Tiga Korban Kubah Masjid Ambruk di Makassar Sudah Pulang ke Rumah

Danny pastikan semua korban dalam kondisi baik

Makassar, IDN Times - Tiga orang korban ambruknya kubah masjid di Makassar, telah selesai menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka pun telah pulang ke rumah masing-masing.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memastikan semua korban tertangani dengan baik. Dia tak ingin apabila ada korban yang kondisinya semakin memburuk akibat insiden tersebut. 

"Pantauan tadi semua bagus ada tiga pulang, tujuh masih di rumah sakit, dan bahkan orang yang paling parah terkena 50 jahitan itu orang tua dalam keadaan baik. Saya pastikan baik karena saya yang turun langsung temui mereka," kata Danny di Balai Kota Makassar, Senin (27/3/2023).

1. Masjid ditutup sementara

Tiga Korban Kubah Masjid Ambruk di Makassar Sudah Pulang ke RumahLokasi kubah roboh di Masjid Ittifaqul Jamaah, Jalan Barukang, Makassar, Minggu malam (27/3/2023). (IDN Times/Istimewa)

Insiden tersebut terjadi di Masjid Ittifaqul Jamaa'ah, Jalan Barukang, Kelurahan Patingalloang, Kecamatan Ujung Tanah, pada Minggu 26 Maret 2023 menjelang salat Tarawih. Hal ini mengakibatkan belasan orang terluka.

Saat ini, masjid itu ditutup sementara. Selama ditutup, aktivitas ibadah salat pun dialihakan ke jalan lorong. Warga setempat menggunakan tenda dan karpet.

"Saya minta polisi menggaris polisi maka polres sudah koordinasi. Kedua (salat) dipindahkan di jalanan. Tadi subuh sudah dipindahkan di jalanan," kata Danny.

2. Bangunan masjid bakal diuji kontruksi

Tiga Korban Kubah Masjid Ambruk di Makassar Sudah Pulang ke RumahWali Kota Makassar, Danny Pomanto menjenguk korban masjid ambruk/Istimewa

Usai insiden ini, Danny pun menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum untuk menguji konstruksi bangunan masjid tersebut. Pemkot sebenarnya ingin merenovasinya tapi ternyata konstruksinya tidak memungkinkan sehingga bisa roboh.

Danny juga meminta ahli untuk mengevaluasi konstruksi bangunan itu. Dengan demikian, semua bagian infrastruktur harus diperiksa. Setelah itu, ada kemungkinan Pemkot akan merenovasi masjid tersebut.

"Kita lihat dulu karena itu kan milik masyarakat, tapi kita biasa bantu seperti itu. Kita lihat kelayakannya dulu kalau kelayakannya hanya kubah berarti bisa dilanjutkan," katanya. 

3. Bangunan masjid sudah tua

Tiga Korban Kubah Masjid Ambruk di Makassar Sudah Pulang ke RumahKubah masjid di Makassar ambruk saat sejumlah orang menggelar salat tarawih Ramadan, Minggu (26/3/2023)/BPBD Makassar

Danny menyebut bangunan masjdi itu memang sudah tua atau telah berusia 40 tahun. Bangunan masjid ini, kata Danny, sudah pernah direnovasi di bagian bawah namun tidak pada bagian atas. 

Hal itu, kata Danny, terlihat pada kondisi bagian bangunan yang sudah mulai rapuh. Beruntung, saat kejadian itu, tak banyak korban karena 

"Sebenarnya kalau kita lihat tidak seberat yang saya bayangkan, karena pecahannya itu kecil, terbentur tripreks dan bambu dan seandainya tidak itu sangat fatal dan kebetulan tidak pada saat orang salat, kalau orang salat orang padat," kata Danny.

Baca Juga: Penyebab Kubah Masjid di Makassar Ambruk: Bangunan Sudah Tua

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya