PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis Lagi

Tak ada yang bisa menerka bagaimana laju Juku Eja musim ini

Intinya Sih...

  • Musim 2023/2024 penuh jatuh bangun bagi PSM Makassar, terkendala masalah finansial dan kehilangan pemain kunci seperti Wiljan Pluim.
  • PSM melakukan cuci gudang dengan 12 pemain hengkang, berburu pemain asing untuk menghadapi Liga 1 dan ASEAN Club Championship.
  • Sektor belakang dan tengah menjadi fokus dalam bursa transfer, dengan perekrutan pemain baru untuk memperkuat tim di dua ajang yang diikuti.

Makassar, IDN Times - Musim 2023/2024 memang penuh jatuh bangun untuk PSM Makassar. Hantaman masalah finansial menjegal laju mereka beberapa kali, dan hal tersebut berimbas pada performa tim. Termasuk juga hengkangnya sang metronom Wiljan Pluim setelah membela klub selama 7 tahun.

Jelang musim 2024/2025, PSM kembali melakukan cuci gudang untuk ke sekian kali. Sebanyak 12 pemain hengkang pada bursa transfer, membuat pelatih kepala Bernardo Tavares kembali harus membangun tim dari nol.

Regulasi 8 legiun asing membuat Juku Eja ikut berburu pemain impor. Tapi, mereka enggan melupakan bahwa pemain lokal turut melengkapi kepingan puzzle dalam strategi racikan Tavares. Meski jadi penyegaran tim, sulit untuk menerka sejauh mana laju mereka di dua ajang yang mereka ikuti.

1. Harus kembali berkandang di Balikpapan paling tidak hingga akhir tahun 2024

PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis LagiPara pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada Minggu 14 Juli 2024. (Dok. Official Piala Presiden)

Pada ajang Liga 1 musim lalu, PSM yang berstatus juara bertahan finis di posisi 11. Padahal papan atas sempat dihuni selama beberapa pekan awal sebelum performa mereka menukik usai ditinggal Pluim. Sedangkan di AFC Cup 2023/2024, langkah PSM terhenti di babak penyisihan grup.

Musim ini, agenda anak asuh Tavares masih padat. Tak cuma mesti berjibaku dengan BRI Liga 1 2024/2025, tapi juga dengan ASEAN Club Championship yang menjadi ajang pertemuan para raksasa sepak bola di Asia Tenggara.

Keikutsertaan di Kejuaraan Antarklub ASEAN memang berpotensi memberi tambahan pundi-pundi uang. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah PSM harus berupaya keras terhindar dari masalah finansial.

Terlebih mereka tetap berkandang di Stadion Batakan Balikpapan paling tidak hingga akhir tahun 2024. Ini lantaran Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare masih jalani proses renovasi. Dengan kata lain, pengeluaran biaya ketika laga home masih tinggi.

2. Terjadi penyegaran di sektor belakang dan tengah usai ditinggal beberapa pemain

PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis LagiSalah satu momen pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 antara PSM Makassar versus Persis Solo yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar)

Sektor belakang dan tengah agaknya menjadi fokus tim pelatih selama bursa transfer, sebab paling banyak mendapat penggawa baru. Masing-masing 5 di area pertahanan (termasuk kiper Hilman Syah) serta 4 lainnya berposisi sebagai gelandang.

Perekrutan Hilman Syah sendiri terasa sarat nostalgia. Sempat dua musim membela RANS Nusantara FC, sosok kelahiran Jeneponto tersebut datang pada saat yang tepat. Reza Arya Pratama harus menepi hingga tengah musim untuk pemulihan cedera lutut. Alhasil, Hilman sebagai satu-satunya kiper senior, berpotensi lebih sering dipasang sejak menit pertama.

Duo Brasileiro, Aloisio Soares Neto dan Victor Luiz, direkrut untuk menambal pos bek tengah dan wingback kanan. Mereka diharap bisa menjadi tandem yang pas untuk Yuran Fernandes, satu-satunya legiun asing tersisa dari skuat juara musim 2022/2023. Alhasil, bahasa Portugis (yang ketiganya gunakan) akan sering terdengar di lapangan.

Pemain lokal di sektor belakang juga bersaing ketat. Syahrul Lasinari mulai dipercaya menjadi starter sejak pramusim, menggeser Daffa Salman yang mencuri perhatian musim lalu. Sedangkan Dimas Sukarno akan bersiang dengan pemain muda lainnya yakni Sulthan Zaky.

3. Lini depan diharap bisa lebih agresif ketimbang musim lalu

PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis LagiAksi striker PSM Makassar, Nermin Haljeta (kanan), dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2024/2025 melawan Persis Solo di Stadion Batakan Balikpapan pada Sabtu 10 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Kedatangan Latyr Fall dan Daisuke Sakai diharap bisa memantik percik kreativitas di lini tengah yang sempat menghilang. Latyr terlihat begitu aktif dan jadi pengalir bola dengan umpan-umpan kunci pada duel pekan pertama Liga 1 kontra Persis Solo. Lalu Daisuke akhirnya debut sebagai pemain PSM di laga yang sama sebagai pemain pengganti.

Cedera lutut Muhammad Arfan membuat Ananda Raehan Alief siap mengemban tugas sebagai gelandang enerjik. Ia akan didampingi Akbar Tanjung sang breaker andalan. Sejumlah nama siap bersaing untuk mengisi kedua pos sayap seperti Victor Dethan, Dzaky Asraf, Rizal serta Abdul "Lemon" Rahman.

Misi memanen gol sendiri disematkan ke pundak tiga pemain : Nermin Haljeta, Tito Okello dan Adilson da Silva. Dua nama pertama sudah dipasangkan ketika Juku Eja membungkam Persis pada Sabtu lalu (10/8/2024). Kendati demikian, Tavares tetap akan memberi menit bermain ke para penyerang muda. Mulai dari Andy Harjito, Ricky Pratama, Arham Darmawan, Mufli Hidayat serta Fahrul Aditya.

4. Tetap andalkan 3-5-2, mesti waspada dengan potensi kelelahan akut

PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis LagiPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Jumat 12 Juli 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Satu hal lain yang mencolok, formasi 3-5-2 tetap digunakan. Selama ini, Tavares memang dikenal sebagai pelatih yang menuntut pemain tetap disiplin saat bertahan dan menyerang. Tanpa Pluim, skema tersebut tak berjalan lancar pada paruh kedua musim lalu. Kebingungan agaknya melanda tim yang bermain tanpa penghubung antarlini.

Kehadiran Latyr Fall diharap mampu menjadi jawaban atas pencarian Tavares selama ini : playmaker yang tidak grasak-grusuk, dan tahu kapan harus menginjak gas atau rem. Ze Paulo, pengganti Pluim musim lalu, lebih banyak absen lantaran cedera. Ini membuat PSM benar-benar kelimpungan bak ayam tanpa kepala.

Namun, Pasukan Ramang harus waspada dengan potensi kelelahan akut. Ini lantaran mereka mengikuti dua ajang musim ini, yakni Liga 1 serta ASEAN Club Championship. Meski sudah terbiasa dengan jadwal padat selama tiga musim terakhir, menjaga level kebugaran pemain selalu menjadi tantangan tersendiri. Mampukah mereka berbicara banyak musim ini?

Baca Juga: Girangnya Nermin Haljeta Cetak Brace saat Debut di PSM

5. Total ada 13 pemain yang didatangkan, 3 diantaranya masih berusia di bawah 23 tahun

PSM Makassar di Liga 1 2024/2025 : Cuci Gudang Bikin Optimis LagiSalah satu momen laga matchday kedua Grup A Piala Presiden 2024 antara Persis Solo versus PSM Makassar yang berlangsung di Satdion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada Senin 22 Juli 2024. (Dok. Official Piala Presiden)

Berikut ini daftar pemain PSM Makassar di musim 2024/2025 :

Kiper : Reza Arya Pratama, Hilman Syah, Muhammad Ardiansyah, Syamil Bahij Irawan, Raka Octa Bernanda

Belakang : Daffa Salman, Yuran Fernandes (Cape Verde), Aloisio Soares Neto (Brasil), Syahrul Lasinari, Sulthan Zaky, Victor Luiz (Brasil), Dimas Sukarno

Tengah : Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Ananda Raehan Alief, Victor Dethan, Daisuke Sakai (Jepang), Dzaky Asraf, Latyr Fall (Senegal), Rizky Eka Pratama, Rizal, Adil Nur BangsawanAbdul Rahman

Depan : Andy Harjito (pinjaman), Adilson da Silva (Portugal), Ricky Pratama, Arham Darmawan, Tito Okello (Sudan Selatan), Nermin Haljeta (Slovenia), Mufli Hidayat, Fahrul Aditya

(Ket. : Pemain baru berhuruf tebal, pemain berusia 23 tahun ke bawah berhuruf miring)

Berikut ini susunan tim pelatih PSM Makasssar musim 2024/2025 :

Pelatih kepala : Bernardo Tavares

Asisten pelatih : Ahmad Amiruddin, Ronald Fagundez

Pelatih fisik : Paulo Renato

Pelatih kiper : Muhammad Sabilillahi

Analis dan scouting : Jose Felipe Carvalho, Angger Woro Jati

Baca Juga: Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya