Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap Muka

Siswa di Gowa mengaku rindu belajar tatap muka

Makassar, IDN Times - Ribuan pelajar dari berbagai sekolah di empat kecamatan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar di tujuh titik, Senin (30/8/2021).

Ketujuh titik tersebut masing-masing 3 tempat di Kecamatan Somba Opu, yaitu di Ballalompoa, SMPN 4 Sungguminasa, dan SMPN 3 Sungguminasa. Dua titik di Kecamatan Pallangga berlokasi di SMPN 5 Pallangga dan SMPN 1 Pallangga. Sementara 1 lokasi di Kecamatan Bontomarannu berada di SMPN 1 Bontomarannu, serta 1 titik di Kecamatan Barombong berlokasi di SMPN 2 Barombong. Vaksinasi ini menargetkan sasaran kurang lebih 14.000 dosis penyuntikan.

Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan didampingi wakilnya Abdul Rauf Malaganni dan Forkopimda setempat hadir meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar.

1. Seluruh siswa di Gowa harus ikut vaksinasi

Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap MukaBupati Gowa Adnan Puritha Ichsan bercakap-cakap dengan pelajar yang antusias mengikuti vaksinasi COVID-19, di Ballalompoa, Senin (30/8/2021). Humas Pemkab Gowa

Dalam peninjauannya di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Adnan mengajak seluruh pelajar agar segera melakukan vaksinasi. Dia mengatakan salah satu cara agar sekolah tatap muka bisa segera digelar adalah seluruh pelajar telah divaksinasi.

"Semua siswa pasti sudah rindu dengan belajar tatap muka, jadi ajak teman kelas, sekolah untuk ikut vaksin karena jika kita mampu menurunkan angka COVID-19 dan level Gowa bisa turun maka inshaallah sekolah tatap muka bisa segera dilakukan, tentunya dengan protokol kesehatan ketat," jelas Adnan dalam keterangan tertulisnya.

2. Vaksinasi penting untuk melindungi diri

Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap MukaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Adnan pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya kepada Badan Intelijen Negara (BIN) yang bersedia bekerjasama dengan Pemkab Gowa melaksanakan vaksinasi massal untuk pelajar ini. 

Adnan mengaku vaksinasi ini sangat penting untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok. Vaksinasi akan diberikan dua dosis. Dosis pertama bertujuan untuk merangsang antibodi dan dosis kedua membentuk antibodi itu sendiri. 

"Dengan mengikuti vaksin, kita lindungi diri kita, guru, keluarga dan masyarakat luas yang nantinya otomatis bisa secara perlahan memutus mata rantai penularan COVID-19 dan level kita turun serta sekolah tatap muka bisa segera dilakukan," kata Adnan.

Baca Juga: Adnan Harap Pelajar di Gowa Bisa Segera Belajar Tatap Muka

3. Siswa sudah rindu belajar tatap muka

Ribuan Pelajar di Gowa Ikut Vaksinasi COVID-19 demi Sekolah Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Suci, salah satu siswa dari SMPN 2 Sungguminasa, mengungkapkan rasa bahagianya atas terselenggaranya vaksinasi ini. Pasalnya siswa yang duduk di kelas IX ini telah rindu mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). 

Dia juga mengaku pembelajaran online yang selama ini diikutinya kurang maksimal jika dibandingkan dengan PTM. Untuk itu, dia berharap pandemik bisa segera berlalu dan sekolah bisa dilakukan secara tatap muka.

"Pasti bahagia kalau semua ikut vaksin dan sekolah bisa tatap muka karena sudah setahunan tidak ketemu teman," katanya. 

Baca Juga: Sudah Mulai, Ini Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Massal di Gowa, Ikut Yuk!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya