Comscore Tracker

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!

Mulai sirup DHT hingga es teler durian yang lezat

Menu buka puasa khas Makassar terdiri dari berbagai minuman dan makanan dingin yang menyegarkan.

Kekayaan kuliner khas Kota Makassar di Sulawesi Selatan, membuat masyarakat bisa memilih berbagai sajian buka puasa yang menggugah selera.

Minuman khas Makassar yang enak untuk dijadikan takjil buka puasa sangat mudah ditemui di seantero kota pada Bulan Ramadan. Harganya pun cukup terjangkau.

IDN Times merekomendasikan tujuh es khas Makassar yang cocok untuk jadi menu buka puasa. Apa saja, ya?

1. Sirup DHT

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!Sirup DHT khas Makassar. Instagra/ericknovendra

Sirup DHT terbuat dari pisang Ambon. Warna merah yang mencolok merupakan karakter khas sirup andalan warga Makassar ini. Sirup DHT kami rekomendasikan sebagai minuman berbuka puasa karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Sirup DHT dapat dibeli di minimarket maupun di pasar tradisional di Kota Makassar dan sekitarnya.

2. Es kelapa muda plus sirup DHT

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!instagram.com/ladikitchen

Es kelapa muda sangat cocok sebagai menu buka puasa di Makassar. Rasa alami air kelapa muda langsung menyegarkan dahaga bagi orang berpuasa. Apalagi jika ditambah dengan beberapa sendok sirup DHT, rasanya makin enak dan segar.

Menu es kelapa muda sangat mudah ditemui di pinggir jalan di Kota Makassar. Rata-rata harganya hanya berkisar Rp10.000

3. Es pisang ijo Makassar

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!instagram.com/dian_gavinco

Es pisang ijo biasanya sangat mudah ditemui saat bulan Ramadan di Makassar. Tapi bukan berarti di bulan lain tidak ada.

Sesuai namanya, penganan ini menggunakan pisang sebagai bahan utama. Pisang itu lalu dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Dinikmati bersama kuah fla, sirup DHT, dan es serut, bikin penganan ini jadi berasa manis dan gurih. 

Karena kesegarannya, penganan ini cocok banget untuk dijadikan takjil buka puasa khas Makassar. Lidah kamu pasti langsung dimanjakan saat menyantapnya. 

4. Es poteng singkong

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!instagram.com/dapurpopuler

Es poteng merupakan penganan yang terbuat dari singkong hasil fermentasi atau masyarakat Makassar menyebutnya sebagai tape ubi.

Untuk menambah kesegaran sebagai menu buka puasa, tape ubi akan diberi taburan es serut lalu disiram dengan sirup DHT, sirup pisang Ambon berwarna merah khas Makassar. 

Rasanya yang asam manis cocok banget menemani kamu berbuka puasa dengan yang manis-manis.

5. Es pallu butung

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!Instagram.com/myhana_kitchen

Sama-sama menggunakan pisang sebagai bahan utama, sekilas es pallu butung dan es pisang ijo terlihat mirip. Namun keduanya sama sekali berbeda, namun sama-sama nikmat jadi menu buka puasa.

Jika pisang dalam es pisang ijo dibalut adonan tepung berwarna hijau, maka pisang dalam es pallu butung justru dipotong kecil-kecil. Kuah es pallu butung terbuat dari tepung beras dan santan sehingga menjadikannya seperti bubur berwarna putih.

Meski tampilannya sederhana, tapi bukan berarti rasanya juga sederhana lho. Rasanya sudah pasti gurih, apalagi kalau ditambahkan es serut dan susu kental manis.

Baca Juga: Resep 5 Menu Buka Puasa Olahan Pisang Khas Makassar

6. Es putar Papabon

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!instagram.com/nurainmadjid

Bicara tentang rasa haus saat berpuasa, tidak bisa jauh dari yang namanya es krim atau es putar. Di Makassar sendiri, ada gerai es putar bernama Es Putar Papabon.

Berlokasi di Jalan Gunung Nona dan Jalan Mirah Seruni, gerai ini ramai dikunjungi masyarakat. Di sini kamu bisa memiliih es putar dengan aneka rasa, mulai dari rasa coklat, vanila, oreo dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk melepas dahaga saat buka puasa.

Baca Juga: 5 Takjil Khas Makassar yang Jadi Menu Buka Puasa Populer

7. Es teler durian khas Makassar

7 Menu Es Khas Makassar Super Enak untuk Buka Puasa, Langsung Segar!Aneka minuman dingin di warung Es Teler Kota Daeng khas Makassar. Instagram/dagelanmks

Siapa sih yang bisa menolak kesegaran es teler durian? Rasanya begitu lezat, apalagi ditambah dengan topping beraneka ragama seperti alpukat.

Di Makassar, es teler durian dan alpukat jadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Salah satu gerai yang menyediakan es teler durian yaitu Es Teler Kota Daeng. Variasi menu minuman es warung ini cukup banyak.

Menu es khas Makassar cukup banyak pilihannya. Kamu bisa mencobanya saat Bulan Ramadan seperti saat ini. Selamat mencoba, ya!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya