Comscore Tracker

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!

Semua miliki ciri khas masing-masing, menunya juga enak

Harus diakui, kami sudah sering banget mengulas tentang tempat-tempat nongkrong keren di Makassar. Kali ini IDN Times membahas hal sama, tapi semuanya berada di Palopo, sebuah kota sarat sejarah yang berjarak sekitar 370 kilometer dari ibu kota Sulawesi Selatan.

Palopo pun punya banyak tempat nongkrong yang gak kalah kece, kok. Malah lebih variatif, mulai dari yang berada di rumah panggung khas Bugis sampai yang berkonsep ngopi di halaman.

Nah, dari sekian banyak, IDN Times memilih 9 tempat yang sering disambangi anak-anak muda Palopo. Yuk disimak!

1. Sudut Kopi

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung Sudut Kopi, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/sudutkopikedai)

Alamat : Jl. Kartini No. 48, Kel. Batupasi, Kec. Wara Utara

Membuka daftar ini adalah Sudut Kopi. Dari luar, bangunannya unik banget sebab berbentuk rumah panggung khas Bugis. Bagian kolongnya sudah dimodifikasi sedemikian rupa sebagai area untuk nongkrong. Alhasil, suasana sederhana siap menyambut seluruh pengunjung yang datang.

Sesuai namanya, tempat kece yang beroperasi sejak 2017 ini mengandalkan olahan kopi. Mulai dari kopi susu, Vietnam drip, serta V60. Memang sederhana, tapi kopinya dijamin berkualitas. Mau yang non-kopi? Sudut Kopi punya menu coklat dan ice blend yang nyegerin. Harganya terjangkau, kok. Dimulai dari Rp15 ribuan saja.

2. Titik Nol Kopi

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung dan bar Titik Nol, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/titiknolkopi.id)

Alamat : Jl. To Ciung, Kel. Surutanga, Kec. Wara Timur

Ingin ngopi dengan suasana rumah? Titik Nol Kopi bisa kamu jajal. Gak cuma bisa menikmati suasana di dalam kayak bertamu, pengelola juga menyulap teras sebagai area untuk pengunjung. Pojok perpustakaan juga sudah disiapkan kalau ada yang gabut atau males mantengin ponsel.

Beberapa minuman dalam daftar menu Titik Nol Kopi siap menemani pengunjung. Ada affogato, cold white, caffè latte dan kopi susu. Sedang untuk yang nyegerin tersedia taro ice, thai tea, green tea dan serta banyak lagi.

3. Zona Temu - Mr. Oesman

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung Zona Temu, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/zonatemumr.oesman)

Alamat : Jl. Haji Hasan No. 35, Kel. Amassangan, Kec. Wara

Di Zona Temu - Mr. Oesman ini, pengunjung bisa sekadar nongkrong bareng teman dan keluarga. Suasana yang cozy nan minimalis pun mendukung untuk ngerjain tugas dengan tenang, atau ngadain meeting.

Zona Temu - Mr. Oesman menyediakan sejumlah olahan biji kopi Arabica. Mulai dari caffè latte, affogato, cold white atau kopi panas buat memulai hari. Cara pembuatannya pun macem-macem. Bisa syphon, V60, aeropress hingga chemex. Minuman yang nyegerin juga ada, kok.

Kalau laper, ada pilihan makanan yang dijamin lezat. Ada ayam goreng kampung, chicken teriyaki, nasi campur, rice bowl, nasi rawon hingga soto Betawi. Dari yang ringan-ringan kamu bisa pilih banana cake, makaroni panggang, tuna puff, klappertart, risoles, barongko, dan masih banyak lagi. Harga menunya sendiri mulai Rp15 ribu.

4. Solata Cafe

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung di Solata Cafe, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/solatacafe.id)

Alamat : Jl. K.H. Moh. Hasyim, Kel. Tompotikka, Kec. Wara

Meski baru berdiri pada 2019, Solata Cafe dikenal sebagai tempat nongkrong yang cozy banget karena desain industrialnya. Kalau pengen nyari udara segar, pengunjung bisa nikmatin minuman/makanan di salah satu dari jejeran kursi-meja yang ada di area teras.

Pada jejeran kopi, Solata Cafe punya es kopi aren, coffee oreo, vanilla mocha, avocado coffee serta es kopi pandan. Untuk minuman dingin ada green tea, vanilla mikshake, red velvet, fruit punch, orange squash, lime juice dan mango juice.

Laper pas nongkrong? Gampang, pesan aja makanan mereka. Kayak nasi goreng ijo, ayang goreng Solata, nasi goreng, mie kaldu, big burger dan banyak lagi. Kalau cuma ingin ngemil, coba sandwich, kentang goreng, roti bakar dan pisang goreng. Banderol harga minuman mulai Rp15 ribu, dan Rp16 ribu untuk makanan dan camilan. Murah, kan?

5. The Icon Cafe

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung The Icon Cafe, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/theiconcafe_)

Alamat : Jl. Andi Djemma No. 105, Kel. Tompotikka, Kec. Wara

Nah, The Icon Cafe ini populer sebagai tempat nongkrong asyik saat akhir pekan. Gak heran, suasana nyaman bisa bikin orang datang berkali-kali. Desain interior minimalis di area semi terbuka dan rustic dengan hiasan vintage di dalamnya memang keren.

Nah, salah satu yang diunggulkan The Icon Cafe ini adalah olahan kopinya. Ada caffè latte, es kopi susu, americano serta ice klepon latte yang jadi andalan. Nongkrong saat cuaca terik? Mereka punya ice chocolate almond, strawberry milkshake, green tea blend dan berbagai varian mocktail dalam menu mereka.

Ada juga pilihan makanan seperti mie pangsit, burger, sandwich, ayam bakar sambal matah, mix bowl, nasi bakar pedas, beef slice dan masih banyak lagi.

6. Kopita Coffee

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung Kopita Coffee, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/kopitacoffee.id)

Alamat :  Jl. K.H. Ahmad Razak, Kel. Panjelesang, Kec. Wara

Kedai kopi mungil juga punya daya tariknya sendiri. Cocok buat kamu yang pengen ngopi tapi gak bisa berlama-lama. Nah, lokasi baru Kopita Coffee ini baru digunakan sejak April lalu. Tapi mereka masih pertahanin ciri khasnya, yaitu mengutamakan kedekatan antar pengunjung dan dengan para barista.

Kopita Coffee ngandalin minuman sebagai suguhan bagi pengunjung. Mereka punya kopi susu yang bisa disajikan panas atau dingin, es kopi vanilla, Vietnam drip dan es kopi susu aren sebagai andalan. Ada juga non-kopi seperti ice taro, red velvet, ice chocolate dan lain-lain.

7. Epilog Kopi

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana di Epilog Kopi, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/epilogkopi)

Alamat : Jl. Yusuf Arif No. 27, Kel. Amassangan, Kec. Wara

Epilog Coffee juga memberi pengalaman nongkrong yang sederhana. Beroperasi sejak akhir 2019, bangunannya dulu berupa warung di pekarangan rumah. Tapi dirombak besar-besaran hingga lahirlah kedai kopi mungil dengan desain minimalis. Jadi tempat janjian bareng temen atau pacar? Boleh banget.

Epilog Coffee menawarkan banyak olahan kopi khas mereka seperti espresso, americano, Es Kopi Ashoy, Es Kopi Kara, Es Kopi Kumala dan banyak lagi. Pada barisan non-kafein, mereka andelin es coklat Oreo, ice red velvet, Mangga Lagi (mangga dan lemon) sampai Rona Senja yang nyegerin.

Harganya terjangkau, mulai dari Rp10 ribu saja. Oh iya, Epilog Cofee juga nyediain beberapa camilan tradisional Bugis untuk dinikmati pengunjung.

8. Rabbids Coffee & Breakfast

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung di Rabbids Coffee, salah satu tempat ngopi di Kota Palopo. (Instagram.com/rabbidscoffee.id)

Alamat : Jl. Andi Djemma No. 108, Kel. Tompotikka, Kec. Wara

Ini dia salah satu dari jajaran tempat nongkrong populer di Palopo. Vibes ruangannya oke, simpel dan mengutamakan kenyamanan pengunjung. Alhasil, bangunan dua lantai milik Rabbids Coffee & Breakfast selalu berisi.

Dari segi kopi, mereka termasuk lengkap loh. Ada espresso bonbon, latte with caramel, companna, hot mocha, almod coffee, dark brownie, giallo ice coffee sampai avocado coffee. Yang manis-manis juga ada. Contohnya passion fruit, strawberry milk tea, mix chocolate frost dan mint lemonade.

Untuk makanan, Rabbids punya yang berat sampai yang ringan. Grilled oxtail, bakmi ayam jamur, gyudon, beef burger, steik, pizza, waffle sampai kue keik. Nongkrong enak, perut kenyang.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Pantai Terbaik di Bulukumba, Menakjubkan!

9. Finare

Ini Dia 9 Tempat Nongkrong Keren di Kota Palopo, Konsepnya Variatif!Suasana area pengunjung dan bar Finare, salah satu tempat nongkrong di Kota Palopo. (Instagram.com/finare.id)

Alamat : Jl. Andi Djemma No. 103, Kel. Tompotikka, Kec. Wara

Baru beroperasi pada Mei 2020, Finare mengangkat konsep nongkrong di halaman. Cocok buat yang biasa "datang-ngopi-bayar-pergi" karena sibuk, atau bagi orang-orang yang betah duduk berlama-lama. Ngobrol dijamin makin asyik.

Finare punya kopi andalan yang digemari seperti es kopi aren, ice caramel, latte, ice vanilla latte, kopi pandan dan coffee mocha. Dari kategori minuman dingin ada matcha, chocolate caramel, chocolate tiramisu, Happy Berry Lemonade, regal aren, durian shake plus earl grey tea dingin.

Sementara makanan yang masuk daftar menu antara lain rice bowl chicken blackpepper, chicken crispy rice, fish crispy rice serta burger. Tersedia juga camilan kue muffin dan donat. Harganya murah kok, antara Rp10 ribu hingga Rp25 ribu untuk minuman, serta makanan mulai Rp10 ribu.

Kalau males keluar rumah, beberapa tempat nongkrong di atas juga menerima pesan antar lewat aplikasi transportasi daring. Langsung mi ki cek akun Instagram-nya masing-masing nah, cika'!

Baca Juga: Melancong dan Melepas Penat, Ini 4 Destinasi Wisata Alam di Parepare

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya