Oktober 2019, ASN Sulsel Naik Pangkat Otomatis!

Uang pensiun juga otomatis masuk rekening pensiunan ASN

Makassar, IDN Times - Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Sulawesi Selatan akan mulai menikmati kenaikan pangkat dan atau pensiun otomatis pada Oktober 2019. Mereka tidak perlu repot lagi mengurus kenaikan pangkat ataupun pensiun.

Kebijakan kenaikan pangkat otomatis tersebut dikeluarkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. "Untuk layanan internal Insya Allah, Bapak Ibu sekalian mulai bulan Oktober nanti kita tidak lagi harus mengurus pangkat," ucap Nurdin Abdullah saat memberi sambutan pada acara penganugerahan tanda kehormatan satya lencana karya satya lingkup Pemprov Sulsel di Ruang Pola Kantor Gubernur, Jumat (16/8).

Baca Juga: BPS: Sektor Informasi Komunikasi Penyumbang Ekonomi Tertinggi Sulsel  

1.Kebijakan serupa juga ditempuh Nurdin di awal menjabat sebagai Bupati Bantaeng

Oktober 2019, ASN Sulsel Naik Pangkat Otomatis!IDN Times/Istimewa

Di bawah kepemimpinannya bersama Andi Sudirman Sulaiman, Nurdin ingin agar pemerintah provinsi mendorong inovasi-inovasi untuk dirasakan bersama. Dengan kebijakan baru itu, ASN tidak perlu lagi menyiapkan dokumen untuk kenaikan pangkat. 

"Jadi bapak ibu tinggal menunggu penyerahan kenaikan pangkat," imbuhnya, seperti dikutip dari situs Antara, Jumat (16/8).

Dia mengaku, kebijakan serupa juga dia tempuh saat di awal menjabat sebagai Bupati Bantaeng. "Saya 10 tahun memimpin daerah sebagai Bupati Bantaeng itu yang pertama saya lakukan, tidak boleh pegawai menghabiskan waktu hanya mondar mandir ke BKD hanya urus pangkat," jelas mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

2. Nurdin: Kita kurangi bertatap muka, semua fokus kerja saja

Oktober 2019, ASN Sulsel Naik Pangkat Otomatis!IDN Times/Didit Hariyadi

Dengan kebijakan tersebut, Nurdin mengharapkan para ASN akan lebih fokus bekerja dan meningkatkan kinerja.

"Kita kurangi bertatap muka, kita semua fokus kerja saja. Fokus kerja, urusan pangkat itu urusan BKD, bukan urusan kita dan kita usahakan. Kenapa ini harus lakukan supaya tidak ada dusta di antara kita," kata alumnus Universitas Jepang itu.

3. Uang pensiun juga otomatis masuk rekening pensiunan ASN

Oktober 2019, ASN Sulsel Naik Pangkat Otomatis!IDN TImes/Ita Malau

Tak hanya soal kenaikan pangkat, Gubernur Nurdin juga mengambil kebijakan yang mempermudah anggaran pensiunan ASN juga otomatis masuk di rekening masing-masing.

"Jadi itulah inovasi-inovasi yang kita bikin, kenapa ini kita lakukan masa pengabdian kita sekian puluhan tahun diakhiri dengan penderitaan terakhir dengan SK ini, SK itu," ujarnya.

Kebijakan tersebut menurut Gubernur sudah ditandatangani dan segera diberlakukan. 

Baca Juga: Nurdin Abdullah Akui Copot Pejabat Pemprov Tanpa Mekanisme

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya