Pemkot Makassar Seleksi 3 Calon Investor Proyek Pengelolaan Sampah

Tiga calon investor berasal dari Tiongkok

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar telah mengumumkan calon investor yang lolos pada tahap tiga besar pada proyek Pengelolaan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) TPA Antang, pada Senin 22 Mei 2022. Kini, Pemkot melanjutkan dengan menyeleksi tiga calon investor itu.

Ketua Panitia Lelang Investasi PSEL Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Bau Asseng, mengatakan tiga calon investor yang lolos ke tahap ini merupakan investor asal Tiongkok. 

"Kita lihat saja, kan China (Tiongkok) semua," kata Bau Asseng, Rabu (24/5/2023).

1. Investor harus penuhi syarat untuk menangkan tender

Pemkot Makassar Seleksi 3 Calon Investor Proyek Pengelolaan SampahTPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Ketiga calon investor itu diumumkan dalam laman resmi Pemkot Makassar yakni makassarkota.go.id. Hanya saja, Pemkot tidak mencantumkan namanya secara detail.

Namun ketiga calon investor atau konsorsium itu terpilih masuk ke tiga besar berdasarkan nilai kombinasi tertinggi. Mereka masing-masing adalah Konsorsium 4 di peringkat I dengan skor 83.20, Konsorsium 2 di peringkat II skor 74.31 dan Konsorsium 3 di peringkat III dengan skor 67.10. 

Untuk dapat memenangkan proyek PSEL, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap konsorsium. Di antaranya, harus sanggup secara finansial, memiliki teknologi terbaru yang ramah lingkungan, dan pernah mengelola satu proyek PSEL atau sejenisnya, baik di Indonesia maupun luar negeri. 

2. Selanjutnya masuk masa sanggah

Pemkot Makassar Seleksi 3 Calon Investor Proyek Pengelolaan SampahTPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Setelah tiga besar calon investor proyek ini diumumkan, maka kini telah memasuki tahap selanjutnya yakni masa sanggah selama mulai 22-26 Mei 2023.

Setelah masa sanggah, tahapan akan berlanjut ke dialog optimalisasi bersama para investor pada 26 Mei 2023 untuk menentukan siapa pemenang tender untuk proyek PSEL.

"Nanti dioptimalisasi mana yang bisa jadi pemenang pertama," kata Asseng. 

Pemenang proyek ini akan diumumkan pada bulan Juni 2023 mendatang sebagai tahap terakhir.

3. Pemkot klaim tidak ada masalah lahan

Pemkot Makassar Seleksi 3 Calon Investor Proyek Pengelolaan SampahTPA Tamangapa, Antang, Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sejauh ini, kata dia, proses lelang proyek PSEL TPA Antang tidak menemui kendala termasuk mengenai lahan. Hal itu karena lahan telah disiapkan oleh investor. 

"Tidak ada masalah karena mereka (investor) yang siapkan lahan. Mereka yang bersaing dari biaya-biayanya," katanya.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya