Comscore Tracker

Pemkot Makassar Ingin Bangun Balai Kota Baru di CPI

Danny Pomanto sebut gedung yang baru bernama Kembar Siam

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar bakal membangun kantor Balai Kota Baru di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI). Rencana ini telah menjadi pembahasan saat rapat koordinasi khusus Pemkot di Hotel Four Points Selasa 15 Maret 2022 lalu.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan kantor tersebut atau yang disebut juga sebagai New Balai Kota akan berwujud seperti menara kembar. Dia menyebutnya sebagai Menara Kembar Siam.

"Dulu kan sudah ada perjanjiannya dengan CPI. Karena hadirnya CPI di Makassar kan tidak ada kontibusinya untuk kota," kata Danny di Makassar, Kamis (17/3/2022).

Baca Juga: Perampungan Masjid Kubah 99 CPI Telan Rp45 Miliar

1. Rencana pembangunan sudah direncanakan di periode pertama Danny

Pemkot Makassar Ingin Bangun Balai Kota Baru di CPIWali Kota Makassar Moh Ramdhan Danny Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny sebenarnya telah menggaungkan rencana ini di periode pertamanya dulu. Namun rencana itu belum terwujud hingga kini sehingga Danny kembali berambisi mewujudkannya.

"Gubernur NA dia hapus itu padahal sudah ada perjanjiannya, makanya sekarang saya tuntut," kata Danny.

Di kawasan tersebut, Nurdin Abdullah yang saat itu masih berstatus Gubernur Sulsel telah bersiap membangun gedung kembar untuk kantor gubernur dan pusat perkantoran. Namun proyek tersebut mangkrak dan tidak berlanjut hingga sekarang.

2. New Balai Kota akan jadi pusat perkantoran

Pemkot Makassar Ingin Bangun Balai Kota Baru di CPIPetugas Satpol PP berjaga di gerbang pintu masuk kantor Balai Kota Makassar yang ditutup sementara di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/7/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Gedung tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 3,3 hektar. Gedung itu nantinya akan berfungsi bukan saja sebagai kantor balai kota tapi juga ada hotel, apartemen dan perkantoran lainnya.

"Ada dua tower, tower pertama langsung diambil oleh investor, dia serahkan tower sebelahnya, langsung bagi hasil, masing-masing dikelola, 36 lantai," katanya.

3. Balai kota lama akan jadi museum

Pemkot Makassar Ingin Bangun Balai Kota Baru di CPIBalaikota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Adapun gedung Balai Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani akan dialihfungsikan. Gedung tersebut akan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah mengingat lokasinya yang bersebelahan dengan Museum Kota Makassar.

"Balai kota lama jadi museum dan Litbang tempat training," kata Danny.

Baca Juga: Twin Tower di CPI, Proyek Prestisius atau Ngawur?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya