Comscore Tracker

Bungkam Barito Putera 1-2, PSM Makassar Kembali ke Jalur Kemenangan

Juku Eja naik ke posisi 9 klasemen sementara

Makassar, IDN Times - PSM Makassaar akhirnya bisa kembali ke jalur kemenangan. Mereka menekuk Barito Putera dengan skor tipis 1-2 saat saling jajal di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, pada Jumat malam (28/1/2022).

Dari susunan tim Barito Putera, Rahmad Darmawan merotasi susunan tim. Luthfi Kamal, Beni Oktovianto, Muhammad Firli dipasang sebagai starter setelah dicadangkan pada laga pekan sebelumnya.

Hal sama juga dilakukan oleh PSM. Zulkifli Syukur menggeser Dallen Doke di pos bek kiri. Sedangkan Anco Jansen dan Ferdinand Sinaga duduk di bench. Ilham Udin Armaiyn serta Prince Patrick Kallon lengkapi skema trisula lini depan.

Babak pertama berjalan seru. Meski lebih banyak tertekan, PSM justru bisa membuka keunggulan lebih dulu di menit ke-13. Yakob Sayuri mengakhiri serangan balik cepat dengan gol ke gawang Barito yang dikawal Muhammad Riyandi.

Sepuluh menit berselang, Juku Eja bisa menambah gol. Bola crossing kiriman Zulkifli Syukur bisa disambut Wiljan Pluim dengan kepalanya. Sundulan playmaker asal Belanda itu tak mampu dijangkau Riyandi yang sudah bergerak maju.

Barito Putera tak tinggal diam. Pada menit ke-27, gelandang Bruno Matos mengirim umpan silang akurat ke tiang jauh gawang Hilman Syah. Rafael Silva langsung menyocor bola meski berada di sudut sempit. Bola sepakannya getarkan jala gawang Hilman Syah tanpa bisa dicegah.

Seolah terpacu, pertahanan Laskar Antasari lebih disiplin di 15 menit akhir babak pertama. Bruno Matos juga tak henti mengirim umpan terobosan ke sektor depan, tapi serangan mereka kerap patah dalam kotak penalti. Skor 1-2 tak berubah hingga masuk masa turun minum.

Masuk babak kedua, Juku Eja mulai berani ladeni permainan terbuka. Manfaatkan lebar lapangan, mereka membangun serangan lewat skema kaki ke kaki. Sedangkan Barito menaikkan garis pertahanan, menerapkan taktik pressing.

Menit ke-52, PSM mengirim counter attack di sisi kiri lapangan lewat Yakob Sayuri. Sepakan winger asal Biak tersebut bisa ditepis oleh Riyandi. Kiper 22 tahun itu kembali berjibaku dengan menutup ruang tembak Wiljan Pluim saat laga berusia 62 menit.

Masuk 72 menit, Pluim lagi-lagi repotkan barisan pertahanan lawan. Umpan mendatarnya langsung disambut Ilham Udin yang lolos dari perangkap offside. Sayang, sepakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Barito.

Pada pengujung waktu normal, giliran Barito yang mengurus pertahanan PSM. Salah satu peluang emas didapat Bruno Matos di menit ke-89. Beruntung, tendangan bebasnya bisa dibaca oleh Hilman Syah.

Tak ada gol tanbahan hingga peluit panjang ditiup Rully Ruslan Tambutina. Laga pekan ke-21 BRI Liga 2021/22 ini berakhir dengan skor 1-2. PSM naik ke peringkat 9 klasemen sementara dengan koleksi 27 poin. Sedangkan Bayu Pradana dkk masih terbenam di posisi 17 alias zona degradasi.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Barito Putera (4-3-3)

Muhammad Riyandi (GK); Bagas Kaffa, Muhammad Firli, Kim Jin-sung, Saddam Gaffar; Bayu Pradana (Yuswanto Aditya, 90'), Luthfi Kamal Baharsyah (Raphael Maitimo, 80'), Bruno Matos; Beni Oktovianto (Rahmat Beri Santoso, 90') Guy Junior (Buyung Ismu Lessy, 71'), Rafael Silva

PSM Makassar (4-3-3)

Hilman Syah (GK); Zulkifli Syukir, Ganjar Mukti, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman; Muhammad Arfan, Delvin Rumbino (Rizky Eka Pratama, 70'), Wiljan Pluim; Prince Patrick Kallon (M. Rafli Asrul, 54'), Ilham Udin Armaiyn (Ferdinand Sinaga, 86'), Yakob Sayuri

Baca Juga: 5 Duel Terakhir Barito Putera Vs PSM, Siapa Unggul?

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya