Situs Bawaslu Makassar Diretas, Sudah Berlangsung Lama tanpa Pemulihan

Website Bawaslu se-Indonesia juga diretas hacker

Makassar, IDN Times - Website atau situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), diretas atau di-hack. Hal tersebut disebut sudah berlangsung sejak lama.

"Itu (website Bawaslu Makassar) sudah lama tidak bisa diakses, sepertinya sudah berbulan-bulan itu," ungkap Komisioner Bawaslu Kota Makassar, Sri Wahyuningsih, saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Kamis (3/8/2023).

Pihak Bawaslu Kota Makassar tidak tahu pasti website mereka mulai diretas sejak kapan, tapi yang pastinya website dengan alamat https://makassar.bawaslu.go.id hingga kini tidak dapat diakses lagi.

1. Website Bawaslu se-Indonesia juga diretas

Situs Bawaslu Makassar Diretas, Sudah Berlangsung Lama tanpa PemulihanWebsite Bawaslu Makassar diretas atau di-hack. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kata Sri Wahyuningsih, kondisi website yang diretas itu tidak hanya dialami oleh Bawaslu Kota Makassar, tapi hampir semua website Bawaslu se-Indonesia juga mengalami kondisi yang sama.

"Kami tidak tahu juga seperti apa sistem (website), tapi itu (terkoneksi) dengan web (Bawaslu) RI punya. Jadi seluruh website Bawaslu Indonesia begitu," lanjutnya.

Seperti yang terpantau, peretas website atau hacker yang menyebut dirinya str3zz boy was here. Pelaku juga meninggalkan pesan "now you see me, i am back this was not a joke or dream, this is fucking reality sungguh menyenangkan bisa bermain di server kepemerintahan. I am very happy and angry to know about the bad and dark side of the government.

Kemudian di bawahnya tertulis "Cirebon BlackhatGanest SevenStr3zz boyDivoloz Troble MakerCopyright 2021Str3zz Boy".

2. Sri sebut website Bawaslu dipulihkan Bawaslu RI

Situs Bawaslu Makassar Diretas, Sudah Berlangsung Lama tanpa PemulihanKoordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Makassar, Sri Wahyuningsih. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Terkait upaya pemulihan website Bawaslu Makassar, Sri menyebutkan, pihaknya tidak bisa secara teknis, tapi saat ini masih ada upaya dari Bawaslu RI untuk pemulihan.

"Kami kan tidak bisa itu (memperbaiki), jadi itu sedang ditangani Bawaslu RI untuk ada pemulihan website kembali. Karena erornya website ini sudah lama," Sri membeberkan.

Baca Juga: 12 Anggota PPS Temui Bacaleg, Bawaslu Makassar Rekomendasi Pemecatan

3. Warga bisa akses sosial media Bawaslu Makassar

Situs Bawaslu Makassar Diretas, Sudah Berlangsung Lama tanpa PemulihanIlustrasi sosial media. (freepik.com/myriammira)

Sri Wahyuningsih pun menyatakan, warga atau masyarakat yang ingin mengakses dan mengetahui informasi dan kegiatan-kegiatan Bawaslu Kota Makassar agar mengakses sosial media resmi milik Bawaslu.

"Warga bisa melihat media sosial Bawaslu Makassar, itu selalu aktif seperti di akun instagram Bawaslu Makassar ada semua di situ, Facebook juga. Atau yang bertanya bisa menghubung hotline yang tertera di akun sossial media," jelasnya.

Baca Juga: Rakor di Makassar, Bawaslu Singgung Kerawanan Netralitas ASN di Pemilu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya