Comscore Tracker

Puncak dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup karena Penuh Pendaki

13 ribu lebih pendaki hendak upacara 17 Agustus di gunung

Makassar, IDN Times - Sekitar 13.000 pendaki akan melaksanakan upacara bendera di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Hingga pukul 18.00 WITA, data yang masuk total 13.017 pendaki," kata Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar, Hamsidar, saat dihubungi IDN Times, Minggu (16/8/2020).

1. Pendaki datang dari berbagai komunitas

Puncak dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup karena Penuh Pendakiinstagram.com/pendakiindonesia.idn

Hamsidar menyebutkan peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti upacara di puncak Gunung Bawakaraeng sebanyak 5.939 orang, di Lembah Ramma 2.801 orang, dan di Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng 4.281 orang.

Mereka terdiri dari anggota komunitas pendaki, kelompok pecinta alam, dan kelompok mahasiswa pecinta alam dari dalam dan luar wilayah Sulawesi Selatan.

"Sekarang ini Puncak Gunung Bawakaraeng dan pos lima sudah ditutup karena penuh. Alternatif titik lain yakni di Pinus Lembanna dan Lembah Ramma," kata Hamsidar. 

2. Basarnas siapkan posko relawan

Puncak dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup karena Penuh PendakiBasarnas Makassar

Sementara itu, untuk memantau pergerakan pendaki, Basarnas Makassar melalui program Siaga Merah Putih ini telah mendirikan posko dan menyiagakan relawan.

"Siaga Merah Putih ini adalah gelaran tahunan. Karena setiap tahun kian banyak pendaki yang memadati Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT Kemerdekaan," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Makassar, Muhammad Rizal dalam siaran persnya.

Basarnas Makassar mulai menyiagakan petugas di posko sejak 14 - 18 Agustus 2020. Posko itu adalah Posko Induk di Lembanna, Pos I Bawakaraeng, Pos V Bawakaraeng, Pos VIII Bawakaraeng, Pos Buluballea, Pos Sungai ke-3 Lembah Ramma, Pos Ramma dan Pos Puncak.  

Baca Juga: Menelisik Tradisi dan Ritual "Naik Haji" di Gunung Bawakaraeng

3. Pendaki wajib menerapkan protokol kesehatan

Puncak dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng Gowa Ditutup karena Penuh Pendakiinstagram.com/bayufaizal/

Untuk menghindari penularan COVID-19, Rizal mengatakan bahwa seluruh peserta acara peringatan HUT tersebut diwajibkan menjalankan protokol kesehatan.

"Diharuskan mengenakan masker dan membawa peralatan perlindungan diri mengingat ini masih suasana pandemik COVID-19," katanya.

Baca Juga: Basarnas Makassar Evakuasi 3 Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng 

https://www.youtube.com/embed/szsxkHb8EUo

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya