Curhat Pedagang Pasar di Makassar ke Jokowi: Harga Bawang Naik, Pak!

Pasar diamankan dua hari demi Jokowi, barang dagangan rusak

Makassar, IDN Times - Pedagang Pasar Terong Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyampaikan keluhan kenaikan harga bawang kepada Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, yang berkunjung pada Rabu (29/3/2023) petang.

Harga bawang putih dan bawang merah ini naik di kisaran Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Kenaikan harga sembako ini dikeluhkan sejumlah pedagang rempah-rempah Pasar Terong yang berada di Jalan Gunung Bawakaraeng.

"Bawang naik pak, ini (bawang putih) harga normalnya 25 ribu sekarang 30 ribu. Kalau bawang merah itu biasa 30 ribu tapi ada yang menjual 35 ribu dan sampai 40 ribu," ungkap salah satu pedagang rempah, Masyita (27).

Diketahui, Jokowi tiba di Sulsel pada Rabu pagi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dia dan rombongan langsung ke Maros untuk beberapa agenda, seperti peresmian Kereta Api dan kunjungi pasar Tradisional Modern Butta Salewangan.

1. Selain bawang putih dan merah, harga sayur kol juga naik

Curhat Pedagang Pasar di Makassar ke Jokowi: Harga Bawang Naik, Pak!Harga bawang merah di Pasar Terong Makassar naik menjelang kedatangan Presiden Jokowi. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Tidak hanya bawang putih dan bawang merah, harga kentang juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp15 ribu naik menjadi Rp20 ribu, lalu sayur kol juga yang sebelumnya Rp10 ribu naik menjadi Rp18 ribu per kilo.

"Ini harga-harga barang naik, selain bawang putih dan bawang merah juga. Kita berharap tidak naik terus harganya apalagi ini kan bulan puasa, apalagi pak Jokowi sudah datang," terang pedagang yang lain, Ayu (32).

2. Keamanan Jokowi pasar ditutup, barang dagangan rusak

Curhat Pedagang Pasar di Makassar ke Jokowi: Harga Bawang Naik, Pak!Presiden Jokowi saat menyapa warga dan pedagang di Pasar Terong Kota Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Selain sejumlah bahan pohon naik, ternyata kedatangan Presiden Jokowi di Pasar Terong Makassar ini mempengaruhi daya beli masyarakat yang tiba-tiba turun dalam dua hari ini, karena dampak dari sterilisasi keamanan.

Pasalnya, dalam dua hari sebelum kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan istana negara ke Makassar, aktivitas di Pasar Terong ditutup untuk mengatur masyarakat yang ramai untuk berbelanja.

"Dua hari ini, kemarin dan hari ini, banyak (barang dagangan) rusak. Dua hari ditutup karena mau datang (Jokowi), sepi pembeli dari kemarin. Dibatasi pembeli, dilarang masuk, mobil juga tidak biasa masuk," ungkap Ayu.

Pantauan IDN Times, hampir setiap lapak pedagang dijaga dan diawasi anggota TNI Polri yang mengenakan pakaian batik dan seragam. Walaupun demikian, banyak pedagang diberi bantuan uang tunai Rp1,2 juta.

Baca Juga: Jokowi Diagendakan ke Pelabuhan Paotere dan Pasar Terong Makassar

3. Pedagang Pasar Terong Makassar senang dapat uang dari Jokowi

Curhat Pedagang Pasar di Makassar ke Jokowi: Harga Bawang Naik, Pak!Presiden Jokowi berikan bantuan sembako dan uang tunai kepada warga dan pedagang di Pasar Terong Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Seperti diketahui, dalam kunjungan Presiden Jokowi di Pasar Tradisional Modern di Maros dan Kota Makassar ini, para pedagang dan warga yang berada di lokasi mendapat bantuan paket sembako dan uang tunai Rp1,2 juta.

Seperti Masyita (27) salah satu pedagang di Pasar Terong yang mendapatkan bantuan uang tunai, mengaku senang dan bahagia, walau bukan Presiden Jokowi langsung yang memberikan.

"Alhamdulillah senang, biar bukan bapak Jokowi yang kasih langsung asalkan ada di amplopnya ini kan tertulis nama Presiden Jokowi," ungkap Masyita kepada wartawan di Pasar Terong Makassar.

Masyita, pedagang rempah yang sudah 10 tahun berjualan di pasar ini mengatakan sebelum dia dan sejumlah pedagang lain mendapat bantuan uang tunai, dia harus mengisi beberapa data sebagai syarat.

"Kita isi data dulu sebelum dapat bantuan ini, ini juga baru-baru saya dapat setelah saya sepuluh tahun jualan, makanya saya senang. Inshaallah uang ini dipakai untuk modal usaha juga," tambah Masyita.

Baca Juga: Sebelum Jokowi Tiba, Pedagang Pasar Terong Makassar Diberi Amplop BLT

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya