Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Lepas 20 Kendaraan Mudik Gratis

Program mudik gratis menyasar masyarakat umum dan mahasiswa

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melepas peserta mudik gratis, di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Sungai Tangka Makassar, Kamis (28/4/2022). Hari ini, ada 20 kendaraan yang diberangkatkan dengan rincian 16 unit bus dan 4 unit truk.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat umum dan mahasiswa, khususnya pengguna kendaraan roda dua. Hal itu demi mengurangi risiko kecelakaan saat mudik. 

"Untuk mengurangi volume kendaraan dan kita sasar memang kendaraan roda dua. Kebanyakan dari mahasiswa dan umum yang biasa menggunakan kendaraan roda dua. Makanya ini dibuka untuk umum dan mahasiswa," ujar Sudirman.

Baca Juga: ASN Sulsel Dapat Bonus 10 Persen THR dan Gaji ke-13

1. Motor milik pemudik diangkut dengan truk

Pemprov Sulsel Lepas 20 Kendaraan Mudik GratisIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pemudik yang memiliki kendaraan roda dua tidak perlu khawatir. Karena Pemprov sengaja menyiapkan truk untuk mengangkut motor dari para pemudik. Dengan begitu, pemudik tetap bisa membawa motornya pulang kampung.

"Untuk mengurangi angka kecelakaan sehingga kami juga siapkan truk untuk mengangkut motor-motor kendaraan sehingga ketika mereka mudik, motornya juga mudik. Jadi nanti di kampung baru dipakai motornya," katanya.

2. Targetkan lebih dari 1.200 pemudik

Pemprov Sulsel Lepas 20 Kendaraan Mudik GratisIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Program mudik gratis ini akan berlangsung selama tiga hari yakni 28 - 30 April 2022. Meski begitu, program ini diprediksi akan melayani lebih dari 1.200 pemudik. Untuk hari ini, sekitar 300 penumpang telah diberangkatkan.

"Jadi paling penting dengan begini kita bisa membantu masyarakat kita. Ini ada lebih dari 1.200 sudah terdata. Saya pikir itu akan meningkat kembali lagi, pasti banyak yang mau," kata Sudirman.

Adapun mudik gratis ini melayani perjalanan dari Makassar ke Bone, Soppeng, Wajo, Parepare, Bulukumba hingga Selayar, dan Luwu Timur, serta daerah lainnya di Sulsel. 

Untuk pemudik menuju Bulukumba atau daerah selatan, titik kumpul di Terminal Cappa Bungaya, sedangkan untuk wilayah utara berkumpul di Kantor Dinas Perhubungan Sulsel. 

3. Operasi Ketupat bantu amankan arus mudik

Pemprov Sulsel Lepas 20 Kendaraan Mudik GratisIlustrasi mudik (IDN Times/Doni Hermawan)

Di kesempatan yang sama, Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana menegaskan akan ada Operasi Ketupat selama 12 hari pada 29 April - 9 Mei 2022 yang juga bisa membantu kelancaran program mudik gratis. Lebih dari 2.500 personil tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan pemerintah daerah dikerahkan demi kelancaran operasi ini.

Nana menyebut ada sekitar 105 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu yang telah ditempatkan di lokasi-lokasi seperti bandara, pelabuhan, dan terminal.

"Kemudian juga pos-pos ini kami buat di jalur-jalur kemacetan. Ini dalam rangka untuk memperlancar dan untuk mengurangi, jangan sampai ada kecelakaan," katanya.

Baca Juga: Cara Biar Ban Motor Gak Kempis Saat Ditinggal Mudik

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya