Polisi Temukan Demonstran di Makassar Pakai Sabu

Pelaku ditangkap saat polisi membubarkan paksa demonstran

Makassar, IDN Times - Polisi menahan seorang mahasiswa yang tergabung dalam sebuah demonstrasi di Makassar, Minggu petang (29/10/2023). Usai dites urinenya, mahasiswa berinisial RY (20) itu ditemukan positif mengonsumsi narkoba.

"Dia mengonsumsi narkoba jenis sabu-sabu sebelum dia ikut demo kemarin itu," kata Kepala Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar AKBP Doli M. Tanjung, Minggu.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bagikan Gerobak Pisang Epe di HUT ke-416 Makassar

1. Polisi menangkap tujuh mahasiswa dari lokasi demo

Polisi Temukan Demonstran di Makassar Pakai SabuKepala Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar AKBP Doli M. Tanjung. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Polisi membubarkan demonstrasi di kawasan fly over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Minggu petang, karena demonstran ngotot melanjutkan aksi hingga malam. Sedangkan izinnya hanya sampai petang.

Saat itu, polisi menangkap tujuh mahasiswa di lokasi demo, yang kemudian dites urine. "Dan dia (RY) positif. Jadi pelaku ini positif metamfetamin yang terkandung pada sabu yang dia pakai itu," ujar AKBP Doli.

2. Nyabu dulu baru ikut demo

Polisi Temukan Demonstran di Makassar Pakai SabuIlustrasi demonstrasi. IDN Times/Prayugo Utomo

Menurut keterangan polisi, mahasiswa RY mengaku memakai sabu sebelum bergabung dengan teman-temannya dalam aksi demonstrasi di Makassar. Sabu, katanya, dibeli melalui sebuah akun di Instagram.

"Pengakuannya begitu, dia konsumsi sabu-sabu di Perumahan Mutiara Jara Kabupaten Gowa. Dia pakai narkoba paket seharga Rp 200 ribu," ucap Doli.

3. Pemakai sabu bakal direhabilitasi

Polisi Temukan Demonstran di Makassar Pakai Sabuilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Doli menyatakan akan menyelidiki lebih lanjut kasus mahasiswa demo usai pakai sabu. Termasuk dari mana barang berasal. Adapun RY akan diserahkan ke tempat rehabilitasi, sesuai aturan untuk pemakai narkoba.

"Makanya untuk pelaku ini sendiri kita akan lakukan rehab sebagaimana penyalahguna sabu. Sedangkan akun instagram tempat RY dapatkan sabu itu akan kita dalami dan kita akan langsung kembangan," katanya.

Baca Juga: Siswa Polisi Asal Papua Bantah Ada Pungli di SPN Batua Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya