Comscore Tracker

Sempat Rusak, Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Sudah Diperbaiki

Warga bisa kembali nikmati listrik

Makassar, IDN Times - Mesin genset di Pulau Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah pulih dan siap kembali beroperasi normal seperti sedia kala. 

Selama tiga bulan terakhir, listrik di Pulau Barrang Caddi sempat padam akibat genset rusak. Di pulau tersebut, belum ada aliran listrik PLN sehingga genset menjadi satu-satunya sumber listrik.

"Alhamdhulillah dari kemarin sudah diperbaiki mesinnya dan sudah siap beroprasi kembali," kata pemuda setempat, Rusli, saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (24/11/2021).

1. Warga masih mengharapkan listrik PLN

Sempat Rusak, Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Sudah DiperbaikiIlustrasi meteran listrik, ilustrasi PLN, ilustrasi listrik (Dok. PLN)

Rusli mengatakan warga setempat telah melaksanakan rapat bersama untuk membentuk pengelola baru genset. Genset tersebut memang merupakan hibah dari Pemerintah Kota Makassar yang pengelolaannya diserahkan kepada warga setempat.

Meski genset sudah berfungsi kembali dan warga sudah bisa merasakan listrik lagi, namun masyarakat setempat tetap berharap listrik PLN bisa masuk ke wilayah mereka.

"Tapi bukan cuman itu tujuan kami. Kami berharap pemerataan sumber daya energi melalui PLN itu warga Barrang Caddi dapat rasakan seperti warga Barrang Lompo dan Kodingareng," katanya.

2. Danny sebut genset rusak karena konflik warga

Sempat Rusak, Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Sudah DiperbaikiWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyatakan genset tersebut rusak karena dikelola secara tidak profesional. Meski begitu, dia mengirimkan tim dari Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki genset yang rusak.

"Sudah bunyi gensetnya. Jadi sebenarnya listrik di pulau ini bukan persoalan listrik. Persoalan konflik warga dan tidak ada kaitannya dengan pemerintah kota. Karena pemerintah kota sudah memberikan dua genset."

Baca Juga: Warga Pulau Barrang Caddi Makassar Menjerit Tiga Bulan Tanpa Listrik

3. Belum memungkinkan menghadirkan listrik di Barrang Caddi

Sempat Rusak, Genset di Pulau Barrang Caddi Makassar Sudah DiperbaikiIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Terkait pengadaan listrik PLN di Pulau Barrang Caddi, Danny menyatakan Pemkot Makassar belum memikirkan hal tersebut. Untuk saat ini, pemkot hanya bisa fokus mengurus perbaikan genset sedangkan untuk pengaliran listrik dalam jangka panjang, Danny merasa itu belum memungkinkan.

"Tidak (memungkinkan). Perlu perencanaan jangka panjang. Kalau listrik itu kan mahal investasinya. Yang penting ini adalah perawatannya (genset)," kata Danny.

Baca Juga: Danny: Butuh Investasi Besar Hadirkan Listrik PLN di Barrang Caddi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya