Comscore Tracker

Legislator PAN di Sulsel Bangun Tembok Tutupi Rumah Belajar Al Quran

PAN akan minta klarifikasi AM, kader sekaligus anggota DPRD

Makassar, IDN Times - Pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan, akan memeriksa AM, kader sekaligus anggota DPRD Kabupaten Pangkep, yang disebut-sebut membangun tembok hingga menutup akses ke rumah belajar Al Quran.

Rumah tahfiz Al Quran tersebut berlokasi di Jalan Ance Daeng Ngoyo, RT 2, RW 5, Kelurahan Masale, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Selain rumah belajar Al Quran, tembok yang dibangun AM juga berdiri di atas jalan setapak sekaligus fasilitas umum.

"Insyallah, besok (Sabtu, 24 Juli 2021) kami klarifikasi ke beliau di Makassar," kata Sekertaris PAN Sulsel Abdul Rauf kepada jurnalis saat dihubungi, Jumat (23/7/2021).

1. PAN Sulsel sayangkan sikap kadernya

Legislator PAN di Sulsel Bangun Tembok Tutupi Rumah Belajar Al QuranTembok yang menutupi rumah tahfidz di Makassar, Sulawesi Selatan. Dok. IDN Times/Humas Polsek Panakkukang

Abdul Rauf menyayangkan sikap kadernya yang sedang ramai disorot. Hanya saja kata Rauf, partainya lebih dulu akan memintai penjelesan AM agar diketahui jelas pokok persoalan yang sebenarnya terjadi. 

"Jelas (sikap) ini tidak baik. Masa fasilitas umum mau ditutup intinya disitu, tapi besok lah beliau klarifikasi karena kita juga tidak pernah lihat itu rumah apalagi sudah ramai, sudah viral juga ini di Pangkep," ucap Rauf.

2. Tidak sepantasnya anggota DPRD kader PAN berbuat seperti itu

Legislator PAN di Sulsel Bangun Tembok Tutupi Rumah Belajar Al QuranIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Abdul Rauf mengaku, banyak menerima laporan mengenai kejadian itu. Laporan itu pula kata Rauf yang membuat pengurus daerah PAN Sulsel murka. Rauf menilai, kader PAN tidak layak berbuat sewenang-wenang. 

"Terus terang saja dari DPP (PAN) marah. Tidak sepantasnya anggota DPR begitu dari PAN tetapi tetap saya bilang Insyallah besok kami akan klarifikasi," imbuh mantan Ketua PAN Pangkep ini. 

3. Tembok berdiri di atas fasum

Legislator PAN di Sulsel Bangun Tembok Tutupi Rumah Belajar Al QuranTembok yang menutupi rumah tahfidz di Makassar, Sulawesi Selatan. Dok. IDN Times/Humas Polsek Panakkukang

Sebelumnya, warga dibuat resah dengan keberadaan tembok sekaligus pagar pembatas yang menutup akses jalan di lokasi setempat. Penutupan juga berdampak ke pintu belakang rumah tahfiz Al Quran di Makassar. 

"Alasannya dia (AM) tutup (pagar tembok) karena ini anak-anak tahfiz ribut katanya sering mengaji di sini," kata Ketua RW 5, Abdul Azis kepada jurnalis saat ditemui di lokasi, Jumat siang.

Warga menyayangkan karena pagar tembok yang dibangun berdiri di jalan umum atau fasum. "Anak-anak tahfiz sering lewat kalau ke masjid salat ashar, lewat sini juga sering kalau belajar ngaji di sini sambil main," jelas Azis.

Baca Juga: Miris, Akses Santri Rumah Tahfiz Al-Quran di Makassar Ditutup Tembok

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya