula putih biasa.

Selanjutnya masukkan air asam sesuai selera, jika suka asam masukkan enam sendok makan. Apabila untuk menu sarapan, cukup tiga-empat sendok makan saja karena masih pagi. Lalu masukkan tiga sendok makan kecap manis dan satu sendok teh kaldu bubuk. Kemudian aduk perlahan hingga tercampur rata.

6. Koreksi rasa dan sajian siap dihidangkan 

Resep Tahu Tempe Kecap Asam untuk Menu Sarapan PraktisIlustrasi mengkoreksi rasa makanan (https://www.istockphoto.com/miniseries)

Setelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, koreksi rasa terlebih dahulu sebelum mematikan api. Apabila ada yang kurang, bisa ditambahkan, gula, garam, dan bumbu dapur lainnya sesuai selera. Matikan api, ambil piring dan tahu tempe kecap asam siap dihidangkan untuk menemani sarapanmu di pagi hari.

Resep ini tidak hanya bisa kalian masak di waktu sarapan saja. Kalian bisa memasaknya untuk makan siang maupun makan malam karena cara memasak dan bahannya yang sederhana. Perpaduan rasa manis dan asam masuk menjadi satu dalam mulutmu. Dimakan selagi hangat akan jauh lebih nikmat. Selamat mencoba yaa!

Baca Juga: Resep Olahan Tempe Jadi Nugget, Gurih dan Bikin Nagih!

Dina Stevany Photo Community Writer Dina Stevany

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya