Pelaku Penyerangan Busur Panah di Masjid Al Markaz Maros Ditangkap

Motivasi menyerang karena istri diganggu

Makassar, IDN Times - Empat pemuda terduga pelaku penyerangan dan teror busur panah di masjid Al Markaz, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap pihak Polsek Turikale, jajaran Polres Maros, Senin (28/11/2022).

Kapolsek Turikale, Kompol Ridwan Saenong menyebutkan, empat terduga pelaku aksi penyerangan warga dengan busur panah dan pengrusakan fasilitas berupa pos Masjid Al Markaz Kabupaten Maros ini, berinisial WD (18), I (18), HN (24) dan RH (18).

"Empat orang kita amankan ini terkait dengan peristiwa yang terjadi pada kamis malam waktu lalu, para terduga pelaku ini terlibat aksi pengrusakan dan penyerangan di area masjid Al Markaz Maros. Tentu kita proses," ungkap Ridwan saat merilis kasus.

1. Tujuh pelaku, empat ditangkap dan tiga buron

Pelaku Penyerangan Busur Panah di Masjid Al Markaz Maros DitangkapKapolsek Turikale Maros, Kompol Ridwan Saenong saat rilis kasus. (Istimewa)

Diketahui, kasus penyerangan busur panah ke salah seorang warga dan juga aksi pengrusakan pos di Masjid Al Markaz Maros terjadi pada Kamis (24/11/2022) lalu, dan teridentifikasi diduga dilakukan oleh tujuh pelaku yang membawa busur panah.

"Jadi memang yang teridentifikasi ada tujuh orang berdasarkan rekaman video CCTV sekitar lokasi, sekarang baru empat terduga pelaku yang kami amankan sedangkan tiga pelaku lainnya itu masih dalam pengejaran anggota kami," terang Ridwan.

2. Motif penyerangan karena istri diganggu

Pelaku Penyerangan Busur Panah di Masjid Al Markaz Maros DitangkapIlustrasi busur dan anak panah. (Dok. Istimewa)

Polisi menyebutkan, empat terduga pelaku penyerangan merupakan warga Kabupaten Maros dan Kota Makassar. Akibat dari penyerangan dan pengrusakan tersebut, kaca pos pengamanan masjid pecah dan seorang warga jadi korban busur.

"Berdasarkan interogasi, motivasi pelaku melakukan penyerangan karena istri salah satu pelaku WD diganggu seorang berinisial HC. Jadi HC ini kebetulan berada di dekat masjid sehingga dia lari masuk ke pos itu karena dikejar pelaku," jelas Ridwan.

3. Pelaku cari target untuk duel, tapi bawa teman

Pelaku Penyerangan Busur Panah di Masjid Al Markaz Maros DitangkapTangkapan layar rekaman CCTV saat penyerangan di masjid Al Markaz Maros. (Istimewa)

Menurut pengakuan WD, dia mengajak rekannya mencari dan menyerang HC karena melihat pesan digital diduga berisi rayuan yang dikirim HC ke ponsel istri pelaku WD. Hal itulah yang membuat emosi pelaku WD memuncak dan mencari HC.

"Makanya, dari pesan itu pelaku WD dan HC ini janjian untuk duel di area masjid itu. Tapi saat itu ternyata WD mengajak rekan-rekannya untuk menyerang HC sehingga saat itu HC langsung melarikan diri masuk ke pos pengamanan," ujar Ridwan.

Diketahui, kasus pengrusakan dan penyerangan warga di pos pengamanan Masjid Al Markaz Maros ini sempat viral di media sosial, karena video berdurasi pendek yang merekam penyerangan itu tersebar luas di media sosial.

Baca Juga: MUI Makassar Nilai Jihad Membela Diri saat Diserang Busur Panah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya