Comscore Tracker

Stok Melimpah, Pemprov Sulsel akan Salurkan Beras Bulog untuk ASN

Harga beras yang disalurkan lebih murah Rp1.000

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) tengah mempersiapkan sistem penyaluran beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog) kepada aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemprov.

Saat ini, Bulog berupaya mendorong penyaluran beras bagi ASN, TNI dan Polri dikarenakan adanya pengalihan bantuan beras sejahtera (rastra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang membuat penyaluran beras Bulog berkurang. Sementara stok beras di gudang Bulog juga semakin melimpah.

Kepala Biro Perekonomian Sekretariat daerah Since Etna Lamba mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada ASN lingkup pemprov. Nantinya Pemprov bersama pihak Bulog juga akan melakukan kerja sama berupa penandatanganan MoU terkait penyaluran beras.

"Kita kan sudah sosialisasi. Kita tunggu Pak Gubernur untuk MoU," kata Since di Makassar, Minggu (13/10).

1. Beras akan diantarkan oleh Bulog ke setiap OPD

Stok Melimpah, Pemprov Sulsel akan Salurkan Beras Bulog untuk ASNhttps://www.kemendag.go.id

Konsep penyaluran beras, kata Since, akan dibagikan tiap bulan ke semua Organisasi Perangkat Daerah (ODP) dengan harga lebih murah, dibanding harga di pasaran namun tanpa mengurangi kualitas beras.

"Berasnya itu premium poles 2 yang kualitasnya bagus. Itu harganya Rp 11 ribu, kalau yang di pasaran itu harga Rp 12 ribu," kata Since.

Selain itu, penyaluran beras juga akan diantarkan langsung oleh Bulog kepada masing-masing OPD. Meski begitu, sama sekali tidak ada paksaan bagi ASN untuk membeli beras Bulog.

"Nanti setiap OPD mengkoordinir berapa yang mereka mau, itu nanti diantarkan Bulog kemudian pembayarannya. Jadi, memang tidak dipaksakan, hanya imbauan," kata Since.

2. Pemprov masih sementara melakukan pendataan

Stok Melimpah, Pemprov Sulsel akan Salurkan Beras Bulog untuk ASNfreepik/jcomp

Sejauh ini, kata Since, pihaknya masih terus melakukan pendataan terkait dengan jumlah ASN yang berminat dan jumlah kebutuhan beras di tiap OPD.

"Masih sementara pendataan. Tapi kita sudah sosialisasi kalau sudah direspon OPD-nya bisa sudah bulan depan," kata Since.

Lebih lanjut Since menyebutkan, Sulsel saat ini tengah mengalami surplus beras sebanyak 2 juta ton. Maka dari itu, menurutnya pihaknya harus mendorong agar ASN juga terlibat dalam membeli beras dari Bulog.

"Karena Bulog juga kan membeli gabah dari petani-petani kita. Oleh karena itu pemerintah sudah selayaknya memfasilitasi," katanya lagi.

Baca Juga: Banjir Terjang Sulsel, Bulog Segera Kirim 20 Ton Beras

3. Perum Bulog Divre Sulselbar siap mengakomodir

Stok Melimpah, Pemprov Sulsel akan Salurkan Beras Bulog untuk ASNIDN Times/Hendra Simanjuntak

Sementara itu, Perum Bulog Divre Sulselbar memastikan diri siap mengakomodir permintaan beras dari Pemprov Sulsel.

Wakil Pimpinan Wilayah Perum Bulog Divre Sulselbar Muhammad Taufik mengklaim, stok beras yang ada saat ini cukup dalam jangka waktu tiga bulan ke depan.

"Intinya Bulog ini kan selalu surplus berasnya. Berapa pun permintaan dari OPD, kita akan layani. Kita ready stock beras selama tiga bulan sampai Desember," kata Taufik.

Baca Juga: Simpan Stok 194 Ribu Ton, Bulog Sulsel: Kami Kebanjiran Beras

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya