Nurdin Abdullah Minta Warga Jangan Menolak Jenazah Korban Corona

Nurdin sebut virus corona bukanlah aib, jangan diskriminatif

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menekankan bahwa infeksi virus corona atau COVID-19 bukan aib. Dia mengatakan bahwa virus dari jenazah orang yang meninggal akibat terinfeksi virus tersebut tidak akan menyebar setelah dikuburkan.

Hal ini disampaikannya menyusul adanya dua kasus penolakan jenazah di Sulsel oleh warga yang bermukim di sekitar pemakaman. Warga setempat khawatir virus corona yang ada pada tubuh jenazah juga bisa menular ke orang lain.

"Saya minta sekali lagi bahwa korban meninggal yang diakibatkan oleh COVID-19 itu bukan aib dan sudah disebarkan bahwa virus juga tidak menyebar kalau sudah dikuburkan," kata Nurdin dalam keterangan persnya, Rabu (1/4).

1. Terjadi dua kasus penolakan jenazah di Sulsel

Nurdin Abdullah Minta Warga Jangan Menolak Jenazah Korban CoronaScreeshoot video warga Pannara, Makassar, tolak jenazah dimakamkan di pemakaman Pannara. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Gowa, harus dimakamkan di lokasi lain karena mendapat penolakan warga di Kecamatan Manggala, Makassar. 

Berselang dua hari kemudian, kasus serupa kembali terjadi. Ratusan orang memblokade pintu masuk pemakaman Pannara, Antang, Kota Makassar. Mereka menolak keras jenazah PDP Corona dimakamkan di lokasi itu. Ambulans pengangkut jenazah terpaksa kembali dan mencari lokasi pemakaman lain.

2. Nurdin minta masyarakat tidak menolak jenazah orang yang terkait virus corona

Nurdin Abdullah Minta Warga Jangan Menolak Jenazah Korban CoronaGubernur Sulsel Nurdin Abdullah. IDN Times/Istimewa

Terkait hal tersebut, Nurdin pun meminta pengertian masyarakat untuk tidak langsung melakukan penolakan terhadap jenazah kasus corona dengan dalih khawatir bakal tertular virus.

"Oleh karena itu saya minta pengertian kepada kita semua jangan kita langsung melakukan penolakan kepada jenazah bahwa orang ini menularkan virus. Saya kira jangan. Mereka sudah meninggal, tentu kita semua turut mendoakan supaya jalannya dimuluskan," katanya.

Baca Juga: Pemakaman Jenazah Ditolak Warga Pannara Makassar

3. Siapkan pemakaman khusus corona

Nurdin Abdullah Minta Warga Jangan Menolak Jenazah Korban CoronaDok. Istimewa

Nurdin mengaku bahwa sebenarnya pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk soal SOP untuk penanganan jenazah pasien yang meninggal akibat terinfeksi COVID-19. 

Namun hal ini dinilainya belum cukup sehingga pemprov menyediakan lahan khusus untuk pemakaman warga yang meninggal akibat terinfeksi virus corona.

"Karena kita takutnya ada provokator sehingga hari ini kita sudah putuskan satu pekuburan khusus dan itu tidak ada masyarakat di sekitarnya. Jadi nanti kita akan bagi dua di situ Nasrani dengan Muslim. Jadi saya kira Insya Allah tidak akan ada penolakan lagi," kata Nurdin.

Baca Juga: Polisi Makassar Ancam Pidana Warga yang Tolak Jenazah Pasien COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya