Comscore Tracker

Besok Penerbangan Kloter Terakhir Embarkasi Haji Makassar

Tahun ini 7.234 orang berangkat dari Embarkasi Makassar

Makassar, IDN Times - Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 19 Embarkasi Makassar masuk Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat pagi (1/7/2022). Kloter ini beranggotakan  157 orang asal Kabupaten Jeneponto, sembilan asal Sidrap, satu asal Makassar, plus dua petugas kloter.

Kloter terakhir di Embarkasi Makassar ini akan diterbangkan ke Arab Saudi besok, Sabtu (2/7/2022). Jemaah asal Sulsel akan bergabung dengan jemaah asal Kota Padang, Sumatera Barat sebanyak 140 orang dan dua petugas kloter.

"Jemaah haji Kloter 19 agar memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Asrama Haji untuk memperdalam dan memperlancar pemahaman terkait ibadah haji, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci esok hari," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Ikbal Ismail, Jumat.

Baca Juga: Jemaah Haji Embarkasi Makassar Dapat Uang Saku Rp 5,8 Juta

1. Jemaah haji diminta saling jaga di Tanah Suci

Besok Penerbangan Kloter Terakhir Embarkasi Haji MakassarSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Iqbal meminta jemaah haji menjaga kebersamaan dan semangat persaudaraan di Tanah Suci. Meski, kloter 19 berisi orang dari beragam daerah. Kloter yang beragam latar belakang disebut sebagai kesempatan untuk memperluas persaudaraan.

"Meski pun jemaah haji berasal dari latar budaya yang berbeda Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat, tapi kita tetap sama sama warga negara Indonesia," katanya.\

Wakil Bupati Jeneponto Faris Yasir yang melepas jemaah haji asal daerahnya berpesan agar anggota Kloter bisa menjaga kekompakan. 

"Saling baku jaga ki nah, jangan-ki lakukan hal yang macam macam. Fokus maki saja ibadah, InsyaAllah salama'ki' pulang pergi," kata Faris.

2. Sudah 7.061 orang berangkat dari Embarkasi Makassar

Besok Penerbangan Kloter Terakhir Embarkasi Haji MakassarSalah satu gedung di Asrama Haji Sudiang di Makassar,Selasa (27/7/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Embarkasi Makassar mulai memberangkatkan jemaah haji sejak 17 Juni 2022. Jemaah haji terbagi dalam 19 kloter.

Hingga kini,  Embarkasi Makassar sudah memberangkatkan 18 Kloter dengan total jemaah haji sebanyak 7.061 Orang. Rinciannya, 2.390 orang pria dan 4.671 orang wanita.

3. Embarkasi Makassar menampung jemaah asal delapan provinsi

Besok Penerbangan Kloter Terakhir Embarkasi Haji MakassarIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sebelumnya Ketua PPIH Makassar Khaeroni menyebut pada tahun ini sebanyak 7.234 jemaah haji akan diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar. Rinciannya, 7.119 orang merupakan anggota jemaah, tujuh Pembimbing KBIHU, 34 Petugas Haji Daerah, dan 74 PPIHU.

Jemaah Embarkasi Makassar tahun ini berasal dari delapan provinsi di Indonesia bagian Timur. Masing-masing, Sulawesi Selatan (3.320 Orang), Sulawesi Tenggara (922 Orang), Sulawesi Barat (663 Orang), Gorontalo (447 Orang), Maluku (496 Orang), Maluku Utara (491 Orang), Papua (491 Orang), serta Papua Barat (330 Orang).

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya