Nekat! Dua Pemuda di Sulsel Retas Akun WhatsApp Kapolsek untuk Menipu

Korban dikelabui hingga mau serahkan OTP Whatsapp ke pelaku

Makassar, IDN Times - Dua pemuda asal Kabupaten Luwu Utara dan Kota Palopo, nekat meretas akun Whatsapp Mappahairul, Kapolsek Duapitue, Kabupaten Sidrap di Sulawesi Selatan. Pelaku IR (25) dan MK (18) menggunakan nomor WA retasan untuk berbuat kejahatan.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Benny Pornika mengatakan, dua pelaku mengambil alih akun WA Kapolsek Duapitue dengan modus pengelabuan. "Dengan cara mengambil alih akun WhatsApp milik korbannya," kata Benny dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Selasa (26/1/2021) malam.

1. Pelaku mengelabui Kapolsek lewat chat messenger Facebook

Nekat! Dua Pemuda di Sulsel Retas Akun WhatsApp Kapolsek untuk MenipuIlustrasi (IDN Times/Helmi Shemi)

Benny menjelaskan, pelaku mengelabui Kapolsek dengan modus chat messenger di Facebook pada Jumat, 22 Januari lalu, sekitar pukul 21.00 WITA.

Saat itu, jelas Benny, korban menerima pesan chat dari akun Facebook bernama ANAS TASYAI TASYAI. Dengan akun itu, pelaku membujuk korban untuk memberikan kode OTP atau One Times Password yang masuk ke nomor pribadi korban.

"Kode OTP yang masuk melalui SMS pada HP milik korban. Setelah korban mengirimkan kode OTP, tiba-tiba akun WhatsApp miliknya sudah tidak bisa digunakan (logout)," ujar Benny.

2. Korban tersadar akun WhatsApp-nya diretas setelah menerima informasi dari keluarga

Nekat! Dua Pemuda di Sulsel Retas Akun WhatsApp Kapolsek untuk MenipuIlustrasi aplikasi Whatsapp. Twitter.com/WhatsApp

Beberapa jam kemudian, lanjut Benny, korban baru menyadari ada kejanggalan setelah mendapat telepon dari keluarga dan rekannya. "Ada yang menghubungi korban melalui telepon dan menyampaikan bahwa apakah benar dirinya meminta pinjaman sejumlah uang dan pulsa melalui akun WhatsApp," ucap Benny.

Setelah itu, korban mengumumkan bahwa akun WA-nya diretas. Hal itu dilakukan agar tidak ada orang lain yang tertipu oleh aksi pelaku yang mengatasnamakan Kapolsek.

Baca Juga: Pos Polisi di Makassar Diserang, Pelaku Teridentifikasi lewat CCTV

3. Dua pelaku ditangkap bersama barang bukti handphone yang digunakan untuk menipu

Nekat! Dua Pemuda di Sulsel Retas Akun WhatsApp Kapolsek untuk MenipuIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Petugas berhasil meringkus dua peretas akun Whatsapp Kapolsek Duapitue pada Minggu, 24 Januari. Keduanya ditangkap bersama dengan barang bukti tiga unit handphone yang diduga digunakan untuk mengerjai korban di medsos. Saat ini, polisi masih menelusuri siapa saja yang tertipu oleh para pelaku.

"Selain korban di atas, masih terdapat beberapa korban lainnya, baik yang berada di Sidrap maupun dari kabupaten lainnya," ungkap Benny.

Saat ini, lanjut Benny, kedua pelaku masih diperiksa lebih lanjut. Polisi masih akan mengembangkan kasus ini. Termasuk menyelidiki apakah kedua pelaku terlibat dalam jaringan tipu-tipu online.

Baca Juga: ACC Desak Polda Sulsel Ungkap Dugaan Korupsi Bansos COVID-19 Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya