Comscore Tracker

Resep Mie Titi, Kuliner Makassar Favorit Turis

Perpaduan gurihnya mi goreng kering dengan kuah yang kental

Kota Makassar punya banyak ikon kuliner yang digemari masyarakat setempat maupun pendatang. Gak cuma coto Makassar dan sop konro yang sudah sangat populer.

Salah satunya Mie Titi yang sebenarnya termasuk chinese food. Mie Titi merupakan nama warung makan dengan menu utama mie kering. Menu itulah yang sering disebut Mie Titi.

Makanan satu ini sangat menggugah selera. Terbuat dari mie goreng kering yang disirami kuah kental dari campuran maizena dan telur. Biasanya makanan ini disajikan dengan beragam topping, seperti daging ayam, hati, sawi, kubis, daun seledri, dan udang.

Buat kamu yang ingin membuat Mie Titi di rumah, simak resepnya di bawah.

Baca Juga: Resep Sop Konro Gurih dan Nikmat Khas Makasar

1. Asal-usul Mie Titi

Resep Mie Titi, Kuliner Makassar Favorit Turisinstagram.com/anitajoyo

Menurut sejumlah sumber, Mie Titi awalnya dijajakan dengan gerobak sekitar tahun 60-an. Penjualnya orang keturunan Tionghoa bernama Angko Tjao. Biasanya Angko Tjao berjualan di tepi jalan Bali, Makassar.

Ada tiga jenis masakan yang di jual oleh Angko Tjao, yaitu, mie goreng, mie hokkian, dan mie kwantong. Dia sangat memperhatikan pelanggannya, dan punya kebiasaan menyajikan menu berbeda-beda sesuai permintaan.

Konon ada salah satu dari pelanggannya yang selalu memesan mie kwantong, dengan permintaan agar mienya digoreng terpisah dengan kuah serta disajikan dalam kondisi garing.  Padahal mie kwantong yang original sebenarnya penyajiannya sama saja dengan mie pada umumnya.

Dari awalnya hanya ada satu orang yang memesan mie kwantong yang disajikan garing dengan kuah dipisah. Kemudian lambat laun semakin banyak yang meminta hal serupa. Akhirnya Angko Tjao berinisiatif membuka menu baru mie goreng garing dengan kuah kental dipisah yang sekarang di kenal sebagai Mie Titi. 

Nama Titi berasal dari nama anak bungsu dari Angko Tjao yang sering dipanggil Titi (adik) oleh saudara-saudaranya. Kini Mie Titi punya beberapa cabang di Makassar.

2. Bahan-bahan membuat Mie Titi

Resep Mie Titi, Kuliner Makassar Favorit Turispixabay

Bahan-bahan:

500gr mie basah/mie kuning

2 ikat sawi hijau

2 bh dada ayam, potong kotak

2 bh bakso kotak, potong kecil

2 butir telur, kocok lepas

4 siung bawang putih, haluskan

2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Merica bubuk secukupnya

Minyak goreng

3. Cara pembuatan Mie Titi

Resep Mie Titi, Kuliner Makassar Favorit Turismi titi (instagram.com/rm.hongkong)

Pertama, rendam mie dengan air hangat sekitar dua menit, lalu goreng sampai kering. Setelah itu rebus dada ayam sampai matang kemudian simpan air rebusannya. Rebus juga bakso sampai matang, sisihkan.

Langkah selanjutnya, tumis bawang putih yang sudah dihaluskan sampai harum. Masukkan air rebusan ayam, kemudian masukkan bakso ,ayam, dan sawi hijau yang telah dipotong kecil secara berturut-urut.

Berikutnya, masukkan gula, garam dan merica. Lalu masukkan larutan maizena, masak hingga kuah agak mengental. Masukkan pula telur yang sudah dikocok lepas sambil terus diaduk searah jarum jam. Setelah itu Mie Titi siap disajikan.

Resep ini cukup untuk tiga porsi. Perhatikan setiap langkah demi langkah, agar masakan sempurna dengan rasa yang tidak jauh beda dengan Mie Titi asli. Sekarang kamu dapat menikmati menu itu di rumah.

Baca Juga: 5 Kreasi Nugget dari Bahan Lokal, Bisa Pakai Mie Instan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya