Tiga Daerah di Sulsel Jadi Prioritas Distribusi Awal Vaksin COVID-19

Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Maros jadi prioritas

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, hari ini Selasa, (12/1/2021), mulai mendistribusikan vaksin COVID-19. Vaksin produksi Sinovac Biotech yang dikirim PT Bio Farma, sementara difokuskan ke tiga daerah di Sulsel. Masing-masing, Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Gowa.

"Jadi kita coba dulu yang penyangga terdekat (dari Makassar), karena memudahkan kita mendistribusikan dengan maksimal," kata Ketua Tim Vaksin COVID-19 Dinas Kesehatan Sulsel, dr Nurul kepada jurnalis saat ditemui, Selasa siang.

1. Dari total 32 ribu vaksin di Sulsel, Makassar penerima terbanyak

Tiga Daerah di Sulsel Jadi Prioritas Distribusi Awal Vaksin COVID-19ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Nurul mengatakan, Kota Makassar menjadi daerah dengan penerima vaksin terbanyak untuk tahap 1, termin 1 bulan Januari, dibandingkan dengan 24 kabupaten dan kota lainnya di Sulsel, menyusul Gowa 4.080 dosis dan Maros 3.640 dosis.

Menurut Nurul, dua daerah penyangga  ini nyaris mengikuti Kota Makassar dengan tingkat penularan virus yang cukup masif. "Makanya ini menjadi fokus utama kita karena penyebaran angka kasus terbanyak," ungkap Nurul.

2. Vaksin disebar ke puskesmas masing-masing wilayah di tiga daerah prioritas

Tiga Daerah di Sulsel Jadi Prioritas Distribusi Awal Vaksin COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Distribusi vaksin dari Dinkes Sulsel diteruskan ke Dinkes Kabupaten dan Kota lainnya sebelum disebar di berbagai puskesmas di wilayah masing-masing. "Ini hampir sama dengan distribusi vaksin reguler. Tinggal kita mengaturnya karena ini kan ada juga pengawalan ketat dari kepolisian," jelasnya.

Vaksin tahap pertama ini, lanjut Nurul, diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan SDMK yang tersebar di tiga daerah ini. "Itu sudah kita atur semua dengan pola pendistribusiannya. Kita sesuaikan dengan kebijakan (pemerintah) pusat untuk fase berikutnya," ucap Nurul.

Dinkes Sulsel mencatat total nakes dan target sasaran SDMK penerima vaksin di Makassar, punya angka sama. Masing-masing 15.840. Sementara di Gowa, mencapai 2.033 dan Maros 1.805. Khusus untuk pejabat penerima vaksin, tiga daerah itu menyodorokan 10 orang di tahap pertama ini.

Baca Juga: Tiba, Vaksin COVID-19 Disimpan di Ruang Dingin Dinkes Sulsel

3. Daerah penerima dosis vaksin terendah di Sulsel adalah Kabupaten Barru

Tiga Daerah di Sulsel Jadi Prioritas Distribusi Awal Vaksin COVID-19Vaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Lebih lanjut kata Nurul, daerah lain bakal menerima pendistribusian vaksin tahap 1 termin 2, pada bulan Februari. Dari 21 daerah yang tersisa, Kabupaten Barru tercatat paling sedikit menerima dosis vaksin dibandingkan dengan daerah lainnya di Sulsel. Totalnya, mencapai 3.040.

Dinkes mengakumulasi, alokasi distribusi vaksin di Sulsel dalam dua tahap, Januari dan Februari, mencapai 119.000. Pejabat penerima vaksin 24 kabupaten dan kota mencapai 250 orang, SDMK mencapai 59.218 dan nakes mencapai 58.858.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Siap Jadi Penerima Vaksin COVID-19 Pertama di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya