2 Menara Pengawas Kemenhub Hangus saat Kebakaran Landa Pamatata

Kebakaran hanguskan area Terminal Pelabuhan Pamatata

Makassar, IDN Times - Kebakaran melanda area terminal Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Api juga menghanguskan menara pengawas Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kebakaran terjadi tepat di area terminal Pelabuhan Pamatata, di Desa Pamatata Kecamatan Bontomatene.

"Enam unit lapak kios terbakar, serta bangunan menara pengawas dua lantai milik Kemenhub," kata Kapolres Selayar, AKBP Taovik Ibnu Subarkah dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (25/11).

Baca Juga: LIPI Temukan Dua Anggrek Baru, Salah Satunya di Sulawesi Selatan

1. Petugas sempat kewalahan menjangkau sumber api

2 Menara Pengawas Kemenhub Hangus saat Kebakaran Landa PamatataKebakaran di area terminal Pelabuhan Pamatata Selayar, Sabtu (23/11) / Polres Selayar

Peristiwa kebakaran terjadi pada Sabtu (23/11) sekitar pukul 20.30 WITA. Mendapatkan Laporan kejadian, Taovik langsung memerintahkan anggotanya dan meminta bantuan Pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Selayar.

Jarak yang cukup jauh membuat petugas sempat kewalahan untuk menjangkau titik atau sumber kebakaran. "Mengingat jarak yang cukup jauh dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam," ujarnya.

2. Warga dan petugas setempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya

2 Menara Pengawas Kemenhub Hangus saat Kebakaran Landa PamatataKebakaran di area terminal Pelabuhan Pamatata, Selayar, Sabtu (23/11) / Polres Selayar

Saat kebakaran terjadi, kobaran api sempat membuat warga dan petugas berjibaku bersama-sama untuk memadamkan api. Namun, dengan ketersediaan perlengkapan seadanya, api yang begitu cepat berkobar menghanguskan sebagian besar isi bangunan yang tersisa.

3. Belum diketahui jelas, penyebab terjadinya kebakaran

2 Menara Pengawas Kemenhub Hangus saat Kebakaran Landa PamatataKebakaran di area terminal Pelabuhan Pamatata, Selayar, Sabtu (23/11) / Polres Selayar

Tiga unit armada damkar diterjunkan untuk menanggulangi kebakaran itu. Api perlahan bisa dipadamkan hari itu juga, sekitar 22.30 WITA. Olah tempat kejadian perkara (TKP) juga masih sementara dilakukan pihak kepolisian untuk memastikan penyebab kebakaran terjadi.

"Namun berdasarkan keterangan saksi warga, diduga penyebab kebakaran akibat adanya kebocoran kompor gas. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ungkapnya.

Baca Juga: 20 Ruko di Rappocini Makassar Terbakar

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya