Comscore Tracker

Tiga Pemain Muda PSM Makassar Dipanggil Timnas U-19, Keren!

Jadi langganan TC Timnas U-19 selama beberapa bulan terakhir

Makassar, IDN Times - Tiga binaan Akademi PSM Makassar kembali dipanggil Shin Tae-yong memperkuat Timnas U-19. Berdasarkan salinan surat yang diterima IDN Times pada Sabtu malam (14/5/2022), mereka adalah bek kiri Edgard Amping, gelandang Muhammad Rafli Asrul, dan striker Ricky Pratama.

Ketiganya terpilih mengikuti pemusatan latihan di Jakarta jelang terjun ke Toulon Tournament 2022, yang berlangsung dari 26 Mei hingga 9 Juni. Sebagai pendahuluan, mereka diberi program persiapan di bawah coach Bima Sakti mulai hari Minggu ini (15/5/2022) hingga 25 Mei.

1. Manajemen PSM berharap ketiganya berkontribusi maksimal untuk Timnas U-19

Tiga Pemain Muda PSM Makassar Dipanggil Timnas U-19, Keren!Pemain muda PSM Makassar Edgard Amping dalam sesi latihan di seri pertama BRI Liga 1 2021/22, September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Manajemen Juku Eja menyambut baik pemanggilan ketiga binaan akademinya. Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, mengatakan ini jadi kesempatan emas Edgard dkk untuk unjuk gigi di ajang internasional.

"Kita support pemain yang dipanggil. Karena ini untuk kepentingan negara dan Timnas," ujarnya dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada Minggu pagi (15/5/2022).

"Mudah-mudahan mereka bisa berkontribusi maksimal dan kembali ke klub tetap dalam kondisi bugar," lanjut Sulaiman.

2. Ricky Pratama dan Edgard Amping sudah berlatih dengan tim senior Juku Eja

Tiga Pemain Muda PSM Makassar Dipanggil Timnas U-19, Keren!Striker Timnas Indonesia U-18 dan PSM Makassar U-18 Ricky Pratama saat merayakan gol ke gawang Alanyaspor U-18 dalam laga uji coba di Limak Sport Complex Antalya, Turki, Rabu 24 November 2021. (Dok. PSSI)

Edgard Amping memang belum sekalipun tampil untuk PSM Makassar. Tapi bek kiri kelahiran Mamasa tersebut sudah tampil 6 kali di Liga 2 2021, kala dipinjamkan ke Muba Babel United. Adapun rekannya sesama alumnus Garuda Select, Rafli Asrul, sudah mengantongi 3 caps setelah "naik kelas" ke tim utama jelang putaran kedua musim 2021/22.

Nama Ricky Pratama mencuat usai menjadi top skorer ajang Elite Pro Academy (EPA) U-19 2021. Ujung tombak asal Sidoarjo tersebut mencetak 26 gol dari 15 pertandingan Ramang Muda. Berkat catatan impresif itu, coach Shin pun tak pikir panjang untuk memboyongnya ke skuat Garuda Nusantara.

Edgard dan Ricky sudah mengikuti pemusatan latihan dengan tim senior Juku Eja sejak Rabu lalu (11/5/2022). Sedangkan Rafli masih mengikuti trial bersama klub Yunani Atromitos FC.

Baca Juga: Resmi, Pemain PSM Rafly Asrul Jalani Masa Percobaan di Klub Yunani

3. Jadi kali kedua Garuda Nusantara tampil di Toulon Tournament

Tiga Pemain Muda PSM Makassar Dipanggil Timnas U-19, Keren!Para pemain Timnas Indonesia U-18 berpose sebelum lakoni laga uji coba kontra Alanyaspor U-18 di Limak Sport Complex Antalya, Turki, Rabu 24 November 2021. (Dok. PSSI)

Tiga Ramang Muda PSM Makassar yang dipanggil untuk Toulon Turnament 2022 sudah jadi langganan training center Timnas U-19 selama beberapa bulan belakangan. Terakhir adalah saat pemusatan latihan di Korea Selatan dari 13 Maret hingga 10 April lalu.

Ini jadi kali kedua Indonesia ikut serta dalam ajang bernama resmi Tournoi Maurice Revello tersebut. Debut pada edisi 2017 di bawah asuhan Indra Sjafri, Egy Maulana dkk finis sebagai juru kunci grup. Saat itu ada dua pemain asal Makassar yang turut dipanggil yakni Nurhidayat Haji Haris dan Julyano Pratama.

Baca Juga: Tinggalkan PSM Makassar, Sutanto Tan Gabung ke Persis Solo

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya