Comscore Tracker

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan Turis

Berdasarkan ulasan pengunjung di laman TripAdvisor

Makassar, IDN Times - Mengunjungi Kota Makassar belum lengkap tanpa merasakan petualangan kuliner. Ibu Kota Sulawesi Selatan sejak lama memang dikenal sebagai salah satu ’surga’ bagi pecinta makan, karena tersedia beragam macam pilihan destinasi dan menu yang menggugah selera.

Ada banyak tempat yang direkomendasikan untuk menjelajah kuliner Makassar. Salah satunya oleh situs wisata terpopuler dunia, TripAdvisor. Situs asal Amerika Serikat ini merangkum daftar tujuan wisata kuliner lokal berdasarkan ulasan obyektif dari wisatawan yang pernah berkunjung.

Coto dan konro sudah lama terkenal sebagai ikon kuliner Makassar. Apakah menu itu masuk dalam rekomendasi? Berikut ini daftar peringkat tujuan wisata kuliner lokal terbaik di Makassar menurut TripAdvisor.

1. Pallu Basa Serigala

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / Rama R

Sesuai namanya, Pallu Basa Serigala terletak di Jalan Serigala Makassar. Menyajikan satu menu, yakni pallu basa, makanan olahan daging berkuah kental. Meski warungnya bernama Serigala, makanan ini disajikan dari daging dan jeroan sapi.

Pallu basa disajikan dengan kuah berisi rempah tradisional. Mirip dengan coto, tapi dilengkapi dengan serundeng kelapa. Makanan ini biasa disantap dengan nasi putih. Pallu Basa Serigala salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi setiap hari.

Baca Juga: 7 Jajanan Pasar Khas Sulawesi Selatan Bikin Lidah Bergoyang

2. RM Nelayan

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / Cheng Y

Rumah makan yang bisa mudah diakses dari Pantai Losari, tepatnya berdiri di Jalan Ali Malaka. Menyajikan olahan produk laut atau seafood segar. Dari sup, ikan, kepiting, dan lainnya, yang diolah dengan goreng, rebus, atau bakar.

Setiap pengunjung yang datang ke RM Nelayan, sebelum masuk, akan diminta memilih ikan segar di dalam peti es. Setelah itu memilih metode memasak dan jenis bumbu. Warung ini buka setiap hari dari pagi hingga malam.

3. Coto Nusantara

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / Andre Cornelius S

Ada ungkapan bahwa ke Makassar belum lengkap jika belum mencicipi coto. Karena makanan ini merupakan salah satu menu tradisional paling ikonik dengan banyak penggemar.

Coto berupa jeroan dan sapi yang diiris tipis dan disajikan dengan bumbu kacang khas. Biasa dinikmati dengan ketupat. Coto Nusantara terletak di Jalan Nusantara dan punya beberapa cabang di dalam kota.

Baca Juga: Sulawesi Selatan, Pintu Gerbang Kawasan Indonesia Timur

4. Rumah Makan Seafood Apong

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / fxign

Menu seafood seakan tiada habisnya di Makassar. RM Apong menawarkan menu laut dengan nuansa kekeluargaan. Cocok bagi pengunjung yang ingin bersantap bersama keluarga atau rekan. Restoran ini mampu menampung hingga 100 orang pengunjung.

Jika restoran seafood di Makassar umumnya berada di sekitar pantai, RM Apong berada di tengah pusat kota. Tepatnya di Jalan Boulevard, Panakkukang.

5. New Dinar Seafood

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / Labrouille

Restoran ini menyediakan makanan laut dengan menu andalan ikan kudu-kudu bakar, ikan sukang, kepiting lada hitam, kerang kepa tauco, dan cumi. Menu andalan lainnya adalah kepiting lada hitam dan saus padang.

RM Dinar terletak di Jalan Lamadukelleng, dekat dari Pantai Losari. Di sekitarnya terdapat beberapa rumah makan dengan menu serupa, tapi ini yang paling ramai.

6. Sop Konro Karebosi

6 Kuliner Lokal di Makassar Ini Paling Banyak Direkomendasikan TurisTripAdvisor / Talamo

Karebosi diambil dari nama alun-alun pusat kota Makassar. Sedangkan sop konro merupakan menu kuliner paling terkenal di Sulsel, selain coto.

Konro disajikan sebagai olahan iga sapi. Tersedia dalam dua pilihan menu, yakni dengan sup kuah atau disajikan sebagai konro bakar dengan saus kacang. Pusat rumah makan ini terletak di Jalan Gunung Lompobattang, sekitar 500 meter dari lapangan Karebosi.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya