Comscore Tracker

Ternyata, Makan Coto Makassar Pun Ada Tata Caranya, Lho!

Sedikit tips bagi kamu yang hendak mencoba pertama kalinya

Makassar, IDN Times - Berbicara tentang kuliner khas Makassar, sulit untuk tidak menyinggung Coto. Ya, hidangan dengan daging dan kuah dengan citarasa khas bisa ditemui dengan mudah di seluruh sudut provinsi Sulawesi Selatan, lengkap dengan varian lain macam Coto Kuda di Jeneponto.

Ternyata, proses menyantup pun punya caranya sendiri. Semua terhubung dengan ukuran mangkuk hingga ketupat. Nah, ini ada sedikit tips ketika berhadapan dengan semangkuk Coto Makassar.

Baca Juga: Rasanya Ngangenin, 10 Kuliner Makassar yang Harus Banget Dicobain

1. Jangan langsung menaruh seluruh isi ketupat ke dalam mangkuk

Ternyata, Makan Coto Makassar Pun Ada Tata Caranya, Lho!picluck.net/jajanan_makassar

Salah satu hal yang mencolok dari mereka yang baru pertama kali bersantap Coto Makassar. Seluruh isi ketupat yang dituang sebenarnya kurang elok. Bukan karena berhalangan dengan adat istiadat, tetapi akibat ukuran mangkuk yang terlampau kecil. Jika langsung dilimpahkan sekaligus, kuah Coto sudah pasti bakal tumpah meluap.

2. Belah ketupatnya, jangan kupas

Ternyata, Makan Coto Makassar Pun Ada Tata Caranya, Lho!IDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Yang menarik dari seluruh warung Coto, ketupat pelengkap tak perlu repot dikupas lagi. Para pedagang sudah membelah bagian tengah permukaan setelah direbus selama 4-5 jam. Sisa "pekerjaan" ada di tangan pelanggan, yakni tinggal membelahnya dengan kedua jempol. Sekali lagi, bukan dikupas tapi dibelah.

3. Sendok isi ketupat sedikit demi sedikit

Ternyata, Makan Coto Makassar Pun Ada Tata Caranya, Lho!IDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Setelah membelah dan menyendok, isi ketupat bisa langsung disantap sesuai selera masing-masing. Ada yang langsung mengunyah kemudian lanjut ke kuah plus daging. Ada juga yang mencelup dengan kuah Coto lebih dulu sebelum masuk ke dalam mulut. Sekali lagi, cara masing-masing orang perihal "nasib" ketupat cenderung beda satu sama lain.

Nah, bagaimana? Sudah cukup jelas, kan? Tak apa-apa keliru saat baru pertama kali mengenal Coto Makassar. Yang penting, lidahmu bisa cicipi lezatnya kuliner nikmat nan kaya rempah tersebut. Urusan tata cara, barulah menyusul pada kesempatan kedua atau ketiga. Sudah mi? Mari ki' makan!

Baca Juga: Tak Hanya Coto, Ini 6 Hidangan Berkuah Khas Makassar yang Enak Banget

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Yogie Fadila

Just For You