Comscore Tracker

Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang Maros

Dorong Rammang-Rammang masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia

Makassar, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama youtuber Atta Halilintar mengunjungi Desa Wisata Rammang-Rammang, Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021).

Di Rammang-rammang, Sandiaga Uno bersama Atta dan Thoriq Halilintar didampingi Plt Gurbernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Maros Andi Chaidir Syam, dan tak ketinggalan youtuber asal Makassar Tumming. Mereka mengunjungi kawasan pegunungan karst tersebut.

Kedatangan mereka pun disambut riuh para warga yang sudah lama menunggu. Bahkan tak sedikit di antara warga itu yang justru mengelu-eulakan nama Atta Halilintar.

1. Sandi antusias dengan perkembangan Rammang-Rammang

Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang MarosMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menandatangani prasasti Desa Wisata Rammang-rammang Wisata di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Di tempat ini, Sandiaga juga menandatangani prasasti Desa Wisata Rammang-Rammang untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Sandi bersama Atta dan Thoriq juga sempat membeli produk UMKM yang dibuat masyarakat setempat, seperti baju, topi, hingga kuliner. Dia pun sangat antusias melihat kebangkitan pariwisata dan ekonomi di desa tersebut. 

"Kita hadir di sini bersama untuk membangkitkan harapan teman-teman pariwisata dan ekonomi kreatif bisa kita pulihkan jika kita patuh terhadap protokol kesehatan," katanya.

2. Karst Rammang-Rammang jadi unggulan Sulsel

Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang MarosMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Atta Halilintar saat mengunjungi Desa Wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam kesempatan itu, Sandi menjelaskan, kunjungan ke Desa Wisata Rammang-rammang dalam rangka sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. 

Menurutnya karst Rammang-Rammang ini menjadi unggulan Sulsel dalam ajang penghargaan tersebut, apalagi sebentar lagi akan didaftarkan masuk UNESCO sebagai global geopark. 

"Desa wisata ini menjadi andalan kita, menjadi unggulan kita dan kampung karst Rammang-Rammang akan segera didaftarkan menjadi UNESCO global geopark. Mohon dukungan semua. Kami hadir di sini juga dalam rangka Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021," kata Sandi.

3. Rammang-Rammang punya daya tarik tersendiri

Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang MarosPintu masuk Desa Wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros, Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sandi mengatakan, dipilihnya Desa Wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros dalam kegiatan sosialisasi lantaran desa ini memiliki daya tarik tersendiri dengan gugusan karstnya. 

"Kalau kita tadi lewat ada goa, terus ada terowongan batu, itu cantik sekali. Saya terpukau dan menurut saya ini sensasinya benar-benar fantastis," katanya.

Menurut Sandi, gugusan pegunungan kapur itu memiliki banyak spot yang luar biasa. Dia yakin spot-spot menarik itu akan menjadi populer karena telah direkam oleh Atta Halilintar.

"Jadi mudah-mudahan dari kategori daya tarik wisata ini Kampung karst Rammang-Rammang punya keunggulan tersendiri," katanya.

Baca Juga: Bulu Barakka', Gunung Penyampai Pesan bagi Warga Rammang-rammang

4. Keindahan alam jadi salah satu kategori penilaian

Sandiaga Uno Terpukau Keindahan Desa Wisata Rammang-Rammang MarosPegunungan karst di Desa Wisata Rammang-rammang Kabupaten Maros Sulsel, Kamis (17/6/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Keindahan alam menjadi salah satu kategori penilaian dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Kategori lainnya adalah homestay, konten kreatif, desa digital, kuliner, kerajinan tangan, dan CHSE yaitu cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan enviroment (kelestarian lingkungan).

Penetapan kategori tersebut bertujuan untuk mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.
 
Saat ini sudah 231 desa mendaftar di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sejak dibuka pendaftarannya pada tanggal 22 Mei 2021 sampai dengan tanggal 16 Juli 2021 mendatang.
 
Anugerah Desa Wisata Indonesia juga memiliki misi untuk membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi di tingkat pedesaan. 

Baca Juga: Warga Rammang-rammang Pamerkan Benda Pusaka dan Konservasi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya