Produk UMKM Sulsel Bikin Wapres Ma'ruf Amin Terkesan

Dorong peningkatan pemberdayaan UMKM

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin mengapresiasi produk UMKM yang ditampilkan di lobi Kantor Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (31/1/2022). Menurutnya, pengembangan UMKM di Sulsel cukup baik.

Dalam kesempatan itu, sejumlah produk UMKM ditampilkan di hadapan Ma'ruf Amin. Produk yang ditampilkan itu mencakup aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

“Saya melihat potret UMKM di Provinsi Sulsel ini sangat menggembirakan,” kata Ma'ruf saat memimpin Rapat Sosialisasi Mal Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

1. Ma'ruf dorong pemprov tingkatkan pemberdayaan UMKM

Produk UMKM Sulsel Bikin Wapres Ma'ruf Amin TerkesanWakil Presiden RI Ma'ruf Amin meninjau produk UMKM yang dipamerkan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (31/1/2022). Humas Pemprov Sulsel

Ma'ruf pun meminta pemerintah setempat untuk terus meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan kepada pelaku UMKM di Sulsel. Di antaranya, memberikan fasilitas peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk UMKM, sertifikasi produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pendaftaran produk UMKM, serta melaksanakan pelatihan vokasi untuk pengembangan SDM UMKM.

“Ini dari hulu ke hilir. Pendampingan dari SDM-nya, kemasan, legalitas, permodalan, dan promosi serta bisa difasilitasi sampai di ekspor sampai di mancanegara. Ini saya kira produk kita sekarang, sudah mulai banyak diekspor. Kita dorong supaya kualitasnya lebih baik,” jelasnya.

2. UMKM Sulsel terus meningkat

Produk UMKM Sulsel Bikin Wapres Ma'ruf Amin TerkesanProduk UMKM yang dipamerkan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (31/1/2022). Humas Pemprov Sulsel

UMKM di Sulsel memang mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel pada tahun 2019 tercatat lebih dari 940 ribu unit usaha. Kemudian bertambah lagi menjadi sekitar 1,2 juta pada 2020, dan meningkat lagi jumlahnya menjadi 1,5 juta unit usaha pada 2021.

Adapun rincian unit usaha UMKM Provinsi Sulsel yakni 570 ribu unit pada sektor ekonomi pertanian, 450 ribu unit pada sektor perdagangan, 290 ribu unit pada sektor jasa.

“Saya optimis, (pengembangan dan pemberdayaan) UMKM kalau kita terus bekerjasama, pasti akan berhasil. Saya lihat ada kemauan keras di Sulsel,” kata Ma'ruf.

3. UMKM senang didukung pemerintah pusat

Produk UMKM Sulsel Bikin Wapres Ma'ruf Amin TerkesanProduk UMKM yang dipamerkan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (31/1/2022). Humas Pemprov Sulsel

Adapun UMKM yang ditampilkan yaitu UMKM Chalodo dari Luwu Utara dengan produk  permen coklat. UMKM kerajinan atap konjo dari Bulukumba berupa produk peralatan rumah tangga dari daun lontar. 

Kemudian, UMKM pengrajin perak borong dari Makassar dengan produk kerajinan perak. Lalu UMKM Kop. Sutera Sengkang dari Wajo dengan produk kain tenun sutera. Selanjutnya, UMKM CV. Coconut Internasional Indonesia dengan produk Teh Nipah, sanrego herbal, briket dan gula tala.

"Alhamdulillah, kita mendapat support dan dukungan dari Pemerintah Provinsi, dan kita sudah melakukan penjualan, misalnya di Surabaya bahkan di Arab Saudi. Kita harap adanya support dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan UMKM,” kata Baharuddin Iskandar selaku Owner UMKM Chalodo.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin akan Kunjungan Kerja di Sulsel, Senin 31 Januari

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya