Comscore Tracker

EPA 2021: PSM U-18 dan U-16 Mantap Menatap Perempat Final

Dua tim muda PSM berupaya melaju lebih jauh di fase gugur

Makassar, IDN Times - Usai sudah penyisihan kejuaraan usia muda Elite Pro Academy (EPA) 2021. Tim muda PSM Makassar berhak melaju ke fase gugur setelah sama-sama lolos dari babak kualifikasi grup di level U-16 dan U-18.

Sempat tertatih di awal, PSM U-16 akhirnya mampu mengunci satu tempat di babak knock-out dengan status peringkat 3 Grup A. Mereka mengumpulkan 34 poin, hasil dari 8 kali menang, 8 imbang dan 4 kekalahan dari 20 laga.

PSM U-18 tetap moncer sampai partai penutup Grup A. Para Ramang Muda ini menggondol 16 kemenangan ditambah 4 kali imbang. Rafly Asrul cs finis sebagai jawara grup berkat koleksi 54 poin, paling banyak dari seluruh kontestan EPA U-18.

Baca Juga: PSM Layangkan Surat Protes ke LIB karena Geram Kinerja Wasit

1. PSM U-16 targetkan lolos ke semifinal

EPA 2021: PSM U-18 dan U-16 Mantap Menatap Perempat FinalAksi pemain PSM Makassar U-16 di salah satu laga putaran kedua Grup A turnamen usia muda Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Juru taktik PSM U-16 Erik Saputra, bersyukur anak asuhnya bisa lolos ke fase gugur. Sempat lambat panas, Sulthan Zaky dkk mulai menemukan irama bermain ketika masuk putaran kedua.

Demi melaju lebih jauh, Erik meminta para pemain untuk menjaga ritme yang sudah terbangun.

"Semua pemain harus bekerja keras dan bekerja cerdas, serta fokus di setiap momen yang ada di pertandingan. Itu modal yang harus dipertahankan agar bisa meraih semifinal," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times pada Sabtu sore (20/11/2021).

2. PSM U-18 bermodal semangat "siri' na pacce"

EPA 2021: PSM U-18 dan U-16 Mantap Menatap Perempat FinalAksi pemain PSM Makassar U-18 di salah satu laga putaran kedua Grup A turnamen usia muda Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Di sisi lain, Irfan Saputra selaku juru taktik PSM U-18 mengatakan bahwa timnya menatap babak perempat final dengan mantap. Mereka rupanya hendak melaju jauh di fase gugur.

"Modal kami menghadapi babak 8 besar yaitu semangat, daya juang dan kerja keras dan yang utama siri' na pacce yang dimiliki pemain. Dan kami akan keras, bermain cepat, serta pantang menyerah," ujarnya.

PSM U-16 berhasil mengulang sukses edisi 2019. Tapi saat itu langkah mereka terhenti di babak grup kedua yang memakai format setengah kompetisi. Sedangkan bagi PSM U-18, ini jadi kali pertama lolos dari fase grup.

3. Para Ramang Muda lakoni babak 8 besar pada Senin mendatang

EPA 2021: PSM U-18 dan U-16 Mantap Menatap Perempat FinalPSM Makassar U-18 saat berhadapan dengan Barito Putera di seri pertama Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Kedua tim sama-sama menempatkan pemain di puncak top skorer. Di PSM U-16 ada Adit Wijaya Putra dengan jumlah 8 gol, sementara dari PSM U-18 yakni Ricky Pratama yang melesakkan 27 gol.

Ricky sendiri tak tampil sejak 13 November, lantaran dipanggil Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan Timnas U-18 di Turki.

Di perempat final, PSM U-18 menjajal runner-up Grup C Persebaya Surabaya di Lapangan Lodaya Bandung, Senin pagi (22/11/2021). Siangnya, PSM U-16 bakal menghadapi juara Grup B Persija U-16 di Lapangan Sabilulungan Soreang.

Baca Juga: Dua Pemain PSM U-18 Terpilih Masuk Garuda Select Jilid Empat, Ewako!

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya