Comscore Tracker

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!

Tempat keren, menunya pun enak!

Bosan dengan keramaian? Ingin nongkrong di kafe-kafe bernuansa jadul atau minimalis demi memanjakan mata atau sekadar me time? IDN Times menyarankan beberapa tempat yang cocok banget dengan deskripsi di atas, dan semuanya ada di Makassar.

Gak cuma mengandalkan suasana, kafe-kafe ini juga dikenal punya menu enak. Mulai dari minuman, makanan hingga camilan. Semua ada demi memuaskan hasrat nongkrong atau sebagai "bahan bakar" untuk menyelesaikan tugas dari kantor.

1. KOPIAlps

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!Suasana teras dan bagian dalam KOPIAlps, salah satu tempat nongkrong di Makassar. (Instagram.com/kopialps)

Alamat : Jl. Dr. Ratulangi No. 87, Kel. Labuang Baji, Kec. Mamajang

Membuka daftar pendek ini adalah KOPIAlps. Suasana jadul sangat terasa saat melewati pintu masuk. Pengelola kafe menghiasi dinding dengan berbagai ornamen dan pajangan benda-benda klasik. Mulai dari mesin tik, plat mobil, kotak pos hingga radio. Gak lupa, sebuah figura berisi deretan kaset dari puluhan artis.

Untuk menu, KOPIAlps menyediakan minuman hingga makanan. Menu andalan mereka antara lain caramel macchiato, es kopi aren, es klepon, rice bowl mozarella dan scrambled eggs. Termasuk cemilan seperti bakwan, pisang goreng plus bakso goreng.

2. Adapada Kedai

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!Suasana teras dan bagian dalam Adapada Kedai, salah satu tempat nongkrong di Makassar. (Instagram.com/adapadakedai)

Alamat : Jl. Sultan Alauddin No. 98 (Kompleks Ruko Pa'baeng-Baeng), Kel. Pa'baeng-Baeng, Kec. Tamalate

Adapada Kedai mengusung konsep ruangan minimalis modern. Kafe dengan dua lantai ini sering menjadi tempat diskusi, seminar, creative hub atau rapat. Mau menyelesaikan pekerjaan di sini? Bisa juga, kok. Gak lupa, bagian terasnya cocok bagi kamu-kamu yang pengen nongkrong bareng teman-teman.

Beberapa jenis minuman yang jadi andalan Adapada Kedai antara lain es kopi selow, es kopi karamel, green tea tarik dan masih banyak lagi. Untuk makanan ada mie kering, nasi ayam goreng, mie bakso dan nasi campur yang tersedia di hari-hari tertentu.

3. Makassar Coffee House (MCH)

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!Suasana teras dan bagian dalam Makassar Coffee House (MCH), salah satu tempat nongkrong di Makassar. (Instagram.com/mchcoffeeshop.id)

Alamat : Jl. Tupai No. 64, Kel. Mamajang Dalam, Kec. Tamalate

Konsep klasik Makassar Coffee House, atau biasa disingkat MCH, sudah terlihat di bagian teras mereka. Kian lengkap berkat pilihan interior kayu untuk kursi dan meja. Sementara untuk dinding, pengelola memilih lukisan-lukisan sederhana dan rak perabot sebagai penghiasnya.

Sama seperti namanya, MCH ingin memanjakan lidah pecinta kopi dengan beragam menu kreasi mereka. Ada vietnam drip, espresso bon bon, V60, affogato, ice mocha, ice cappucino dan masih banyak lagi. Pengen sesuatu yang beda? Coba milk cube tiramisu atau blended hazelnut. Dijamin enak!

4. SS Coffee Space

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!Suasana teras dan bagian dalam SS Coffee Space, salah satu tempat nongkrong di Makassar. (Instagram.com/sscoffeespace)

Alamat : Jl. Sunu (Depan SMK Negeri 5 Makassar), Kel. Lembo, Kec. Tallo

Nah, ini dia salah satu tempat nongkrong hits anak muda Makassar sekarang. Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota, SS Coffee Space selalu ramai. Gak cuma bangunan saja yang berkonsep klasik, bagian dalamnya juga. Tapi daya tarik utama ada di bagian teras, di mana pengunjung menikmati sajian di bawah teduh pepohonan. Menarik kan?

Beberapa menu yang ditawarkan SS Coffee House antara lain kopi hitam, kopi susu dan kopi milo. Untuk cemilan sendiri ada kentang goreng serta chicken wings yang jadi andalan pengunjung.

Baca Juga: 5 Kafe Keren di Daerah Tamalanrea Makassar, Nyaman buat Nongkrong

5. Filosofi Kopi

5 Kafe di Makassar dengan Konsep Vintage-Minimalis, Ngopi Lebih Asyik!Suasana teras dan bagian dalam Filosofi Kopi, salah satu tempat nongkrong di Makassar. (Instagram.com/filosofikopi)

Alamat : Jl. Syarif Al Qadri No. 38/44, Kel. Maricaya Baru, Kec. Makassar

Terakhir ada Filosofi Kopi, satu-satunya cabang kedai milik sutradara dan pemain film dengan judul yang sama, di Indonesia timur. Mereka menyulap bangunan tua dari dekade 1920-an menjadi tempat yang asyik untuk ngumpul-ngumpul. Alhasil, berpadulah gaya minimalis dengan suasana retro.

Beragam olahan kopi jadi daya tarik bagi pengunjung. Mulai dari ice caramel macchiato, ice cafe latte, butterscotch latte, ice greentea latte, japanese drip, V60 dan masih banyak lagi. Oh iya, ada juga makanan kalau kamu lapar seperti waffle, pancake, chicken teriyaki plus dory bumbu rempah.

Gimana? Ayo langsung kunjungi salah satu dari lima kafe tadi. Entah sendiri, bersama pasangan, keluarga atau teman-teman. Dijamin asyik!

Baca Juga: 4 Warung Kopi Tertua di Kota Makassar yang Sarat Nilai Historis

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya