Comscore Tracker

Sosok Mistis Perempuan Berbaju Merah di Tanjakan Karamaka Jeneponto

Di sekitar tanjakan terdapat sebuah kuburan besar

Jeneponto, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di jalan raya, kerap dikait-kaitkan dengan cerita mistis di baliknya. Seperti yang kerap terjadi di salah satu tanjakan berputar di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Muncul anggapan bahwa jalan di sekitar lokasi itu dihuni makhluk tak kasat mata.

Menurut cerita masyarakat di Jeneponto, sejumlah pengendara yang melintas di tanjakan tersebut acap kali mengalami kejadian aneh, seperti rem yang tiba-tiba blong, mesin tiba-tiba mati, dilempari batu, bahkan ada yang melihat sosok aneh.

Lokasi jalan yang terkenal angker itu bernama tanjakan Karamaka, tepatnya di Kecamatan Bangkala. Masyarakat di sana konon sudah terbiasa melihat kemunculan makhluk astral. Seperti yang dituturkan Nur Aeni, yang tinggal di sekitar tanjakan Karama.

Ditemui IDN Times pada Sabtu, 26 September 2020 kemarin, Nur mengungkap keanehan-keanehan di tanjakan Karama Jeneponto. Sepeti apa kisahnya? keep scrolling.

1. Sejarah dan cerita makhluk astral

Sosok Mistis Perempuan Berbaju Merah di Tanjakan Karamaka JenepontoTurunan Karamaka, Kec. Bangkala. IDN Times/Muizzu Khaidir

Tanjakan Karama terletak di area perbukitan. Di sekitar lokasi, terdapat sebuah kuburan besar yang konon tempat korban kecelakaan dimakamkan. Nur mengatakan, kuburan itu disebut Karamaka, diambil dari nama orang yang mengalami kecelakaan pada saat itu. Hingga kini, kuburan tersebut dikeramatkan warga sekitar.

"Cerita orang dulu katanya kuburan tersebut adalah kuburan orang yang telah kecelakaan dan meninggal dunia. Dia dikuburkan di atas bukit, katanya nama orang meninggal itu Karamaka," kata Nur.

2. Kemunculan hal aneh yang membawa petaka

Sosok Mistis Perempuan Berbaju Merah di Tanjakan Karamaka JenepontoJalan yang bergelombang & turunan, Karamaka. IDN Times/Muizzu Khaidir

Kondisi jalanan yang bergelombang dan berbelok membuat tanjakan Karamaka memang jadi titik rawan kecelakaan. Tetapi bukan hanya itu yang membuat banyaknya angka kecelakaan di tanjakan Karamaka. Nur bilang, penampakan hal-hal aneh membuat pengendara yang melintas kehilangan konsentrasi.

Kata Nur, makhluk halus yang sering menampakkan diri di tanjakan Karamaka ada beberapa jenis. Seperti ular berukuran besar melintasi jalan, perempuan berbaju merah dengan rupa menawan, hingga bola api raksasa yang menggelinding di tanjakan.

"Kemunculan hal-hal tersebut berarti akan ada kejadian. Entahkah sebentar, besok, atau lusa. Saya pernah melihat sendiri perempuan berbaju merah itu, sesaat setelah hilang, terjadilah kecelakaan antara pengendara motor," jelas wanita kelahiran 1971 itu.

3. Menakuti pengendara yang melintas

Sosok Mistis Perempuan Berbaju Merah di Tanjakan Karamaka JenepontoPengendara roda dua yang melintas turunan Karamaka, Jeneponto. IDN Times/Muizzu Khaidir

Rahmat, seorang warga Jeneponto lainnya juga memaparkan pengalaman serupa. Suatu malam ketika melintas di tanjakan Karamaka dari arah Kota Makassar menuju Bulukumba, sesosok pengendara motor mengikutinya dari belakang. 

Namun, hal tak terduga membuat Rahmat kaget bukan kepalang. "Saya melihat dari arah spion, rupanya (wajahnya) datar dan tak berbentuk. Sejak saat itu saya sudah takut melintas pada malam hari," kenang Rahmat.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya