Comscore Tracker

Persiapan Kompetisi 2020, PSM Makassar Perkenalkan 8 Pemain Anyar

Tiga di antaranya kembali setelah masa peminjaman berakhir

Makassar, IDN Times - Manajemen PSM Makassar memperkenalkan secara resmi delapan pemain anyar yang bergabung dalam tim Juku Eja, untuk persiapan mengarungi musim kompetisi Liga Indonesia 2020. Tiga orang di antaranya, merupakan pemain yang kembali ke dalam tim setelah masa pinjamannya ke klub lain berakhir.

Kedelapan pemain baru tersebut masing-masing adalah, Osas Saha, Giancarlo Lopes Rodriguez, Ahmad Agung, Miswar Saputra, Leo Guntara, Zulkifli Syukur, Wasyiat Hasbullah, dan M Syaiful. "Musim ini (2020) kita memang sangat membutuhkan energi yang lebih banyak, lebih lengkap untuk tim yang betul-betul utuh," kata CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, Rabu (8/1).

1. Munafri mengaku enggan mengulangi kesalahan di kompetisi tahun-tahun sebelumnya

Persiapan Kompetisi 2020, PSM Makassar Perkenalkan 8 Pemain AnyarCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin dan pelatih kepala Bojan Hodak didampingi sejumlah pemain / Sahrul Ramadan

Munafri mengungkapkan, memanfaatkan sisa waktu yang tidak cukup panjang untuk melengkapi semua kebutuhan tim. Kesiapan materi pemain dalam tim, menurut Munafri, sangat penting agar seluruh komponen tim yang sebelumnya kurang, bisa terpenuhi.

Menurutnya, musim kompetisi tahun ini akan jauh lebih sengit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kekhawatiran tersebut memicu sekaligus mengharuskan manajemen untuk sigap dalam melakukan persiapan secara teknis.

"Kita sudah menjadikan pengalaman tahun lalu menjadi pelajaran sangat berharga buat kita semua. Terutama kesiapan dan kesigapan seluruh pemain yang ada," ujar pria yang akrab disapa Appi.

Komposisi tim yang ada saat ini, diharapkan Munafri, bisa memberikan yang terbaik sesuai dengan ambisi PSM untuk meraih hasil terbaik dan prestasi di semua ajang yang bakal diikuti. Khususnya, gelar juara kompetisi resmi Liga Indonesia 2020.

2. Pemain yang didatangkan bukan murni pilihan pelatih kepala

Persiapan Kompetisi 2020, PSM Makassar Perkenalkan 8 Pemain AnyarCEO PSM Makassar Munafri Arifuddin dan pelatih kepala Bojan Hodak didampingi sejumlah pemain / Sahrul Ramadan

Munafri mengakui bahwa beberapa di antara pemain yang didatangkan bukan murni merupakan pilihan dan hasil seleksi pelatih kepala Bojan Hodak, namun berdasarkan hasil pembahasan dalam internal manajemen dan tim kepelatihan. Dijelaskan Munafri, pemain yang direkrut telah sesuai dengan kapasitas dan pertimbangan sehingga dinyatakan layak untuk bergabung.

"Setelah saya berdiskusi dengan pelatih saya menyampaikan kepada dia (Bojan) posisi-posisi apa yang dibutuhkan. Kemudian kita bahas dan akhirnya disepakati bahwa ini yang kita akan ambil. Dan memang ternyata mereka bisa untuk isi posisi itu," ucapnya.

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (1)

3. Pemain yang baru bergabung terikat kontrak satu sampai dengan dua tahun

Persiapan Kompetisi 2020, PSM Makassar Perkenalkan 8 Pemain AnyarManajemen memperkenalkan pemain yang resmi memperkuat PSM Makassar musim 2020 / Sahrul Ramadan

Lebih lanjut disebutkan Munafri, seluruh pemain baru yang bergabung saat ini terikat durasi kontrak satu hingga dua tahun ke depan. Artinya, pemain ini dalam dua musim akan berseragam Juku Eja.

PSM Makassar di musim ini merombak beberapa posisi yang sebelumnya dianggap tidak sesuai dengan ekspektasi tim. Khusus sektor depan dan belakang, merupakan bagian paling genting untuk diperbaiki.

Masuknya Osas Saha setelah melepas kostum Persija Jakarta, serta Giancarlo Lopes Rodriguez usai meninggalkan PKNP atau Perak FA II Malaysia, di lini serang pasukan Ramang, diharapkan Munafri akan menambah daya gedor dalam setiap pertandingan yang dihadapi.

Begitu pun dengan Ahmad Agung yang didatangkan dari Bali United, Leo Guntara dari Semen Padang FC dan Miswar Saputra eks Persebaya Surabaya, juga diharapkan Munafri dapat memberikan kontribusi maksimal di dalam tim.

Sementara Syaiful, Wasyiat Hasbullah dan pemain senior Zulkifli Syukur, dilanjutkan Munafri, juga diharapkan mampu mempersembahkan yang terbaik untuk tim yang telah membesarkan namanya di kancah sepak bola nasional.

Baca Juga: Kilas Balik Perjalanan PSM Makassar Sepanjang 2019 (Bagian 1)

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya