Wali Kota Makassar Non Jobkan Kepala Dinas Dalduk KB, Ini Alasannya

Danny sebut ada beberapa masalah pemicu pencopotan

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memberhentikan sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB), Chaidir, dari jabatannya. Dengan demikian, Chaidir saat ini berstatus non job.

Rupanya, Danny telah menonjobkan Chaidir sejak Senin 5 Mei 2023 lalu. Danny enggan menyebutkan secara rinci alasannya menonjobkan Chaidir. Namun dia memastikan hal ini telah sesuai prosedur.

"Biar Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BPKSDM) Kota Makassar yang terangkan ada prosedurnya," kata Danny di Makassar, Rabu (7/5/2023).

Baca Juga: Danny Pomanto Berharap Kadis Tersangka Korupsi Kembali Menjabat

1. Danny sebut ada beberapa masalah

Wali Kota Makassar Non Jobkan Kepala Dinas Dalduk KB, Ini AlasannyaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengaku memang ada beberapa masalah di dinas tersebut. Di samping itu, juga ada beberapa program yang tidak menunjukkan progres. 

Akhir Desember 2022 lalu, Danny memang menyebutkan lima OPD terburuk salah satunya Dinas Dalduk KB. Namun saat itu, Chaidir belum bisa dievaluasi karena masa jabatannya belum genap setahun.

Danny mengaku beberapa asosiasi penyuluh KB se-Sulsel mendatanginya. Salah satu keluhannya yaitu Makassar tidak mendapat fasilitas sama sekali, padahal fasilitas tersebut tersedia.

"Honornya (penyuluh KB) mereka datang mengeluh sama saya. Penyuluh KB kan ujung tombak," kata Danny.

2. Masih diperiksa Inspektorat

Wali Kota Makassar Non Jobkan Kepala Dinas Dalduk KB, Ini AlasannyaBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Saat ini, kata Danny, Chaidir masih diperiksa oleh Inspektorat Kota Makassar. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan adanya pelanggaran administrasi.

"Di Inspektorat diperiksa, ternyata memang ada hal yang mau diperiksa, sebelum diperiksa dinonaktifkan dulu," kata Danny.

Hasil pemeriksaan itulah yang nantinya menentukan nasib Chaidir ke depannya. Jika terbukti melanggar maka dia akan menerima sanksinya.

"Dikembalikan kalau tidak terbukti, kalau terbukti non aktif, termasuk pelanggan administrasi," kata Danny.

3. Danny tunjuk pelaksana harian

Wali Kota Makassar Non Jobkan Kepala Dinas Dalduk KB, Ini AlasannyaWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Usai Chaidir dinonjobkan, Danny pun menunjuk pelaksana harian (Plh). PLH ini bertugas untuk mengisi kekosongan sementara.

Plh yang ditunjuk Danny tidak lain adalah Sekretaris Dinas Dalduk KB itu sendiri yaitu, Syahruddin. Dia akan menggantikan sementara tugas-tugas Chaidir sebagai kepala dinas.

"Plh sudah ada, sekretarisnya," kata Danny.

Baca Juga: Pakar Ungkap Efisiensi Berkendara lewat Jalan Tol Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya