Statistik Pemain PSM di Dua Leg Indonesia Vs Burundi, Yakob Tersubur

Yance Sayuri jalani debut, Ramadhan Sananta kurang optimal

Makassar, IDN Times - Dari empat pemain PSM Makassar pilihan Shin Tae-yong dalam laga uji coba Timnas Indonesia versus Burundi, hanya tiga nama yang dimainkan. Salah satunya yakni Yance Sayuri, sang debutan di ajang internasional. Dzaky Asraf sendiri ternyata disiapkan untuk Timnas U-20 yang kini nasibnya tak menentu.

Lantas, bagaimana performa ketiganya saat menghadapi Les Hirondelles asuhan Etienne Ndayiragije? Berikut ini IDN Times menyajikan statistik Yakob Sayuri, Ramadhan Sananta serta Yance Sayuri pada dua partai tersebut.

1. Yakob Sayuri, kembali menambah gol di Timnas

Statistik Pemain PSM di Dua Leg Indonesia Vs Burundi, Yakob TersuburPesepak bola Timnas Indonesia Yakob Sayuri (kiri) berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/3/2023). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.

Yakob Sayuri membuktikan kapasitasnya sebagai winger yang selama ini dicari Shin Tae-yong. Bergerak di daerah kanan, ia rutin membuka ruang dan membangun serangan. Tak lupa, insting menyerangnya terlihat dari proses gol pembuka di laga pertama, saat Yakob muncul tiba-tiba dari lini kedua untuk menyambut umpan matang Stefano Lilipaly.

Bermain 69 menit di laga pertama, statistiknya cukup moncer. Yakni 19 operan, 5 percobaan di mana2 diantaranya mengarah langsung ke gawang Burundi yang dijaga kiper Fabien Mutombola.

Situasi berbeda terjadi pada laga kedua, Yakob tak bisa leluasa membangun serangan sebab selalu mendapat pressing dari pemain lawan yang menerapkan formasi 3-4-3. Alhasil ia cuma melepas 33 operan dan 2 percobaan selama 90 menit bermain. 

2. Ramadhan Sananta, masih jadi striker pilihan kedua

Statistik Pemain PSM di Dua Leg Indonesia Vs Burundi, Yakob TersuburPesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Burundi Ndwarugira (kanan) dalam pertandingan FIFA Match Day di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (25/3/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.

Dendy Sulistyawan dipercaya sebagai ujung tombak Timnas dalam dua pertandingan kontra Burundi. Skema tanpa penyerang murni ternyata bekerja efektif. Ramadhan Sananta hanya bermain pada laga pertama, dan turun sebagai pengganti Dendy pada babak kedua.

Selama 23 menit merumput, anak muda asal Kepulauan Riau ini terlihat lebih banyak mengitari sekitar garis tengah lapangan. Ia tak banyak mendapat bola lantaran Burundi menekan sejak menit ke-70. Meski begitu, Sananta masih bisa melepas 4 operan sukses dan sekali tembakan tepat sasaran.

3. Yance Sayuri, bekerja cukup keras saat debut

Baca Juga: Skenario PSM Makassar Juara Lebih Cepat, Tergantung Persija dan Persib

Statistik Pemain PSM di Dua Leg Indonesia Vs Burundi, Yakob TersuburYance Sayuri (kiri) dan Yakob Sayuri (kanan) berpose dengan pelatih kepala Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong selepas pertandingan melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, 28 Maret 2023. (Instagram.com/yansayuri11)

Yance Sayuri akhirnya mendapat kesempatan debut di Timnas Indonesia pada laga kedua, Selasa silam (28/3/2023). Tak cuma menjadi starter, saudara kembar Yakob tersebut bahkan bermain selama 80 menit dan bisa melepas 42 operan sukses.

Ia menempati dua pos berbeda pada laga tersebut, yakni wingback kanan di babak pertama dan wingback kiri setelah turun minum. Meski begitu, serangan hanya sesekali melalui daerahnya sebab Burundi selalu menyusun serangan dari seberang daerahnya.

Selepas tugas negara, ketiganya kembali ke PSM Makassar. Yakob-Yance kemungkinan akan absen dari laga tandang kontra Madura United, Jumat besok (31/3/2023). Meski begitu, Sananta berpotensi turun sebagai starter di Pamekasan.

Baca Juga: Indonesia Vs Burundi, Siapa Pemain PSM Bakal Jadi Starter?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya