Comscore Tracker

Sempat Mangkrak, SPAM Mamminasata Bakal Dibangun Tahun Ini

Instalasi akan dibangun di Kabupaten Gowa

Makassar, IDN Times - Setelah mangkrak bertahun-tahun, proyek Sistem Penyediaan Air Minum Mamminasata akan dibangun kembali tahun ini. Pembangunannya kini dipersiapkan mulai dari Detail Enginering Desain (DED) hingga telah dibahas bersama pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Selatan, Ahmad Asiri, menyatakan bahwa Ditjen Cipta Karya telah mengeluarkan surat persetujuan mengenai perencanaan biaya serta pelaksanaan pembangunan fisik pada 20 Juni 2022 lalu. Pihaknya juga telah bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, pihaknya akan menyampaikan pengajuan Memorandum of Cooperation (MoC) atau perpanjangan kerja melalui Dirjen Cipta Karya ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kemudian, pihaknya akan bersurat kepada Direktorat Air Minum untuk menerbitkan surat perintah lelang.

"Lelang perencanaan sudah ada, sisa lelang fisik. MoC itu jangka waktu pembangunan SPAM regional mamminasata. Ini diharapkan selesai di 2024 paling lambat semester satu," kata Ahmad di Makassar, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Jemaah Haji Embarkasi Makassar Dapat Uang Saku Rp 5,8 Juta

1. Anggaran masuk dalam APBN 2023

Sempat Mangkrak, SPAM Mamminasata Bakal Dibangun Tahun IniIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk anggarannya, Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Selatan juga telah menyampaikannya ke Kementerian PUPR. Ahmad berharap anggaran untuk pembangunan SPAM Mamminasata ini dapat segera diproses dengan satu kali kontrak per tahun.

Anggaran untuk proyek tersebut masuk dalam APBN 2023. Namun Ahmad belum menyebutkan jumlah anggaran untuk proyek itu.

"Insyaalah, anggaran akan dimulai pada 2022 dan minimal di tahun pertama ini sudah kontrak. Ada uang muka yang diterima oleh pelaksana untuk mereka segera act Kiion di lapangan," katanya.

2. Dimulai dari pembangunan instalasi pengolahan air minum

Sempat Mangkrak, SPAM Mamminasata Bakal Dibangun Tahun IniIlustrasi pengisian air bersih (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ahmad menyebutkan, tahap pertama pengerjaan nanti yakni pembangunan instalasi pengolahan air minumnya sendiri dan jaringan distribusi utama. Tahapan ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. 

Instalasi tersebut nantinya akan dibangun di Kabupaten Gowa, tepatnya Kecamatan Somba Opu. SPAM Maminasata ini dirancang untuk dapat mengalirkan air baku sebanyak 1.000 liter per detik dan dapat memenuhi kebutuhan air di kawasan Maminasata yakni Makassar, Maros, Sungguminasa (Gowa) dan Takalar. 

"Instalasinya berada di Somba Opu. Dekat dari situ ada kawasan instalasi dulu yang masih kosong, bagaimana wilayah pelayanannya ini sebelum wilayah Mamminasaata. Jadi di luar makassar Takalar dan Maros," katanya.

3. Pernah masuk proyek strategis nasional

Sempat Mangkrak, SPAM Mamminasata Bakal Dibangun Tahun IniIlustrasi proyek strategis nasional pembangunan bendungan Sepaku penunjang air bersih IKN (IDN Times/Ervan)

Pembangunan SPAM Mamminasata sempat terhenti dan dinyatakan mangkrak pada 2019 lalu. Saat itu, proyek tersebut telah dinyatakan mangkrak selama 7 tahun. 

Namun pada 2020 lalu, proyek tersebut kembali dibahas. Pada tahun 2021, telah ada kesepakatan terkait pembangunan SPAM Mamminasata di mana meliputi empat daerah yaitu Makassar, Maros, Gowa dan Takalar. 

SPAM Mamminasata pernah menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional, (PSN) sebelum akhirnya dikeluarkan oleh pemerintah pusat pada 2019. 

Baca Juga: PDAM Makassar Terjunkan 153 Tim untuk Baca Meteran Serentak

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya