Comscore Tracker

BI Sulsel Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Penukaran Uang Jelang Lebaran

Uang pecahan kecil bisa ditukar di kantor cabang bank

Makassar, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan menyiapkan uang tunai Rp3,58 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Kepala Perwakilan BI Sulsel Budi Hanoto mengatakan kebutuhan uang pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun 2020 yang sebesar Rp3,59 triliun. 

"Kami pastikan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan uang selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini," kata Budi saat konferensi pers di Hotel The Rinra Makassar, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Tukar Uang Baru untuk Lebaran Idulfitri, Ini Caranya

1. Pandemik pengaruhi kebutuhan uang kartal

BI Sulsel Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Penukaran Uang Jelang Lebaranilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dari data yang ditampilkan BI Sulsel, kebutuhan uang kartal saat Ramadan dan Idul Fitri selama dua tahun terakhir sangat menurun dibandingkan pada 2019. Pada tahun itu, kebutuhan uang kartal saat Ramadan dan Idul Fitri mencapai Rp5,46 triliun.

Budi menjelaskan hal itu turut dipengaruhi oleh situasi pandemik COVID-19. "Selain, itu penggunaan uang elektronik juga semakin meningkat," kata Budi.

2. Layanan penukaran berlangsung hingga jelang lebaran

BI Sulsel Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Penukaran Uang Jelang LebaranKonferensi pers BI Sulsel terkait ketersediaan uang jelang Idul Fitri di Hotel The Rinra Makassar, Senin (3/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Budi menjelaskan layanan penukaran uang Rupiah tahun ini masih akan dilaksanakan melalui loket penukaran di kantor-kantor cabang yang berada di wilayah Sulsel. Termasuk di empat wilayah kas titipan yaitu Parepare, Bone, Palopo dan Bulukumba. 

"Layanan akan berlangsung secara normal menjelang Idul Fitri dan tidak beroperasi sementara pada 12, 13 dan 14 Mei 2021," kata Budi.

3. Masyarakat juga bisa menukar UPK 75

BI Sulsel Siapkan Rp3,58 Triliun untuk Penukaran Uang Jelang LebaranIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Selain itu, BI juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh uang peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke -75 (UPK 75). Penukaran UPK 75 dapat dimulai dari pecahan Rp20 ribu sampai Rp1.000.

"Penukaran UPK dapat dilakukan di 38 perbankan yang berada di 77 titik yang tersebar di seluruh Sulsel," kata Budi.

Baca Juga: Bijak Mengelola Uang THR

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya