Comscore Tracker

Sidak di Mal Panakukkang, Danny Pomanto Ingin Ada Protokol Pintu Masuk

Pengunjung memadati mal di Makassar

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Mal Panakkukang, Minggu (2/5/2021) malam. Sidak digelar usai dirinya menerima laporan terkait membludaknya warga yang berbelanja di mal tersebut.

Dalam kesempatan itu, Danny mengaku tidak melarang aktivitas ekonomi masyarakat. Hanya saja, COVID-19 tetap harus diwaspadai. Untuk itu, dia pun meminta pengelola mal supaya menerapkan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Saya kira kita ada protokol namanya Makassar Recover, namanya Adaptasi Sosial yaitu protokol pintu masuk," kata Danny.

1. Jumlah pengunjung di mal harus dibatasi

Sidak di Mal Panakukkang, Danny Pomanto Ingin Ada Protokol Pintu MasukIlustrasi keramaian di Mal (IDN Times/Besse Fadhilah)

Danny menjelaskan, protokol pintu masuk ialah pembatasan jumlah pengunjung mulai dari pintu masuk mal. Maksudnya, jika jumlah pengunjung sudah melebihi kapasitas mal, maka pengelola harus menutup pintu dan melarang pengunjung lain masuk.

"Walaupun status kesehatan belum ada, tapi pintu masuk itu selayaknya kita mulai lakukan kembali selama ini kan hanya pada suhu dan lain-lain, tapi kita akan menghitung orang yang masuk," kata Danny.

2. Pengelola harus melaporkan kapasitas mal

Sidak di Mal Panakukkang, Danny Pomanto Ingin Ada Protokol Pintu MasukIlustrasi masyarakat berbelanja di mal. IDN Times/Besse Fadhilah

Untuk menjalankan ide Danny itu, setiap pemilik atau pengelola mal harus melaporkan berapa kapasitas maksimal dari mal tersebut. Setelah itu, akan diputuskan bahwa pengunjung yang boleh masuk hanya 50 persen dari kapasitas. 

Jika sudah ada pengunjung di dalam mal yang keluar, maka pengunjung lainnya akan diperbolehkan masuk, itupun sesuai jumlah pengunjung yang keluar. Misalnya, ada 10 orang pengunjung yang keluar, maka hanya 1 orang pula yang diizinkan masuk ke mal.  

"Pokoknya taat prokes, bagaimana taat prokes kalau mal kapasitasnya 2.000, berarti hanya 1.000 orang yang bisa masuk saat itu. Mesti kan begitu, itumi namanya sistem protokol pintu masuk. Kalau dia sudah 1.000, tutup," kata Danny.  

Baca Juga: Danny Pomanto Minta Semua OPD Sukseskan Makassar Recover

3. Danny akan membahas lebih lanjut bersama pengelola mal

Sidak di Mal Panakukkang, Danny Pomanto Ingin Ada Protokol Pintu MasukWali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelum menjalankan protokol pintu masuk, Danny akan membahas hal ini bersama pengelola mal. Jika setelah disosialisasikan masih ada pelanggaran, maka Danny tidak akan segan-segan menindak tegas. Sidak hari ini, kata dia, baru sebatas teguran keras.

"Kami akan melakukan rapat kordinasi besok dengan pihak gedung-gedung yang berpotensi memiliki ledakan kerumunan, kami akan memberikan peringatan langsung," katanya.

Baca Juga: 15 Ribu Relawan Makassar Recover Bertahap Jalani Tes GeNose dan PCR

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya