JPK Sulsel Distribusikan APD ke 21 Puskesmas Zona Merah di Makassar

Jurnalis Peduli Kemanusiaan aktif menggalang donasi

Makassar, IDN Times - Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan kembali membagikan ratusan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan. Koordinator JPK Sulsel, Darwin Fatir mengatakan, Kamis (16/4) kemarin, ratusan APD disebar ke puluhan puskesmas yang masuk dalam zona merah penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di Makassar. Di antaranya, Kecamatan Rappocini, Panakkukang, Manggala, Tamalate dan Biringkanaya.

"APD yang tersalurkan ke 21 puskesmas yang masuk dalam zona merah di lima kecamatan. Total yang tersalurkan kemarin ada 100 set APD," kata Darwin kepada IDN Times, Jumat (17/4).

1. Sebaran wabah virus corona di Makassar semakin meningkat

JPK Sulsel Distribusikan APD ke 21 Puskesmas Zona Merah di MakassarPj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. Humas Pemkot Makassar

APD tersebut disalurkan secara bertahap sejak para donantur mengirim ke posko JPK di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jalan Toddopuli IIV, Manggala, Makassar, akhir Maret 2020 lalu. Pendistribusian APD kemarin, kata Darwin, merupakan tahap kedua. Tahap pertama, pada Kamis (9/4) lalu, JPK mendistribusikan 31 set APD ke 11 puskesmas di enam kecamatan berbeda di Kota Makassar.

"Kami melihat penyebaran virus korona semakin meningkat. Hal ini terlihat dari hasil pemetaan lima kecamatan yang masuk zona merah, sehingga diputuskan menambah distribusi APD bagi tenaga medis di puskesmas tersebut," ujar Darwin.

2. Distribusi APD diperoleh dari sumbangan berbagai donatur

JPK Sulsel Distribusikan APD ke 21 Puskesmas Zona Merah di MakassarJPK Sulsel distribusi APD ke sejumlah puskesmas di Makassar. IDN Times/JPK Sulsel

Kata Darwin, seluruh APD yang didistribusikan merupakan donasi dari para donatur. Termasuk jejaring jurnalis yang tergabung dalam JPK. Mulai dari individu, pemerhati kemanusiaan, lembaga independen dan pihak swasta yang tersebar di berbagai daerah di Sulsel hingga luar Sulsel.

APD umumnya didistribusikan ke tenaga medis yang bertugas di puskesmas. Mengingat, puskesmas merupakan tingkatan pertama penanganan pemeriksaan pasien sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan lanjutan.

APD didistribusi berupa pakaian hazmat, kaos tangan, dan masker. "Kami sangat berterima kasih atas seluruh bantuan yang diberikan termasuk mempercayakan JPK dalam menyalurkan APD ini bagi tenaga medis kita di lapangan," imbuh inisiator gerakan JPK Abho Stanley.

Baca Juga: Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulsel Salurkan Bantuan APD ke Puskesmas  

3. Distribusi APD JPK mendapat apresiasi dari pemerintah

JPK Sulsel Distribusikan APD ke 21 Puskesmas Zona Merah di MakassarJPK Sulsel distribusi APD di sejumlah puskesmas di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Selain puskesmas, lanjut Darwin, APD juga disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan penanganan pasien corona di Kota Makassar. Salah satu di antaranya adalah Rumah Sakit Stella Maris. Distribusi mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Makassar.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengatakan gerakan kemanusiaan ini sebagai bentuk keprihatinan jurnalis terhadap tenaga medis yang bertugas di lapangan.

Jika solidaritas ini tetap terjalin menurut Iqbal, upaya untuk memutus mata rantai penyebaran corona di Sulsel khususnya di Makassar, bisa teratasi. Pemerintah secara umum kata Iqbal, berterima kasih atas peran jurnalis dalam membantu tenaga medis.

"Sangat membantu sekali. Pemberian ini sangat membanggakan dan sangat mengharukan mengingat memang kami saat ini terutama para tenaga kesehatan sangat membutuhkan namanya APD dan peralatan lainnya. Semoga saja apa yang dilakukan itu mendapat berkah dan Allah SWT membalasnya," ucap Iqbal sebelumnya.

Baca Juga: Jurnalis Makassar Galang Donasi untuk APD Tenaga Medis COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya