Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi Ludes

Penyebab kebakaran belum diketahui

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat melanda Pasar Sentral Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (27/12/2022) malam. Kebakaran ini mengakibatkan kios-kios milik pedagang ludes terbakar.

Direktur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein, belum memastikan jumlah kios atau los yang ludes dilalap si jago merah. Namun dia menyebut ada sekitar 931 los di blok yang terbakar tersebut.

"Kalau data potensi kami untuk Blok B Selatan ini 931 los/kios. Bukan jumlah pedagang. Karena satu pedagang bukan cuma satu kios. Ada yang satu pedagang dua kios," kata Ichsan.

1. Perumda Pasar tunggu penyelidikan polisi

Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi LudesDirektur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein. Tangkapan layar video

Ichsan menjelaskan bahwa pedagang yang berjualan di Blok B Selatan itu rata-rata merupakan pedagang tekstil seperti pakaian hingga gorden. Terkait kebakaran ini, dia mengaku menyerahkannya kepada pihak berwajib.

"Saya masih tunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian. Saya akan koordinasi terus dengan pihak kepolisian, akan meng-update terus dan inshaallah saya akan jagai terus untuk mendapatkan informasi," kata dia.

2. Kebakaran terjadi saat petang

Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi LudesIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Ichsan sendiri mengaku mendapatkan laporan perihal kebakaran ini sekitar pukul 19.02 WITA. Setelah menerima laporan itu, dia langsung meluncur ke lokasi kebakaran.

"Saya langsung koordinasi dengan pihak damkar, saya koordinasi dengan pihak Polres Pelabuhan. Terus, saya melaporkan langsung ke Pak Wali Kota atas kejadian ini," katanya.

Baca Juga: Pasar Sentral Makassar Bakal Direnovasi Lagi

3. Nasib pedagang belum dipastikan

Pasar Sentral di Makassar Terbakar, 931 Kios Berpotensi LudesIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Usai kebakaran di Pasar Sentral Makassar ini, Ichsan mengaku akan segera menangani perihal kios-kios pedagang yang terbakar. Dia belum memastikan apakah pedagang akan direlokasi sementara atau tidak.

"Kami akan berbuat yang terbaik untuk pedagang. Untuk sementara ini, kami menganggap ini adalah force majeure (kejadian di luar kemampuan) karena kami belum dapat informasi awal atau penyebab dari kejadian ini," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Pasar Sentral di Makassar Kebakaran

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya