Cegah Corona, Mahasiswa UMI Demo Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri

Bahan-bahannya mudah didapatkan

Makassar, IDN Times - Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia (PTK), Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia Makassar berinisiatif membuat cairan pencuci tangan atau hand sanitizer secara mandiri. Cara pembuatannya didemonstrasikan di Laboratorium PTK FTI Umi, Kamis (12/3).

Kepala Laboratorium PTK FTI UMI Rismawati Rasyid mengatakan, inisiatif pembuatan hand sanitizer sebagai respons atas langkanya produk serupa di pasaran. Harapannya, masyarakat turut bisa membuat sendiri hand sanitizer di rumah sebagai upaya mencegah penularan virus berbahaya seperti COVID-19.

"Itu motivasi kami, supaya masyarakat bisa memproduksi sendiri. Karena bahannya itu sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan," kata Rismawati di sela demo pembuatan hand sanitizer di Laboratorium PTK FTI UMI, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (12/3).

Baca Juga: Berguna saat Darurat, DIY Bikin Hand Sanitizer dan Tisu Basah Sendiri

1. Bahan baku hand sanitizer mudah didapatkan, ini cara membuatnya

Cegah Corona, Mahasiswa UMI Demo Cara Bikin Hand Sanitizer SendiriHand Sanitizer buatan mahasiswa PTK UMI. IDN Times/Sahrul Ramadan

Rismawati mengatakan, bahan dasar pembutan hand sanitizer alami ini sebenarnya sangat mudah didapatkan masyarakat di pasaran. Selain alkohol, bahan lain yang diformulasi dalam pembuatan ini antara lain, gel lidah buaya, minyak ekstraksi atau essential oil, serta kulit jeruk.

Hand sanitizer yang dibuat mandiri, kata dia, berfungsi sama seperti produk cairan cuci tangan lain umumnya. Karena menggunakan alkohol dengan kadar 70 persen, cairan ini berfungsi sebagai antiseptik.

"Aloe vera atau gel lidah buaya sebagai pelembut kulit agar tidak terjadi iritasi dan ditambahkan dengan essential oil sebagai pewanginya," ujar Rismawati.

Rismawati menyebut cara pembuatannya cukup mudah. Pertama-tama, kamu perlu mencampurkan gel lidah buaya dengan minimal tiga gelas mini cairan alkohol 70 persen. Setelah itu diaduk selama 15 menit.

Larutan yang sudah berbaur di dalam wadah, didiamkan sejenak atau sekitar lima menit. Setelah itu  dicampurkan essential oil atau esktrak kulit jeruk sebagai pewanginya. Hand sanitizer pun siap digunakan.

2. Masyarakat tidak perlu cemas jika stok hand sanitizer langka

Cegah Corona, Mahasiswa UMI Demo Cara Bikin Hand Sanitizer SendiriHand Sanitizer buatan mahasiswa PTK UMI. IDN Times/Sahrul Ramadan

Rahmawati mengungkapkan, pembuatan hand sanitizer secara mandiri merujuk pada sejumlah literatur penelitian ilmiah yang diterbitkan berbagai sumber. Pihaknya, secara teknis hanya berupaya mengembangkan ramuan pencuci tangan ini.

Dengan bahan alami yang mudah didapatkan, masyarakat bisa membuat sendiri cairan pencuci tangan di rumah. Masyarakat tidak perlu khawatir atau cemas jika stok produk hand sanitizer mulai langka di pasaran.

"Ini penelitan sebelumnya sudah ada. Dan sudah didemonstrasikan beberapa orang, tapi kita menggunakan variabel terbaru. Misalnya kulit jeruk kita gunakan sebagai pengganti essential oil, sebagai pewanginya," Rahmawati menerangkan.

3. Hand sanitizer buatan sendiri digunakan di kalangan mahasiswa FTI UMI

Cegah Corona, Mahasiswa UMI Demo Cara Bikin Hand Sanitizer SendiriHand Sanitizer buatan mahasiswa PTK UMI. IDN Times/Sahrul Ramadan

Cairan pencuci tangan yang diproduksi sendiri, untuk sementara digunakan untuk mahasiswa di lingkup FTI UMI. Stok produksinya juga dibatasi sesuai kebutuhan sehari-hari. Setidaknya, pembuatan secara mandiri bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa pencuci tangan cukup mudah dibuat sendiri.

Di FTI UMI, hand sanitizer akan dipajang di sejumlah lokasi. Khususnya di depan ruang-ruang kelas agar lebih mudah diakses mahasiswa setelah melakukan beragam aktivitas di dalam kampus.

"Sementara hanya mahasiwa FTI dulu. Ini juga sebagai bahan untuk mengingatkan agar setelah beraktivitas penting untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan agar terhindar dari virus-virus," ucap Rahmawati.

Baca Juga: Berdurasi 20-an Detik, Ini 10 Lagu yang Pas untuk Cuci Tangan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya