Comscore Tracker

Ribuan APD Medis Dikirim ke Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulsel 

Selain Sulsel, APD juga didistribusikan ke Sulbar dan Sultra

Makassar, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai mendistribusikan ribuan set alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di sejumlah rumah sakit rujukan pasien kasus virus corona (COVID-19) di wilayah Sulawesi Selatan.

Pendistribusian 2.000 lembar APD berupa Disposable Protective Coverall (DPC) sejenis hazmat, dipimpin langsung Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka di halaman Rumah Sakit Pelamonia, Makassar, Rabu (25/3).

"DPC diperuntukkan untuk seluruh tenaga medis yang bertugas dalam penanganan Covid-19 yang saat ini sedang mewabah," kata Sumangerukka dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu petang.

1. Daftar rumah sakit rujukan virus corona di Sulsel yang mendapat bantuan APD

Ribuan APD Medis Dikirim ke Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulsel Distribusi APD medis di RS Pelamonia Makassar. IDN Times/Kodam XIV Hasanuddin

Ribuan APD tersalurkan langsung ke 10 rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Masing-masing, RS Pelamonia 500 lembar, RS Wahidin Sudirohusodo 250 lembar, RS Bhayangkara 100 lembar, RSUD Salewangang Maros 100 lembar, RS Unhas 50 lembar, RS Tajuddin Chalid 50 lembar, RS Labuang Baji 50 lembar, RS Sinjai 50 lembar, RS Lakipadada Toraja 50 lembar, RS Andi Makkasau Parepare 50 lembar, RS Bone 50 lembar.

Beberapa di antaranya, tersalurkan di RSUD Mamuju Sulawesi Barat sebanyak 100 lembar dan RS Bahteramas Kendari, Sulawesi Tenggara sebanyak 100 lembar. Sementara untuk persediaan cadangan, disimpan di Gudang Kesdam Hasanuddin sebanyak 250 lembar dan Gudang Dinas Kesehatan Sulsel sebanyak 150 lembar.

2. Tenaga medis sebagai garda terdepan dalam menangani pasien COVID-19

Ribuan APD Medis Dikirim ke Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulsel Distribusi APD medis di RS Pelamonia Makassar. IDN Times/Kodam XIV Hasanuddin

Pangdam Hasanuddin mengatakan, APD ini dapat membantu para petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan virus corona di Sulsel. "Karena salah satu tantangan, baik dari para petugas kita adalah memastikan mereka tidak terpapar dan alat-alat ini menjadi sangat penting," kata Sumangerukka.

APD menurut Sumangerukka, merupakan kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai potensi bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan tenaga medis sendiri maupun orang yang ada di sekelilingnya.

"Oleh karena itu manfaatkan dengan baik APD ini khususnya para petugas medis," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Video Dokter di Makassar Kekurangan APD Tangani Pasien Corona

3. Pangdam Hasanuddin imbau seluruh pihak agar tidak saling menyalahkan

Ribuan APD Medis Dikirim ke Rumah Sakit Rujukan Corona di Sulsel Distribusi APD medis di RS Pelamonia Makassar. IDN Times/Kodam XIV Hasanuddin

Sumangerukka berharap, agar seluruh pihak tidak saling menyalahkan dalam menyikapi keterlambatan pendistribusian APD sebelumnya. Jenderal bintang dua itu meminta agar masyarakat untuk sama-sama berdoa agar wabah virus corona ini bisa terselesaikan.

"Mari kita berbuat yang terbaik untuk bangsa ini dan sama-sama berdoa agar masalah ini cepat selesai sehingga masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti semula," ungkap Sumangerukka.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Kasus Virus Corona di Sulawesi Selatan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya